JAKARTA – Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan, pemerintah bertekad untuk melanjutkan program bantuan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM) pada tahun 2021.

Hal tersebut berdasarkan rapat internal yang dilakukan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan Menteri Perekonomian, Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, dan Menteri Sosial, Senin (16/11/2020).

“Tadi disepakati, untuk fokus pemberdayaan UMKM itu akan dilanjutkan tahun 2021 dalam APBN mendatang,” ujar Masduki.

Namun, kata Masduki, bagaimana bentuk bantuan tersebut disalurkan masih akan dirumuskan terlebih dahulu.
Sebab, kemungkinan dana yang akan diberikan pun akan diperbesar jumlahnya. “Karena ini memang akan menjadi landasan bergeraknya ekonomi di kalangan bawah,” kata Masduki.

Masduki mengatakan, saat ini sudah banyak program bantuan yang dirasakan oleh masyarakat dari pemerintah. Mulai dari bantuan sosial (bansos), subsidi listrik, hingga modifikasi dana desa untuk pemberian bantuan langsung tunai (BLT).

Termasuk juga perluasan kartu prakerja, subsidi upah, hingga bantuan program prudktif bagi para pelaku UMKM. “Ini semua sudah berjalan dan itu menciptakan kondisi di masyarakat cukup tenang, tidak ada pergolakan berarti karena ada dana yang bergulir di masyarakat dari negara,” kata dia.

Masduki pun memastikan, pemerintah, baik Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun Wapres Ma’ruf Amin memiliki fokus untuk menggerakkan UMKM baik syariah maupun konvensional.