Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, tak seluruh sektor ekonomi mengalami tekanan. Masih ada beberapa sektor yang tetap tumbuh, beberapa diantaranya adalah sektor pertanian dan sektoe sektor telekomunikasi.

Sektor pertanian mampu tumbuh positif 2,9 persen pada kuartal II 2020. Di samping itu, dalam keadaan situasi pandemi sektor teknologi informasi komunikasi juga masih tumbuh sangat tinggi sebesar 10,88 persen.

“Hal positif dari Indonesia adalah pertanian masih positif 2,19 persen. Infokom tumbuh tinggi 10,88 persen,” katab Airlangga dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Mantan Menteri Perindustrian ini menambahkan, ada beberapa hal yang dimonitor sejak Juni 2020 juga sudah ada perbaikan di beberapa sektor. Di mana, Purchasing Manager’s Index (PMI) Indonesia atau indeks manufaktur Indonesia berada di posisi 46,9.

Di sisi lain, indeks keyakinan konsumen juga mengalami peningkatan atau sudah mencapai 83,8. Kemudian juga dari sisi kendaraan bermotor telah mengalami peningkatan serta beberapa emiten juga tumbuh positif.

“Dari sisi inflasi inti cerminkan agregat demand sudah meningkat di Juni. Perdagangan internasional ekspor meningkat 12 miliar dolar AS,” jelas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com