Indonetwork,  Bahan Bangunan – Sebagai salah satu benda yang paling dibutuhkan dalam dunia konstruksi, besi yang dipilih harus memiliki kualitas yang bagus dan sesuai standar. Di antara besi yang memiliki kualitas bagus yakni Besi WF dan Besi H-Beam. Sebagai salah satu jenis besi yang paling sering digunakan dalam konstruksi bangunan, tak heran jika telah banyak supplier jual besi wf h-beam di Indonesia.

Gambaran Umum Besi WF H-Beam

Jual Besi WF dan H-Beam
Sumber: Sulindasteel.com

Pernyataan di atas bukan tanpa sebab, besi WF (wide flange) memiliki banyak fungsi dalam konstruksi. Besi WF berfungsi sebagai bahan penyusun kerangka dari sebuah bangunan dan bisa menjadi penahan yang baik dalam pencegahan pergeseran bangunan yang bisa sangat berdampak fatal pada bangunan. Besi WF juga memiliki keseimbangan pada kekuatan yang stabil. Bangunan-bangunan yang memanfaatkan besi WF dalam konstruksinya adalah jembatan, gedung tinggi, gudang, dan lain sebagainya. Penggunaan WF sebagai rangka konstruksi bangunan memastikan bahwa bangunan yang Anda buat akan jauh lebih berkualitas.

Sedangkan H-beam adalah besi baja berbentuk balok yang secara teknis disebut hot rolled dan memiliki bentuk serupa huruf H. Besi H-beam sering digunakan untuk membangun konstruksi jembatan dan juga proyek gedung-gedung besar. Biasanya, besi ini sering sekali digunakan sebagai penahan struktur bangunan, tiang pancang, dan juga komposit beton. Selain itu, material ini disebut besi H karena bentuknya yang menyerupai huruf H.

Baca Juga: DAFTAR HARGA JUAL BESI WF, BESI H BEAM, DAN BESI KANAL C

Material ini memiliki fungsi signifikan bila dilihat dari penggunaannya, seperti pada tiang besi penyangga. Sudah dipastikan bahwa kebanyakan steel construction menggunakan wide flange atau biasa disebut juga dengan besi H-beam. Penggunaan ini dimaksudkan untuk membuat tiang besi menjadi lebih kokoh dan tidak mudah ambruk. Tidak hanya untuk penggunaan dalam steel construction saja, besi H-beam juga sering digunakan pada rel kereta dengan menggunakan ketebalan khusus untuk menahan beban dari kereta yang berjalan di atasnya.

Perbedaan Besi WF dengan Besi H-Beam

1. Besi Model WF Lebih Familiar di Masyarakat

Alasan besi WF lebih populer dibanding besi H-beam karena tingkat penggunaan yang lebih luas. Sebab besi WF sering digunakan dalam konstruksi rumah hingga jembatan. Sementara besi model H-beam masih jarang digunakan.

2. Memiliki Kegunaan yang Berbeda

Pada dasarnya, kualitas antara besi WF dan besi H-beam hampir sama. Namun dari aspek penggunaannya sangat jauh berbeda. Sebab keduanya memang diciptakan dengan fungsi yang berbeda.  Kegunaan Besi WF biasanya lebih fleksibel dibanding besi H-beam.

3. Berbeda Ukuran

Jika diperhatikan sekilas, keduanya memiliki bentuk yang sama namun terdapat perbedaan dari keduanya. Besi H-beam memiliki bentuk dimensi sayap profil yang terlihat mirip sehingga cukup seimbang. Sedangkan besi WF memiliki dimensi sayap profil yang lebih kecil. Apabila diperhatikan dimensi profil yang dimiliki besi WF hanya setengah dari lebar badan besi secara keseluruhan.

4. Daya Kekuatannya Tak Sama

Menurut teori dan praktiknya, besi WF memiliki daya kekuatan yang lebih baik sehingga fleksibel digunakan dalam berbagai jenis konstruksi. Sisi lain, besi WF juga lebih ramah lingkungan, permukaan tidak mudah berkarat meski sudah lama digunakan, bahkan bisa didaur ulang jika diperlukan.

5. Perbedaan Kualitas

Dengan proses produksi yang cukup unik, membuat besi WF sangat cocok digunakan untuk bahan konstruksi rumah. Sementara besi H-beam lebih banyak digunakan dalam konstruksi jembatan, gedung tingkat, hingga gedung pencakar langit.

Baca Juga: BESI HOLLOW: PENGERTIAN, JENIS-JENIS DAN VARIAN UKURAN

Keunggulan Besi WF dan Besi H-Beam

1. Keunggulan Besi WF

  • Besi WF sangat ideal dan tepat digunakan sebagai material penahan beban. Terutama untuk jenis beban tekan dan juga tarikan aksial.
  • Kuat dan kokoh, sehingga bangunan yang menggunakan rangka baja WF ini pada umumnya juga kuat dan kokoh sebab strukturnya mampu menahan beban bangunan, baik dari gaya vertikal maupun horizontal yang disebabkan oleh gaya gravitasi bumi.
  • Cocok digunakan untuk membuat rangka bangunan pada konstruksi tanah yang labil.
  • Fleksibilitasnya tinggi sehingga bisa digunakan hampir pada seluruh bagian konstruksi dan struktur bangunan agar bisa kuat dan tidak mudah runtuh.
  • Siap pakai, tidak perlu biaya persiapan atau pembentukan lanjutan yang tinggi. Bisa mengurangi waktu proses konstruksi.
  • Efisien dan Ekonomis.

2. Keunggulan Besi H-Beam

  • Proses instalasinya relatif cepat, dari segi instalasi atau pemasangan besi yang satu ini memang tergolong cepat dibandingkan dengan besi lain. Itulah mengapa ia cukup banyak dipakai untuk pabrik atau sejenisnya.
  • Secara struktur sendiri pada dasarnya besi dengan huruf H ini sudah tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk jadi di pasaran, sehingga nantinya tinggal beli dan siap pakai.
  • Jenis besi yang satu ini nyatanya juga mudah untuk disambung dalam berbagai metode, di antaranya adalah dengan cara pengelasan maupun juga penempatan juga bukan masalah.
  • Besi yang satu ini juga dapat diaplikasikan ke dalam berbagai macam bentuk, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.
  • Pada dasarnya ia dikenal juga sebagai jenis baja yang fleksibel dan juga dinamis, sehingga nantinya dapat dengan mudah berubah. Hal ini nyatanya juga tak kalah penting agar dapat menyesuaikan dengan gempa maupun juga kekuatan angin, apalagi ketika sudah menjadi kerangka bangunan.

Supplier Jual Besi WF H-Beam Terbaik

Selain sebagai kontraktor, PT. Wira Baja Makmur Mandiri juga merupakan supplier jual besi wf h-beam dengan kualitas terbaik di Indonesia. Perusahaan tersebut menjadi salah satu pilihan untuk pengadaan barang konstruksi mulai dari Besi Beton, Plat Stainless, Pipa Besi, Besi WF, CNP, UNP, Besi Hollow, Besi Wire mesh, dan lain-lain.

Author

Enable Notifications OK No thanks