Indonetwork, Bisnis – Saat ini untuk mempromosikan sebuah bisnis, Anda bisa menggunakan berbagai platform. Salah satunya adalah melalui website. Website merupakan kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat informasi sehingga dapat dilihat dan dibaca oleh pengguna melalui mesin pencarian.

Pengguna website yang semakin banyak, mendorong sebuah cara untuk mengoptimalkan web Anda dapat dilihat dan dikunjungi banyak orang. Salah satunya adalah dengan menggunakan SEO. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui informasi dan mempelajari cara yang tepat menggunakan SEO untuk optimasi website WordPress bisnis Anda.

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. Jadi, SEO adalah upaya atau langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari, terutama Google yang memiliki paling banyak pengguna saat ini. Tujuan atau target menggunakan SEO yaitu untuk brand awareness, meningkatkan kredibilitas, membangun kepercayaan calon konsumen dan konsumen, dan membangun citra positif di mata publik.

Tentu butuh langkah-langkah yang tepat agar website Anda bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google. Namun, jika sudah berada di halaman pertama mesin pencari, potensi untuk mendapatkan pengunjung ke website Anda sangat besar.

Dengan banyaknya pengunjung website, potensi terjadinya conversion atau pembelian juga semakin meningkat. Dengan begitu bisnis dapat semakin berkembang.

Kenapa Harus SEO dan Apa Untungnya Untuk Bisnis?

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Tapi kenapa harus menggunakan SEO?

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar website bisnis mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Dari hasil riset yang dilakukan oleh Bright Edge Research, 53% pengunjung semua website di dunia berasal dari mesin pencari secara organik. Hal ini sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan mesin pencari sebagai media untuk mencari pengunjung atau potensi untuk mengembangkan bisnis.

Dengan memiliki pengunjung website yang banyak, tentu dampaknya sangat besar dan berkesempatan mendapatkan calon prospek sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan SEO.

1. Bisnis Menjadi Lebih Mudah Ditemukan Orang

SEO menjadi strategi yang sangat tepat untuk Anda yang ingin bisnisnya ditemukan oleh banyak orang. Tidak hanya di Indonesia, bahkan bisnis Anda bisa ditemukan banyak orang di dunia. Kenapa demikian?

Alasannya, karena website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian Google. Jika website Anda sudah masuk di halaman pertama, potensi memperoleh pengunjung berlimpah sangatlah besar.

2. Mendapat Pembeli yang Tepat

Website Anda tidak hanya akan mudah ditemukan oleh banyak orang. Namun Anda juga akan memperoleh calon pembeli yang tepat sesuai dengan target pasar yang Anda tentukan. Sehingga, kesuksesan menggunakan strategi SEO akan lebih memadai.

Tepat atau tidaknya calon pembeli Anda, ini tergantung pada keyword atau kata kunci yang digunakan sesuai bisnis yang Anda lakukan. Misalnya di website Anda “jual pipa besi”, maka keyword yang digunakan harus sesuai dengan produknya.

Menggunakan jenis kata kunci komersial seperti kata “jual”, berpotensi mendapatkan audience targeting berkualitas. Potensi orang yang berkunjung dan membeli produk di website Anda akan sangat besar.

Google juga memiliki algoritma yang sangat mengutamakan pengalaman pengguna yang unik. Dengan kata lain, algoritma Google akan merekomendasikan konten di mesin pencari sesuai dengan karakteristik penggunanya.

3. Menjadi Investasi Jangka Panjang

SEO bisa menjadi investasi jangka panjang yang berharga. Mengapa begitu?

SEO merupakan salah satu cara untuk membawa website Anda berada di halaman pertama pada mesin pencarian. Sehingga SEO memudahkan untuk para calon pembeli mendapatkan target produk atau jasa yang mereka cari.

Konsumen potensial akan mencari bisnis Anda melalui mesin pencari. Dengan bantuan SEO, website bisnis Anda akan berada pada halaman pertama dan memungkinkan dipilih oleh konsumen.

Memang dibutuhkan upaya dan waktu agar website Anda bisa berada di halaman pertama Google. Strateginya harus mengoptimasi elemen-elemen SEO dengan cermat, namun tidak membutuhkan biaya besar seperti SEM.

Tetapi, jika sudah berhasil, website bisnis Anda dapat bertahan di halaman pertama Google dengan lama. Inilah yang dimaksud dengan investasi jangka panjang apabila menggunakan SEO. Karena itu, banyak pelaku usaha yang memilih menggunakan jasa SEO profesional untuk mendongkrak bisnis pada aspek branding yang dapat berlanjut ke conversion.

Sistem pada mesin pencarian membantu website bisnis Anda mudah dicari tanpa memerlukan biaya yang besar ataupun cara yang rumit. Selain itu, Anda bisa menggunakan SEO pada berbagai platform. Tidak hanya Google, SEO juga dapat bekerja di Facebook, Youtube, dan situs pencarian lainnya. Sehingga pencarian website bisnis Anda dapat lebih luas.

Proses pencarian informasi melalui mesin pencarian semakin berkembang dan akan terus. Sehingga SEO juga akan terus diperbarui dengan traffic jangka panjang ke situs Anda. Namun, Anda perlu memelihara dan berinvestasi pada SEO agar tidak tertinggal karena SEO yang terus menerus berkembang. Hal tersebutlah yang menjadikan SEO sebagai investasi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Hadir di e2e Commerce Indonesia, Indonetwork Paparkan Manfaat SEO

Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan SEO & SEM

Agar website Anda berada di peringkat teratas mesin pencari, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu SEO dan SEM. Banyak orang yang menganggap keduanya sama, namun kenyataannya berbeda.

Perbedaan SEO dan SEM terletak pada strategi yang digunakan agar website Anda berada di peringkat teratas mesin pencari. Langkah-langkah atau upaya yang dilakukan tentu saja berbeda.

SEO adalah optimasi website supaya berada di peringkat teratas mesin pencari dengan cara organik atau tidak berbayar. Berbeda dengan SEM, dimana Anda perlu berbayar ke pihak Google agar website berada di peringkat teratas.

Karena menggunakan cara berbayar, maka waktu yang diperlukan agar website Anda ada di peringkat teratas mesin pencari sangat cepat. Berbeda dengan SEO yang memerlukan waktu relatif lama, namun Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Meskipun SEO dan SEM berbeda, namun keduanya tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Keduanya saling berkesinambungan untuk meningkatkan pengunjung ke website Anda. SEO Website yang bagus akan meningkatkan performa SEM menjadi lebih optimal. Misalnya optimasi keyword yang tepat dengan SEO, maka skor kualitas Google dan visibilitas website Anda akan bagus saat melakukan SEM.

Berikut ini adalah contoh perbedaan hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu antara SEO dan SEM.

Contoh SEO dan SEM

Jenis-Jenis SEO

Pada SEO terdapat 3 jenis yang membantu Anda untuk mengoptimalkan website di mesin pencarian Google, di antaranya:

1. On Page SEO

SEO On Page atau SEO pada halaman website berkaitan dengan konten yang dibuat. Anda perlu membuat strategi pada konten yang terindikasi oleh mesin pencari. Nantinya mesin pencari akan dibantu oleh SEO On Page untuk melakukan crawling topik konten dalam website Anda.

Hal tersebut akan membantu situs web Anda memiliki konten informasi penting yang banyak dikunjungi. Dalam SEO On Page, terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan.

Pertama adalah Anda perlu melakukan riset kata kunci (keyword research). Hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah proyeksi trafik yang diperoleh dengan keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda. Kedua adalah membuat konten berkualitas yang relevan, serta memperbaiki masalah teknis dalam SEO On Page.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan optimasi pada halaman web. Optimasi pada sisi SEO On Page meliputi elemen meta title, meta deskripsi, heading, image alt-text, hingga struktur konten yang jelas.

2. SEO Off Page

Penggunaan SEO Off Page dimaksudkan untuk menghubungkan situs website Anda dengan situs lain. Tujuannya adalah untuk saling memberikan referensi informasi serta pengaruh di mesin pencari.

Tidak hanya itu, hal ini juga membantu mesin pencari melihat situs web Anda memiliki hasil pencarian yang ideal. Karena banyak yang mereferensikan website Anda dibandingkan website sejenis lainnya. Beberapa elemen yang termasuk SEO Off Page yaitu, link building, Google My Business, backlink, listing business, customer review, hingga brand mention.

3. SEO Technical

Jenis SEO ini berkaitan dengan faktor non-konten pada situs website Anda. Salah satunya adalah strategi yang bisa digunakan untuk memperkuat pondasi dan struktur website. Tujuannya adalah agar tingkat website terbaca oleh mesin pencari saat penelusuran semakin tinggi. Nantinya hal tersebut akan memberikan user experience yang baik bagi pengunjung web Anda.

Di sisi lain, SEO Technical berperan paling penting dalam proses maintenance berlangsung khususnya untuk melakukan Improvement dari sisi teknis Developer dengan tujuan Algoritma. Beberapa elemen dalam SEO Technical yaitu, crawling, indexing, rendering, dan website structure.

4. SEO Content

Untuk mengoptimalkan website agar dikunjungi oleh pengguna di mesin pencari, Anda perlu membuat konten menarik. Jenis konten yang bisa Anda gunakan adalah artikel, video, dan gambar visual yang informatif.  Berdasarkan Google Search Quality Evaluator, terdapat beberapa karakteristik konten kualitas tinggi yang dapat mengoptimasi website Anda, antara lain:

  • Konten informatif harus akurat, komprehensif, asli dan disajikan secara profesional.
  • Konten artistik harus orisinil, unik, dan menyampaikan keterampilan tinggi.
  • Konten berita harus mendalam, dikutip dengan baik, akurat dan sumber asli.

Untuk mengoptimalkan website, terdapat beberapa jenis konten yang bisa digunakan, diantaranya sebagai berikut.

