Tahukah anda, kualitas kulkas penyimpanan vaksin tentunya akan berbeda dengan kulkas kebutuhan rumah tangga, sehingga penyimpanannya tidak boleh disatukan dengan makanan. Hal ini berpengaruh pada risiko kontaminasi dan kestabilan kandungan vaksin karena kulkas yang terlalu sering dibuka tutup.

Suhu kulkas juga perlu di check secara berkala untuk mengetahui kelembapan dari suhu dan menjaga vaksin tetap aman. Biasanya anda dapat memenuhi kebutuhan jasa dan barang-barang untuk menjaga kestabilan suhu produk seperti termometer, ice pack gel dan cool box.

Lalu, apa saja yang menjadi parameter untuk menentukan kulkas vaksin yang terpercaya?

Apa itu Kulkas Vaksin

Vaccine cooler atau kulkas vaksin adalah alat yang dirancang khusus untuk menyimpan segala macam jenis vaksin dan obat-obatan pada suhu yang stabil. Hal ini dilakukan supaya kandungan vaksin tidak terkontaminasi atau tercemar dengan benda lain sehingga zat tetap steril dan aman. Pada umumnya suhu ideal untuk menyimpan vaksin sekitar 2-8 °C untuk menjaga reagen dan biologis tetap hidup. Jika vaksin tidak disimpan dengan benar, mereka dapat kehilangan efektivitasnya.

Kulkas Vaksin Standar WHO

Umumnya kulkas ini dapat menyimpan segala jenis vaksin, bukan hanya Covid-19 melainkan vaksin polio, campak, hepatitis dan sebagainya. Kulkas ini terbagi menjadi tiga tipe berdasarkan suhunya yang sesuai, yaitu:

1. Penyimpanan Pada Suhu 2-8 °C

  • Ruang penyimpanan vaksin harus terhindar dari paparan sinar matahari langsung, karena hal ini dapat merusak kandungan yang terdapat dalam vaksin
  • Penyimpanan diatur sedemikian rupa, sebaiknya jenis vaksin diletakkan dalam rak atau keranjang yang berbeda untuk menghindari kesalahan pengambilan dan tidak tertukar dengan vaksin rutin
  • Bagi pelayanan kesehatan yang belum memiliki alat ini secara khusus, sementara waktu dapat memanfaatkan lemari es rumah tangga terlebih dahulu
  • Peletakkan vaksin harus berdasarkan penggolongan sensitivitas terhadap suhu
  • Vaksin tidak boleh diletakkan dekat dengan evaporator
  • Vaksin biasanya dapat bertahan selama 30 hari pada suhu 2-8 °C.

2. Penyimpanan Pada Suhu -20 °C

Teknis yang harus dipatuhi dalam penyimpanan vaksin pada suhu ini hampir sama dengan penyimpanan pada Suhu 2-8 °C, hanya saja terkadang beberapa vaksin membutuhkan tekanan udara yang lebih rendah untuk menjaga kestabilanya.

3. Penyimpanan Pada Suhu -70 °C

Lalu pada suhu ini, selain penyimpanan vaksin yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung, ruangan penyimpanan membutuhkan sarana Ultra Cold Chain (UCC), sarana ini maksudnya freezer kulkas memiliki suhu yang sangat rendah yang merupakan alat transportasi vaksin khusus. Alat transportasi vaksin UCC (berupa kontainer pasif) terdiri dari dua jenis yaitu arktek menggunakan kotak dingin berupa PCM (Phase Change Materials) dan thermoshipper menggunakan dry ice.

Jenis Kulkas Vaksin
Sumber: Istockphoto

Jenis Kulkas Vaksin

Terdapat empat jenis kulkas seperti ini yang memiliki beragam kapasitas dan jenis penyimpanan yang diproduksi oleh perusahaan ini, seperti:

1. Kulkas Tenaga Surya

Pengoperasinnya dilakukan dengan energi cahaya matahari sehingga tanpa bahan bakar ataupun listrik. Memiliki suhu yang stabil antara 2 Celcius sampai 8 Celcius untuk menyimpan ataupun mensterilkan bermacam-macam vaksin seperti vaksin polio, vaksin hepatitis, vaksin hewan, dan vaksin meningitis .

2. Kulkas Iceland

Jenis kulkas ini mengkombinasikan antara refrigerator dengan ice pack sebagai alat pendinginnya dirancang secara khusus untuk memastikan kontrol suhu yang stabil berkisar dari 2 celcius sampai 8 celcius

3. Kulkas Untuk Penyimpanan Vaksin Beku

Biasanya kulkas ini digunakan untuk penyimpanan vaksin beku sehingga dapat menjaga suhu antara -18C sampai -28C.

4. Kulkas Untuk Cuaca Panas Multizone Ccelined

Kulkas jenis ini  mengkombinasi antara refrigerator dengan ice pack sebagai alat pendinginnya dengan suhu suhu antara 2 Celcius sampai 8 Celcius

Baca juga: 10 Keunggulan Pompa Air Tenaga Surya

Merk Kulkas Vaksin di Indonesia
Sumber: Istockphoto

Merk Kulkas Vaksin di Indonesia

1. Kulkas GEA

Kulkas ini berasal dari Denmark dan telah bersertifikasi WHO (World Health Organization). Harga kulkas ini pada produk GEA berkisar dengan harga sekitar Rp. 24.000.000 hingga Rp. 56.000.000 tergantung jenis dan kebutuhan anda.

2. Kulkas Heier

Kulkas merk ini telah mendapatkan sertifikat WHO. Selain itu kulkas ini memiliki berbagai variasi harga dan jenis ukuran yang dapat anda pilih, mulai dari Rp. 26.000.000 sampai Rp. 40.000.000

 

Saat ini sudah banyak beredar berbagai merek, model dan ukuran kulkas vaksin, akan tetapi anda jangan sampai tergoda dengan harga murah namun standar kualitas dibawah rekomendasi dari WHO maupun pemerintah Indonesia. 

Bagi anda yang membutuhkan perlengkapan kulkas vaksin untuk mengisi ruangan laboratorium rumah sakit maupun klinik, Krisna Mandiri.net dapat mendistribusikan kulkas jenis ini dengan berbagai kebutuhan dan ukuran mulai dari 50 L, 65L, 125 L, dan 165 L yang menawarkan kualitas dengan standar pemerintahan Indonesia dan harga terbaik.


Author

%d bloggers like this: