Indonetwork, Press ReleaseDi penghujung Februari ini, Panorama Media kembali bekerjasama dengan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) menggelar pameran KERAMIKA INDONESIA yang sudah tertunda selama pandemi. Seperti biasanya, pameran KERAMIKA INDONESIA akan diadakan bersamaan dengan pameran MEGABUILD INDONESIA (MBI) pada tanggal 23-26 Februari 2023 (Kamis – Minggu) di Jakarta Convention Center, Senayan.

Kedua pameran ini kembali menjadi sebuah pameran terbesar di pusat kota Jakarta untuk sektor bidang bahan bangunan, interior, arsitektur, dan industri keramik di Indonesia.

Perkembangan Pasca Pandemi dari Sektor Industri

pameran megabuild keramika 2023

Kegiatan infrastruktur menggeliat paska pandemi Covid-19, ditambah adanya komitmen pemerintah dalam penggunaan barang dan jasa dalam negeri menjadi angin segar bagi sektor konstruksi untuk tetap terus tumbuh. Di tahun 2023 ini, industri konstruksi diperkirakan tetap tumbuh sebesar 5,78% , dan ini didorong oleh tiga penggerak pasar konstruksi di Indonesia yaitu: residensial, industrial, infrastruktur.

Tidak hanya infrastruktur, kapasitas produksi keramik nasional tercatat sudah mencai 79% di tahun 2022, dan ini merupakan angka utilisasi kapasitas produksi keramik tertinggi sejak 2014. “Melanjutkan kinerja tahun 2022, industri keramik diprediksi tetap melaju di tahun 2023, ketidakpastian ekonomi tetap terus menciptakan peluang baru untuk kami,” tutur Edy Suyanto, Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI). Proyeksi tingkat utilisasi dan kapasitas produksi keramik terus naik ke level 83-85% dan juga target pertumbuhan penjualan ekspor keramik sekitar 5% di tahun 2023 ini.

Pertumbuhan infrastuktur, bahan bangunan, dan juga keramik ini menjadi suatu bukti bahwa perekonomian Indonesia tetap terus berjalan ke arah semakin positif. Bahkan biro statistik merilis kinerja ekonomi Indonesia di tahun 2022 tumbuh 5,31% dibandingkan dengan tahun 2021. Seluruh 17 lapangan usaha tumbuh positif dan memimpin di sektor-sektor yang paling menentukan seperti industri perdanganan, pertambangan, pertanian dan juga konstruksi. Ini membuktikan tren positif dan tumbuh yang mengesankan.

Perkembangan Pasca Pandemi dari Segi Konsumen

pameran megabuild keramika 2023

Perkembangan yang positif bukan hanya dari segi industri, tapi juga dari segi konsumen. Perubahan dari gaya hidup konsumen yang lebih mengutamakan kesehatan, efektifitas, ramah lingkungan hingga pemanfaatan teknologi yang lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya perihal kebutuhan sehari-hari tetapi juga pada pemilihan produk bahan bangunan, renovasi, interior hingga konstruksi. Perubahan dari gaya hidup konsumen membuat para pelaku bisnis industri ini terus beradaptasi dan berinovasi dalam menghadirkan berbagai macam produk, teknologi, dan juga layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau perubahan yang terjadi pada saat ini.

Dalam Pameran Megabuild Indonesia + Keramika Indonesia 2023

pameran megabuild keramika 2023

Perkembangan paska pandemi dari segi industri dan juga konsumen menjadi dorongan yang begitu kuat dalam Pameran Megabuild Indonesia + Keramika Indonesia 2023. “Terlebih lagi dengan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” tutur Royanto Handaya, selaku Presiden Direktur Panorama Media dalam acara konferensi pers yang dilaksanakan di GoWork Coworking Space, Central Park Mall, Jakarta.

MEGABUILD INDONESIA edisi ke-20 dan juga KERAMIKA INDONESIA edisi ke-9 tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 400 merek dari 12 negara dan regional seperti Singapura, Malaysia, Korea, India, China, Vietnam, Italia, Jepang, Jerman, Taiwan, Thailand, dan tentunya Indonesia. Antusias dari para pemilik merek untuk bergabung di edisi kali ini  meningkat tajam dari edisi-edisi sebelumnya, hal ini dikarenakan kehausan untuk memamerkan produk, tren, teknologi dan inovasi terbaru mereka, bahkan diantaranya adalah tampilan perdana. “Kami menghadirkan ratusan produsen, merek, produk, dan juga inovasi yang dapat menjadi solusi atas perubahan gaya hidup masyarakan paska pandemi, “ucap Royanto Handaya lagi.

Sebagai ASEAN’s only Dedicated Ceramic Event dan juga merupakan pameran industri keramik terbesar di ASEAN ini: Pameran KERAMIKA INDONESIA kali ini menghadirkan banyak produk  dan program terbaru. “Awal tahun adalah waktu yang tepat bagi sejumlah produsen dan pemilik merek untuk mengeluarkan hal terbaru, baik itu produk, teknologi, inovasi, desain produk dan bahkan tren desain terbaru khususnya segmen tiles yang akan berlaku sepanjang tahun”, kata Desi Natalia, ketua Panitia penyelenggaraan Pameran KERAMIKA INDONESIA. Diikuti oleh pemain-pemain besar Keramik Indonesia seperti Roman, Arwana, Niro, Milan, KIA, Essenza, Kanmuri, dan Indogress, pameran ini akan menjadi ajang yang sangat seru karena semua merek berlomba-lomba menampilkan yang terbaik.

