Indonetwork, Bisnis – Setiap bisnis pasti ingin bisa bersaing dan dilirik banyak orang di tengah era digital saat ini, di mana persaingan pasar semakin ketat. Anda juga begitu, bukan? Nah, salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan dalam jangka panjang yaitu SEO.

SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah-langkah mengoptimasi website melalui metode organik atau tidak berbayar untuk menjangkau audiens tertarget dengan lebih mudah. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan saat menggunakan SEO untuk mengembangkan bisnis, salah satunya menghemat anggaran pemasaran.

Lalu, apa saja manfaat SEO untuk bisnis? Berikut penjelasan lengkapnya yang penting untuk Anda ketahui.

Meningkatkan Traffic Organik pada Web

Saat ingin mencari informasi di search engine, Anda mungkin lebih senang mencarinya dengan mengetikkan kata kunci tertentu, misalnya, “spesifikasi besi wiremesh”. Keyword atau kata kunci tersebutlah yang memainkan peran penting dalam praktik SEO.

Tujuan utama SEO yaitu untuk meningkatkan visibilitas situs web dan mendapat peringkat lebih tinggi di search engine atau mesin pencarian. Salah satu cara paling penting yaitu dengan mengoptimalkan keyword yang ada di dalam website.

Sehingga ketika keyword yang ditargetkan berada di halaman teratas search engine, peluang untuk mendatangkan traffic organik lebih besar. Traffic organik yaitu lalu lintas pengunjung yang dihasilkan dari pencarian organik, tanpa bantuan iklan atau layanan berbayar lain.

Sebagai informasi, search engine paling populer saat ini masih dipegang oleh Google dengan 4,3 miliar pengguna di seluruh dunia. Untuk itu, optimasi website menggunakan SEO lebih banyak berfokus pada optimasi untuk kebermanfaatan pengguna sesuai kaidah Google.

Mendapat Prospek yang Tertarget dan Berkualitas

Salah satu tujuan kegiatan pemasaran yaitu untuk mendapat prospek yang sesuai. SEO memungkinkan bisnis untuk menargetkan kata kunci dan frasa spesifik yang relevan dengan produk, layanan, atau industri Anda. Misalnya, “harga smart door lock”.

Ketika orang mencari kata kunci tersebut, mereka sudah berada di tahap ingin membeli smart door lock, karenanya mencari tahu perkiraan harganya dan spesifikasinya. Melalui konten yang tepat dan memuat informasi atau solusi terkait kata kunci tersebut, peluang untuk menarik prospek yang sangat relevan dan berkualitas sangat besar.

Prospek tersebut memiliki peluang lebih tinggi untuk diubah menjadi pembeli dan pelanggan. Karena itu, penyajian konten dan bagaimana tim Customer Service bermain sangat menentukan terjadinya closing.

Brand Awareness Meningkat

Manfaat SEO untuk bisnis selanjutnya yaitu, membantu meningkatkan brand awareness. Semakin sering atau banyak jumlah tayangan website di mesin pencarian halaman pertama, akan memiliki memori tersendiri di benak konsumen.

Singkatnya, website dan bisnis Anda akan dihafal oleh orang. Itulah mengapa, brand yang menjadi top of mind di kalangan masyarakat sangat menjaga kampanye pemasaran berkelanjutan, di samping menjaga kualitas produknya.

Inilah salah satu manfaat besar SEO yang bisa Anda dirasakan yaitu, meningkatkan brand awareness dari bisnis yang sedang Anda jalankan. Namun, proses ini membutuhkan waktu lama, tidak bisa instan, dan perlu banyak uji coba untuk bisa benar-benar merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah SEO Dan SEM Berikut Ini Ulasannya

Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

manfaat-seo-untuk-bisnis-1
Sumber: Pexels/Tranmautritam

Umumnya, website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian dianggap lebih dipercaya dan kredibel di benak pengguna. Pengguna pun lebih senang memilih website yang berada di halaman pertama dan ranking teratas. Hal ini adalah hasil dari praktik SEO yang konsisten dan tepat, melansir Blue Water Marketing.

Suatu website bisa muncul di peringkat teratas karena menyajikan informasi atau konten yang berkualitas, relevan, dan menjawab apa yang pengguna cari. Karena itu, Google memilih website tersebut untuk ditampilkan di halaman teratas ketika pengguna mengetikkan kata kunci tertentu.

Namun, bukan hanya dari sisi konten saja. Website perlu dirancang dengan user experience dan user interface sebaik mungkin agar pengguna nyaman dan betah tinggal di website Anda.

Hemat Biaya Pemasaran

Siapa yang tidak senang saat bisa menekan budget pemasaran. SEO adalah sangat hemat biaya dalam jangka panjang jika dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya.

SEO tidak tidak seperti SEM (Search Engine Marketing) atau biasa disebut iklan Google yang membutuhkan biaya besar terus-menerus agar website bisa bertahan di halaman pertama.

Meskipun investasi di awal mungkin diperlukan cukup besar untuk membangun dan optimasi website baru, namun biaya pemeliharaan selanjutnya relatif lebih murah. Dengan optimasi yang tepat, website Anda pun bisa bertahan di halaman pertama lebih lama.

Lebih Mudah Menjangkau Pasar Lokal

Manfaat SEO untuk bisnis lainnya yaitu, memudahkan dalam menjangkau pasar lokal. Selain menjangkau pasar nasional atau bahkan internasional, Anda bisa memaksimalkan local SEO untuk meningkatkan performa bisnis di tingkat lokal.

Local SEO membantu menjaring pasar lokal yang berada di sekitar Anda atau masih satu wilayah dengan bisnis Anda. Karena itu, praktik local SEO sangat cocok dan membantu untuk bisnis berbasis lokal seperti, toko franchise, usaha rumahan, dan lainnya.

Salah satu cara kerja local SEO yaitu dengan menggunakan kata kunci lokal seperti, “jasa service AC terdekat”, “catering murah di jakarta”, “jasa service kulkas surabaya”, dan sejenisnya. Anda juga bisa memaksimalkan testimoni Google Review atau Google My Business.

Meningkatkan User Experience

SEO bukan hanya tentang optimasi website agar bisa muncul di halaman pertama pencarian, tapi juga memprioritaskan pengalaman pengguna atau user experience (UX) secara keseluruhan. Atribut UX yang perlu diperhatikan mencakup kecepatan loading halaman, kesesuaian untuk mobile, ukuran gambar dan font, dan menu yang ramah pengguna, dan sebagainya.

Google mempertimbakan website yang mampu memberi pengalaman pengguna dengan baik. Sebab, UX yang bagus pasti akan meningkatkan engagement atau interaksi dengan website, sehingga dapat memenuhi algoritma mesin pencarian.

Baca Juga: Mengenal SEO, Optimasi Website di Mesin Pencarian untuk Bisnis

Mendapat Data Perilaku Konsumen

Salah satu keuntungan menggunakan SEO yaitu Anda dapat memperoleh berbagai data yang menggambarkan perilaku konsumen. Data-data tersebut dapat dilihat dari SEO tools, seperti Google Analytics, Google Search Console, Ahrefs, dan alat SEO lainnya.

Anda dapat melihat halaman mana yang paling banyak dikunjungi atau memiliki engagement paling tinggi. Anda juga bisa melihat bagaimana journey dari pengunjung sampai mereka melakukan pembelian, dan sebagainya.

Dengan menganalisis data-data yang diperoleh dari SEO tools, Anda bisa mengevaluasi kegiatan optimasi SEO yang sudah dilakukan dan menentukan taktik selanjutnya.

Investasi Jangka Panjang

SEO menjadi investasi jangka panjang yang banyak dipilih oleh pelaku bisnis saat ini. Tentunya jika dikerjakan secara konstan, maka akan membuahkan hasil positif bagi bisnis dan perusahaan Anda.

Untuk bisa merasakan manfaat SEO untuk bisnis satu ini, Anda perlu memantau dan mengikuti perkembangan yang terjadi di pasar, tren SEO, dan algoritma mesin pencarian. Karena itu, penerapan SEO tidak bisa dilakukan secara instan.

Yakin, Masih Tidak Pakai SEO untuk Bisnis Anda?

Dengan manfaat SEO untuk bisnis yang ditawarkan di atas, tentu suatu keputusan tepat untuk mulai mengusung SEO sejak sekarang demi kemajuan bisnis Anda. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SEO merupakan investasi jangka panjang, dengan pengerjaan yang tidak instan namun hasil positifnya dapat dirasakan dalam waktu lama.

Namun, bagi Anda yang sudah terlalu sibuk merawat operasional bisnis, Anda dapat bekerja sama dengan jasa SEO seperti Indonetwork. Anda bisa tetap mendapat laporan rutin dari hasil pengerjaan SEO website Anda, juga data-data yang diperlukan untuk diolah sendiri. Dapatkan penawaran disini sekarang untuk konsultasi lebih lanjut dan mendapat penawaran terbaiknya.

Enable Notifications OK No thanks