Penggunaan tenaga surya sebagai pemanfaatan yang utama dalam kebutuhan sehari-hari sangat optimal dilakukan oleh banyak sektor di Indonesia. Hal ini dipengaruhi karena Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang cukup banyak mendapatkan paparan sinar matahari, belum lagi banyak wilayah terpelosok dan terpencil di negara kita yang belum mendapatkan pasokan listrik dengan baik. 

Hal ini membuat pemerataan ekonomi belum berjalan baik sehingga muncul kecemburuan sosial. Keadaan seperti ini menjadi peluang untuk Kementerian ESDM untuk mendongkrak kebutuhan air. Pompa Air Tenaga Surya (PATS) memiliki banyak keunggulan termasuk manfaatnya yang efektif dan efisien, hal tersebut dapat dijelaskan seperti artikel di bawah ini:

1. Instalasi lebih mudah

Pemasangan komponen pompa air tenaga surya tidaklah sulit, bahkan tergolong cepat dan mudah. Sehingga pemasangannya sendiri dapat lebih cepat untuk mengupayakan kebutuhan air bersih warga sekitar. 

Implementasi kemudahan pompa air tenaga surya juga dikarenakan pompa ini memiliki berbagai jenis sumber air, baik itu untuk sumur bor, mata air, sumur yang dangkal, dan lain sebagainya. Variasi pemasangan pompa air tenaga surya juga sangat beragam, baik untuk sumur kedalaman 5 meter hingga lebih dari 200 meter.

2. Pekerjaan lebih efisien

Pengoperasian pompa air ini dapat bekerja secara otomatis, cahaya matahari dapat diserap langsung oleh panel surya tanpa adanya baterai dan pompa hisap yang biasanya beresiko adanya kebocoran. 

Semakin tinggi intensitas cahaya matahari yang dikirim melalui panel, maka akan semakin tinggi pula tegangannya sehingga volume air dapat digunakan lebih efisien untuk mengairi daerah sekitar.

3. Biaya lebih murah

Untuk menarik debit air dari tanah maupun sungai, pompa air biasanya membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar. Biaya listrik yang membengkak, biasanya dikeluhkan oleh masyarakat dengan ekonomi kelas menengah hingga kebawah karena air adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindari baik untuk mandi, mencuci, pengairan ataupun kebutuhan pangan.

Menggunakan pompa air tenaga surya tidak membutuhkan biaya listrik PLN dan bahan bakar untuk operasional sehari-hari. Karena anda hanya membutuhkan sinar matahari yang diperoleh secara gratis dan tidak terbatas. Anda tidak perlu membayar tagihan listrik selamanya dan hanya dibutuhkan sebuah panel yang dapat menampung semua energi matahari, setelah itu energi panas akan diubah menjadi energi listrik dan anda dapat mengoperasikannya kapanpun yang dibutuhkan.

4. Sistem operasional yang minim

Pemasangan komponen dan pengoperasian alat ini tidak membutuhkan orang khusus dan spesialis karena komponen alatnya sedikit dan tidak ada kabel yang menyulitkan. Sehingga tidak membutuhkan operator khusus dalam pengoperasian setiap harinya, sehingga dapat meminimalisir keuangan. Setelah alat terpasang dengan baik, maka seluruh alat ini akan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Sumber: Istockphoto

5. Pemakaian fleksibel untuk semua kalangan

Walaupun pompa air tenaga surya umumnya digunakan pada daerah terpencil yang masih sulit pasokan listrik. Akan tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk anda yang berada di wilayah perkotaan namun menginginkan penghematan listrik dan pelestarian lingkungan dari polusi udara, anda bisa menggunakannya dimana saja selama di wilayah anda tetap disinari oleh matahari.

6. Mampu bekerja 8 jam sehari

Pompa air tenaga surya lebih unggu dari pada ponpa diesel karena dapat bekerja dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tentu saja jauh lebih bagus ketimbang pompa diesel yang menggunakan bensin dengan waktu berjalannya sesuai bensin yang tersedia. 

7. Ramah lingkungan

Penggunaan pompa air tenaga surya menjadi alternatif yang banyak diminati masyarakat untuk memenuhi pasokan air bersih di daerah terpencil, pompa ini tidak menggunakan bahan bakar sehingga tidak menghasilkan polutan yang dapat mengotori udara dan tanah yang dapat mengganggu ekosistem pertanian.

Selain itu pompa air tenaga surya, membuat anda menjadi lebih tenang karena pemakaiannya tidak menggunakan mesin diesel yang berisik dan mengganggu ketenangan.

8. Risiko rendah

Selain minimnya risiko terhadap lingkungan. Pemasangan pompa air tenaga surya dan pemakaiannya tidak membutuhkan banyak kabel dan jaringan seperti pompa air tenaga listrik PLN, sehingga minim sekali adanya keluhan pompa air tenaga listrik yang konslet. Selain itu, agar terhindar dari risiko lainnya anda perlu menghitung dan mengukur keperluan debit air yang keluar.

9. Pemakaian tahan lama

Penggunaan pompa air ini memiliki risiko yang rendah, anda tidak perlu takut  adanya kemungkinan mati listrik sehingga penggunaanya juga lebih tahan lama dalam satu kali pengisian. Selain itu pompa jenis ini memiliki material dari bahan stainless steel yang anti korosi, sehingga lebih tahan lama dari pompa biasa. Proses perawatan juga tidak terlalu sulit bahkan karena tidak membutuhkan emisi lain, pompa air tenaga surya tidak membutuhkan banyak perbaikan.

10. Pengguna yang semakin banyak

Saat ini cukup banyak distributor yang menjualnya, salah satunya Krisna Energy. Hal ini terjadi karena semakin ramainya konsumen yang mulai tertarik dan paham dengan keunggulan dari jenis pompa ini. Sehingga untuk proses perawatannya ataupun mendapatkan suku cadangnya juga tidak tergolong sulit, karena alat ini sudah banyak dijual di pasaran untuk mempermudah menemukan jenis produk pompa air sesuai kebutuhan.

Baca juga:  Pemanfaatan Lampu Jalan Tenaga Surya yang Efisien

Setelah mengetahui segudang keunggulan dan kemudahan dari produk ini, apakah anda mulai tertarik dengan pemasangannya? Mungkin pemasangan diawal anda membutuhkan biaya yang cukup besar namun tahap selanjutnya anda tidak membutuhkan biaya apapun.

Nah untuk kamu yang ingin memenuhi kebutuhan pertanian, peternakan, perkebunan maupun rumahan, silakan cari tahu produk unggulan pompa air tenaga surya lebih lanjut hanya di Indonetwork.co.id ya!

Author

Enable Notifications OK No thanks