Indonetwork, Peralatan Industri – Aneka Valve menyediakan check valve dengan harga yang terjangkau. Valve ini sangat Anda perlukan jika tidak ingin terjadinya aliran balik pada saluran air.

Dalam instalasi fire hydrant, valve punya peranan yang sangat penting. Dari sekian banyak jenis valve yang ada di pasaran, salah satunya adalah check valve. Anda tidak akan sulit menemukan valve ini karena sudah banyak perusahaan yang jual check valve.

Check valve sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengatur cairan yang mengalir ke satu arah saja. Sehingga proses terjadinya alirah ke arah atau backflow tidak akan terjadi.

Dalam mengatur aliran airnya, check valve tidak menggunakan tuas, tapi menggunakan gravitasi dan tekanan aliran air itu sendiri. Karena hal ini sesuai dengan fungsinya yaitu untuk mencegah terjadinya backflow.

Fungsi Check Valve

Check Valve ini akan sering Anda temui dalam instalasi hydrant. Biasanya alur pemasangannya terdiri dari flexible joint, check valve, dan gate valve. Proses pemasangan ketiganya harus berurutan dan check valve tidak boleh terbalik menghadap ke atas.

Jika Anda memasangnya secara terbalik, maka aliran air akan tertutup dan check valve akan pecah. Bahkan semua jaringan pipa akan pecah jika memasang check valve secara terbalik. Jadi pemasangan check valve ini harus Anda perhatikan dengan baik.

Jika Anda melewatkan penggunaan check valve juga akan menimbulkan kerugian yaitu akan terjadinya backflow. Sehingga impeller pompa juga akan mengalami kerusakan.

Untuk penempatan check valve ini yaitu pada rangkaian pompa dan siamese connection. Jika check valve harus mengarah ke atas, pada siamese connection harus menghadapnya ke bawah yaitu menuju jalur pipa hydrant. Jadi jangan sampai terbalik pada proses pemasangan kedua alat ini.

Cara Kerja Check Valve

Check valve akan bekerja sesuai dengan arahnya, cairan akan melewati plug atau disk. Jika terjadi aliran air yang berlainan, maka plug akan tertutup. Sehingga terjadinya backflow tidak akan terjadi. Oleh sebab itu keberadaan Check Valve ini sangat penting dalam sebuah fire hydrant.

Jenis Check Valve

Terdapat beberapa jenis check valve yang bisa Anda gunakan untuk keperluan instalasi aliran air. Berikut ini adalah beberapa jenis check valve yang bisa Anda gunakan.

Lift Check Valve

Jenis check valve ini sangat mirip dengan globe valve, namun putarannya sangat berbeda. Bila globe valve punya putaran yang bisa diubah atau dimanipulasi, maka lift check valve tidak bisa.

Lift check valve memiliki sisi inlet dan outlet yang dipisahkan oleh plug yang berbentuk kerucut. Plug tersebut berada pada dudukan dan materialnya sendiri terbuat dari logam.

Jenis check valve ini pada umumnya dipakai dalam proses pengaliran fluida gas. Untuk mencegah adanya aliran aliran balik kondensat ke sistem trap supaya tubin berjalan dengan baik jika bisa menggunakan jenis check valve ini. 

Swing Check Valve

Jenis check valve ini punya diameter yang sama dengan pipa dan dirancang khusus supaya menggantung di bagian atas. Ketika terjadi aliran maju, maka disk akan terbuka dan jika terjadi aliran balik akan tertutup.

Swing check valve tidak cocok untuk aliran rendah karena terdapat hambatan dari penampang. Sehingga bisa menyebabkan terjadinya kebocoran pada aliran fluida.

Keunggulan dari check valve yang satu ini yaitu perawatannya yang sangat murah. Selain itu tekanan dari check valve ini juga sangat rendah.

Backwater Check Valve

Jenis check valve ini biasa digunakan untuk sistem pembuangan bawah tanah. Bahkan juga sering digunakan untuk kamar mandi. Fungsi dari backwater check valve sendiri yaitu untuk mencegah terjadinya aliran balik pada saluran pembuangan air ketika terjadi banjir.

Pada saat terjadinya banjir, tekanan valve akan tinggi dan kemungkinan terjadinya aliran balik akan terjadi. Oleh sebab itu backwater check valve berperan penting.

Swing Type Disk Check Valve

Jenis check valve ini biasanya digunakan untuk pipa yang memiliki diameter yang sangat besar, yakni ukuran DB80 ke atas. Untuk cara kerjanya kurang lebih sama seperti pada check valve yang lainnya.

Jika ingin menggunakan pipa dengan diameter kecil, sebaiknya Anda menggunakan disk check valve. Pada ujung pipa harus dipasang disk check valve, tepatnya pada ujungnya yang berbentuk kerucut.

Rekomendasi Beli Check Valve Terbaik

Anda bisa memperoleh berbagai jenis check valve di anekavalve.com. Disini tidak hanya tersedia check valve saja, tapi juga jenis valve lain seperti ball valve dan gate valve. Untuk harganya juga bervariasi tergantung dengan jenis valve yang Anda tentukan.

Bagi Anda yang berada di sekitaran Jln. Mangga Ubi No. 79 Kapuk PEternakan, Cengkareng, Jakarta barat bisa membeli anekavalve.com. Anda juga bisa menghubungi customer service kami ke nomor 081281828089. Selain itu kami juga menerima pemesanan secara online.

Itulah beberapa hal yang harus ketahui mengenai check valve. Jika ingin menghindari terjadinya aliran balik, menggunakan valve ini merupakan langkah yang tepat. Anekavalve.com jual check valve jika Anda memerlukannya dengan harga yang terjangkau.