Selain keseruan dari para pelaku bisnis, kedua pameran ini juga diisi dengan puluhan kegiatan yang berlangsung selama 4 hari pameran seperti acara seperti Keramika Conference 2023, business matching, Indonesia Trade Connect Program, The Latest Innovation & Technology showcase, Seminar dan workshop, Ceramic Charity hingga tawaran harga produk dengan promo-promo khusus dan menggiurkan yang dapat diperoleh dan dinikmati oleh para pengunjung. Khusus pengunjung VIP dapat menikmati fasilitas Business Lounge secara Gratis yang dipersembahkan oleh GoWork Coworking Space di pameran tersebut. Pengunjung dapat bekerja ataupun meeting di Business Lounge GoWork yang dirancang dengan nuansa Coworking Space yang nyaman digunakan. GoWork sendiri merupakan penyedia ruang kerja bersama dan sewa kantor terkemuka di Indonesia dengan konsep yang modern dan telah tersebar di 25 lokasi di seluruh Indonesia.

Dukungan Segenap Asosiasi Profesi

pameran megabuild keramika 2023

Untuk mensukseskan pagelaran ini, Pameran MEGABUILD INDONESIA dan KERAMIKA INDONESIA 2023 didukung oleh berbagai asosiasi profesi seperti Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI), Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Green Product Council Indonesia (GPCI), Kontraktor Interior Desain Indonesia (KIDI), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) dan lain sebagainya.

“Kedua pameran ini merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh segenap desainer interior. Dengan bertambah jumlah interior desainer di Indonesia setiap tahunnya, pameran ini terus menjadi sarana bagi para desainer baru maupun yang lama untuk mendapatkan referensi produk bahkan tren desain dari ratusan merek yang ada di dalam pameran ini,” ucap Rohadi HDII, Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Design (HDII) Nasional. Masyarakat pecinta interior desainer juga bisa datang ke stan HDII untuk berdiskusi mengenai interior desain. Tidak hanya stan, HDII juga akan mengadakan sertifikasi profesi interior desain, pelatihan kompetensi hingga seminar-seminar desain interior yang terbuka untuk umum selama pameran ini berlangsung.”

Program pelatihan tidak hanya dari HDII, tapi juga dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta. “Kami akan menghadirkan pelatihan satu hari terkait dengan Kode Etik Profesi. Pelatihan ini sangat baik dan wajib diikuti oleh para arsitek Indonesia khususnya di Jakarta agar semakin memahami peranan, hak, dan juga tanggung jawab profesinya. Pelatihan ini sangat penting untuk diikuti,”komentar Doti Windajani, IAI, AA – Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta.

Pameran MEGABUILD INDONESIA + KERAMIKA INDONESIA 2023 juga didukung oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Cara Registrasi untuk Mengunjungi Pameran MEGABUILD INDONESIA + KERAMIKA INDONESIA

pameran megabuild keramika 2023

Jangan lewatkan keseruan dan juga inovasi terbaru dari ratusan merek dari produk bahan bangunan, interior, arsitektur dan juga keramik di pameran ini, mulai tanggal 23 hingga 26 Februari di Hall A & B, Jakarta Convention Center. Pameran ini tidak dipungut biaya. Pendaftaran sebagai pengunjung dapat dilakukan secara online melalui di website www.megabuild.co.id atau www.keramika.co.id

Follow Instagram Megabuild Indonesia dan Keramika Indonesia di @megabuildindo dan @keramikaid untuk informasi lebih lanjut.

Tentang Panorama Media

PT Pameran Masa Kini (PMK) dengan merek Panorama Media adalah perusahaan penyelenggara pameran yang merupakan anak perusahaan Panorama Group, sebuah Group usaha ternama di Indonesia yang bergerak di bidang pariwisata, transportasi, perhotelan dan lain sebagainya. Guna menyederhanakan merek dagang, maka PMK memilih menggunakan merek “Panorama Media” untuk setiap penyelenggaraan pameran yang di organisir.

Panorama Media bertujuan untuk menyediakan jasa profesional yang berkualitas dan menghadirkan acara dari industri ke industri melalui kerjasama dengan instansi pemerintah terkait, mitra industri, asosiasi perdagangan, pemilik tempat, kontraktor dan pelanggan di Indonesia.

Saat ini, Panorama Media menyelenggarakan sejumlah pameran di Indonesia dengan skala nasional dan internasional yang meliputi industri waralaba dan lisensi, bahan bangunan dan konstruksi, dan sektor konsumen Indonesia seperti: Megabuild Indonesia (MBI), Keramika Indonesia, Franchise & License Expo (FLEI Expo), Retail & Solution Expo (RSEI), Cafe & Brasserie Expo, Indonesia Coffee Festival, dan Indonesia Comic Con, dan lainnya.

Website: https://panorama-media.co.id/

Tentang ASAKI

ASAKI merupakan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia yang didirikan pada 17 November 1972 dengan meliputi empat bidang industri keramik yaitu tile, tableware, sanitary, roof tile, dan pemasok bahan baku dan mesin untuk industri keramik.

ASAKI memiliki visi untuk membina, mengembangkan dan meningkatkan usaha industri keramik Indonesia yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi anggota, bangsa dan negara. Sedangkan visinya adalah menghimpun produsen keramik Indonesia untuk bertumbuh dan berkembang di Indonesia hingga manca negara.

Website: http://asaki.or.id/#

*Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi:

Marzuki Herry

Project Manager PT Pameran Masa Kini (Panorama Media)
Phone             | +62815-1322-9990
E-mail           | marzuki@panoramamedia.co.id

Enable Notifications OK No thanks