  • Blog Post
    Jenis konten ini paling banyak digunakan, dimana konten berupa teks yang dikombinasikan dengan gambar dan video. Disini Anda bisa membuat konten artikel berbagai topik yang relevan mulai dari berita, informasi penting, tips dan topik lainnya.
  • Static Page
    Konten ini biasa ditemukan dalam halaman website. Biasanya berupa artikel berisi tentang informasi mengenai perusahaan atau latar belakang dari website tersebut.
  • Product Page
    Tampilan konten ini bertujuan mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. Biasanya berupa gambar visual dan tulisan deskripsi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Landing Page
    Halaman website ini berisi konten yang bertujuan sebagai marketing. Nantinya halaman ini akan ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar atau
    pay-per-click.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Terdapat tiga proses yang dilakukan oleh mesin Google untuk memperingkatkan suatu website, di antaranya:

1. Crawling (Perayapan)

Setiap mesin pencari termasuk Google mempunyai web crawler atau disebut spiderbots. Fungsi dari spiderbots ini adalah untuk mengumpulkan informasi website Anda supaya ada di mesin pencarian.

2. Indexing (Pengindeksan)

Setelah informasi website Anda dikumpulkan oleh spiderbots, informasi tersebut kemudian akan diolah kembali. Proses ini disebut dengan indexing atau pengindeksan. Apa yang diolah oleh mesin pencari?

Banyak informasi yang nantinya akan diolah oleh mesin Google. Misalnya apakah website Anda selalu memperbaharui kontennya atau tidak. Google tentu saja suka dengan website yang selalu rutin memperbaharui kontennya.

Setelah itu informasi yang berhasil lolos akan masuk ke dalam indeks pencarian. Nantinya saat pengguna mengetikan kata kunci tertentu di mesin pencari browser yang mereka gunakan, maka mesin pencari akan mengambil (fetch) website yang telah terindeks.

3. Ranking

Mesin pencari hanya akan menampilkan website yang telah berada di dalam indeks pencarian. Mesin pencari mengurutkan website berdasarkan banyak faktor. Salah satunya adalah relevansi dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

SEO adalah strategi agar website Anda mendapatkan ranking terbaik dari mesin pencari. Sehingga website Anda berada di halaman pertama pencarian.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah SEO Dan SEM Berikut Ini Ulasannya

Faktor yang Mempengaruhi SEO

SEO merupakan salah satu strategi yang diminati oleh banyak orang terutama pada industri bisnis sebagai salah satu media promosi. Namun, yang perlu diketahui adalah SEO melakukan optimasi pada website tidak secara tetap. Maka, Anda perlu melakukan pengecekan dan mengontrol faktor yang mempengaruhi perubahan. Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi SEO.

1. Konten Website

Faktor pertama yang perlu diperhatikan dalam SEO adalah konten. Anda perlu memperhatikan kuantitas dan kualitas konten untuk meningkatkan trafik. Hal tersebut dapat mempengaruhi strategi SEO Anda, jika konten memiliki informasi yang baik atau tidak.

2.  Penentuan Keywords

Dalam membuat konten untuk optimasi SEO, Anda perlu menentukan kata kunci (keyword) tertentu yang sesuai. Keyword akan dimasukkan dalam konten tulisan di website Anda. Nantinya kata kunci (keyword) akan mempengaruhi posisi website Anda di mesin pencari. Anda perlu menentukan keyword yang memiliki kelebihan dan kekurangan pada peluang serta pesaingnya.

3. Pengalaman Pengguna (User Experience)

Untuk meningkatkan trafik pada website Anda, user experience tidak dapat diabaikan. Nantinya faktor ini akan membuat posisi website Anda mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena website Anda yang lambat dan sulit diakses. Sehingga mesin pencari sulit memindai konten di website  Anda.

Cara Mengoptimalkan SEO

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhinya, Anda juga perlu tahu cara mengoptimalkan halaman website dengan SEO. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan SEO.

  • Pastikan struktur URL benar dan sesuai topik pembahasan.
  • Memasukkan keyword utama dari halaman konten website Anda pada permalink atau slug.
  • Menentukan topik konten yang menarik dan relevan.
  • Melakukan pembagian kata kunci berdasarkan pada tujuan bisnis yang ingin dicapai atau Search Intent.
  • Membuat struktur konten yang baik dengan menggunakan prinsip 5W + 1H.
  • Menambahkan meta tags yang terdiri dari title dan description.
  • Menambahkan backlink yang didapatkan dari website atau blog berkualitas lainnya.
  • Optimalkan kecepatan website agar semakin mudah mendapatkan ranking pada halaman pencarian.

Di era digital saat ini, terdapat berbagai media promosi yang dapat dilakukan pada mesin pencarian, salah satunya adalah SEO atau Search Engine Optimization. SEO digunakan untuk mengoptimalkan website Anda yang berisi informasi agar diakses oleh banyak pengguna.  Anda perlu untuk selalu mengupdate perkembangan website yang ada pada mesin pencarian Google.

Semua pelaku bisnis kini dapat memanfaat SEO tanpa perlu mempelajari sediri tentang SEO yang rumit. Karena Anda bisa menggunakan jasa SEO Google yang profesional dan terjamin, tanpa perlu merogoh kocek banyak. Hubungi Indonetwork sekarang untuk dapatkan penawaran jasa SEO murah sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks