Mesin Press ini memiliki 3 bagian penting yang biasa disebut frame, ram, bed. Pada sitem mekanikal akan menggerakan ram lalu akan dialihkan ke press lalu akan terjadi dorongan sehingga bisa memotong lembaran metal yang sesuai dengan yang kita inginkan, mesin ini memiliki 3 model yaitu manual, hidrolik dan mekanikal.

Jika mendengar kata mesin pemotong, mesing cutting pastinya kita juga tidak asing lagi mendengar mesin ini, kegunaan mesin ini apabila anda pernah menggunakan nya, namun walaupun kita pernah mendengar namanya, tapi belum tentu kita tau jenis jenis nya, karena mesin ini memiliki banyak jenis, dan mesih beberapa jenis saja yang kita ketahui

Mungkin sebelumnya kawan kawan pernah mendengar mesin ini?
Betul sekali, mesin press adalah mesin yang di buat untuk melakukan pressure terhadap benda benda yang ingin kita padatkan, atau pada barang barang yang ingin kita ubah bentuk nya, atau sudutnya, namun mesin press ini lebih banyak digunakan pada benda logam.

setelah mengetahui kegunaan nya, selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai jenis jenis mesin press yang banyak beredar di pasaran, apa saja jenis nya ? berikut penjesalan nya !

 

  1. Manual Press

    Pada mesin ini yang diandalkan adalah tenaga dari manusia nya sendiri, pada bagian ini memiliki roda kemudi atau steer yang dapat digerakan oleh operator untuk menggerakan piston, putaran kemudi searah jarum jam agar piston turun dan putar ke kiri untuk manikin piston.
    Pada mesin press ini , biaya yang di keluarkan untuk operasional lebih ,murah dan mudah dalam penggunaan nya. Namun dikarenakan tenaga manusia lah yang di gunakan, sehingga yang bisa di gunakan hanya plat dengan ukuran 1mm hingga 2mm dan plat dengan bahan yang tidak terlalu berat.

  2. Hidrolik Presure

    Mesin jenis ini merupakan mesin yang bergerak dengan di dasari hokum fisika, dengan cara pemanfaatan tekanan pada cairan untuk pembentukan dan penekanan, komponen utamanya adalah silinder, pipa hidrolik dan beberapa komponen lain.
    Di dalam hidrolik preasure ada 2 mesin, yaitu piston kecil dan piston besar, liquid yang merupakan hidrolik oil lubricant di masukan melalui piston kecil, lalu dorongam pada piston untuk memadatkan oli yang ada di dalam, lalu mengalir ke piston melalui masternya.

  3. Mekanikal Press

    Pada mesin berjenis mekanikal, system penggeraknya adalah roda putar yang di gerakan oleh mesin elektrik, lalu dilanjutkan ke rengkes lalu digerakan secara naik dan turun, lalu untuk poros posisi gerakan nya memanfaatkan system kopling dan rem dengan tenaga sumber pneumatic, pada model ini, pnumatik digunakan sebagai penyeimbang, karna di dalamnya menggunakan tabung yang berisi udara , namun kelemahan nya adalah daya press nya yang hanya sampai dengan 1500 ton.

selain jenis jenis di atas, masih ada beberapa jenis lain yang beredar di pasaran, namun untuk ketiga jenis diatas, yang paling banyak digunakan di dalam industri, setelah kita membahas mengenai jenis jenis dan fungsi nya, tentunya teman teman juga ingin tahu bagaimana cara merawat mesin agar lebih tahan lama masa pemakaian nya, karna penggunaan nya yang cukup intense kita juga harus lebih teliti dalam perawatanya.

lalu bagaimanakah cara perawatan yang baik untuk mesin press, berikut telah kami rangkum dalam artikel di bawah ini :

  1. Periksa Suhu Pemanas

    Mesin press memilki sistem pemanasan, pada pemanas kita harus senantiasa mengecek suhu nya secara berkala, pastikan suhu pada mesin press stabil di angka 48 derajat celcius, agar hasil press yang di lakukan mencapai tingkat maksimal.

  2. Periksa Kapasitas Oli

    Suatu hal yang sangat penting adalah jumlah kapasitas oli, kita harus sering mengecek kapasitas oli , karna mesin press menggukan oli sebagai penggerak hidrolik, kalau saja ada keboran walau hanya sedikit akan membuat beberapa part menjadi rusak, dan tentunya mesin tidak dapat gunakan kembali, jadi baiknya jika ada kebocoran walaupun sedikit harusnya langsung kita perbaiki.

  3. Periksa Sekrup

    Periksa Sekrup  Selain kapasitas oli ada bagian lain yang tidak kalah penting, yaitu bagian sekrup, bagian sekrup adalah hal yang cukup vital pada mesin press, apabila terjadi pelonggaran pada sekrup akan menyebabkan daya press mesin berkurang dan akan muncul juga getaran pada mesin.

Itu tadi adalah mesin jenis jenis mesin press dan cara perawatan nya yang baik, mudah mudahan artikel ini memberikan tambahan pengetahuan untuk teman teman, agar lebih mengetahui jenis dan cara cara merawat mesin  dengan baik.


Enable Notifications    OK No thanks