Indonetwork, TransportasiKereta api merupakan alat transportasi yang umumnya terdiri dari beberapa gerbong yang dapat mengangkut barang atau penumpang. Gerbong pada kereta api relatif berukuran luas sehingga bisa mengangkut banyak penumpang atau barang. 

Kereta api merupakan salah satu alat transportasi lokomotif, yaitu kendaraan dengan tenaga gerak yang dapat berjalan sendiri. Kereta api juga dianggap sebagai alat transportasi darat yang paling efektif, sehingga beberapa negara menjadikan kereta api sebagai angkutan antar kota, daerah maupun antar negara.

Kereta api juga banyak digunakan sebagai angkutan pengangkut barang yang biasa disebut kereta api logistik. Ingin tahu bagaimana cara kirim barang dengan kereta api? Yuk, Simak artikel dibawah ini! 

Keuntungan Pengiriman Kereta Api

kereta api barang logistik

Saat ini, ada banyak sekali transportasi yang dapat mengantar barang, seperti: truk, kapal laut dan kereta api. Masing-masing transportasi logistik ini memiliki keuntungan nya sendiri, baik dari segi harga, waktu pengiriman, keamanan, berat maksimal, dan lain sebagainya.

Berikut ulasan mengenai keuntungan menggunakan pengiriman kereta api.

1. Biaya Lebih Murah

Inilah salah satu keuntungan utama dalam memilih pengiriman menggunakan kereta api. Alat transportasi ini menggunakan bahan bakar yang jauh lebih sedikit. Artinya, biaya pengangkutan barang dengan kereta api akan jauh lebih murah daripada yang lainnya.

Selain itu, hal lain yang menjadikan murahnya harga logistik kereta api adalah karena kereta api memiliki banyak ruang yang mampu mengangkut banyak barang dalam jumlah besar. Tempat yang luas dapat membuat harga pengiriman lebih murah, tidak terlalu eksklusif, dan satu kereta dapat mengangkut lebih banyak dibandingkan transportasi lainnya.

2. Pengiriman Cepat

Kereta berjalan tanpa hambatan menuju stasiun yang akan dituju (seperti lampu lalu lintas, halangan dari kendaraan lain, dan lain-lain). Hal ini tentunya dapat menguntungkan kecepatan dalam pengiriman, karena barang akan terus bergerak menuju tujuan. Anda juga dapat memprediksi waktu keberangkatan dan tibanya kereta dengan tepat waktu. 

Kecepatan rata-rata kereta api adalah sekitar 75 mph,  jika Anda bandingkan dengan truk yang menggunakan kecepatan HGV 58 mph, kereta api akan jauh lebih cepat tiba di tujuan.

3. Dapat Mengangkut Lebih Banyak

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah kereta api logistik atau KALOG dapat mengangkut lebih banyak barang-barang logistik dalam jumlah yang besar dibandingkan transportasi darat lain. Hal itu karena KALOG mempunyai banyak gerbong. 

Banyaknya gerbong yang ada dalam sekali pengiriman ini, maka dapat Anda pastikan bahwa KALOG jauh lebih efisien. Baik dari segi pengiriman barang logistik dan juga untuk arus distribusi barang itu sendiri. 

4. Aman

Menggunakan pengiriman melalui kereta api logistik, barang yang dikirimkan pun dapat terjamin keamanannya. Pengiriman barang tersebut menggunakan gerbong yang tertutup dan aman. Dengan tertutupnya gerbong yang ada ataupun ditambah dengan penutup gerbong yang datar, maka barang yang dikirim pun akan sampai dengan kondisi yang baik. 

Syarat Kirim Barang Melalui Kereta Api 

kereta api logistik

Jika Anda ingin mengirim barang melalui kereta api, ada beberapa syarat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Barang harus dikemas dengan baik agar tidak mudah rusak dalam perjalanan. Karena KAI tidak melayani packing barang.
  2. Harus menyertakan informasi lengkap seperti:  nama lengkap, alamat, nomor kontak baik pengirim maupun penerimanya.
  3. Untuk pengiriman menggunakan KALOG berat barang mulai dari 500 kg, sedangkan jika Rail Express maksimal 5 kg.
  4. Pengirim wajib menginformasikan isi paket dengan benar.
  5. KAI memiliki hak untuk mengecek paket sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Barang yang dilarang untuk dikirimkan melalui Kalog meliputi : dokumen/surat berharga, uang tunai, perhiasan, barang berbahaya, beracun, mudah meledak, mudah membuat percikan api, narkoba/psikotropika, atau barang-barang yang melanggar hukum lainnya.
  7. Pengirim disarankan untuk memakai asuransi pada barang mudah pecah atau rusak.
  8. Tidak melayani pengiriman hewan.
  9. Kirim barang dapat dilakukan paling lambat 2 jam sebelum jadwal pengiriman barang kereta api ataupun keberangkatan.

Cara Kirim Barang Melalui Kereta Api

kereta api logistikBerikut adalah cara kirim barang melalui Kereta Api, jangan sampai salah ya!

 

  1. Pengirim/pelanggan menyerahkan barang (yang sudah di-packing sesuai standar yang telah berlaku) ke loket di stasiun dengan melampirkan data pengirim dan penerima kepada petugas.
  2. Penimbangan barang dan penempelan stiker pada barang.
  3. Pembayaran oleh pelanggan di loket stasiun sesuai biaya angkutan/barang.
  4. Pemuatan barang ke dalam Kereta.
  5. Proses pengiriman barang.
  6. Pengecekan barang dari dalam kereta bagasi.
  7. Pengambilan barang oleh pelanggan/penerima dengan menunjukkan bukti transaksi barang, kartu identitas asli di loket pengambilan barang di stasiun tujuan.

Biaya Pengiriman Kereta Api

Salah satu kelebihan mengirim barang melalui kereta api ialah harga yang cukup terjangkau dengan per kilogramnya. Selain itu, dengan menggunakan kereta api, Anda akan mendapatkan fasilitas seperti keamanan, dan kecepatan waktu sampai.

Anda dapat mengirim barang dari stasiun asal Anda menuju ke lokasi yang ingin Anda tuju. 

Berikut beberapa tarif pengiriman jika Anda ingin melakukan pengiriman melalui kereta api.

Rute Motor>130CC Motor > 130 CC < 250 CC Motor > 250CC Sepeda
Yogyakarta-Jakarta 180.000 220.000 270.000 97.500
Surabaya-Jakarta  190.000 235.000 285.000 103.000
Semarang-Jakarta 160.000 200.000 240.000 87.500
Purwokerto-Jakarta 155.000 185.000 230.000 82.500
Cirebon-Jakarta 125.000 150.000 185.000 67.000
Jakarta-Bandung 115.000 140.000 170.000 62.000
Jakarta-Malang 320.000 395.000 480.000 174.000

 

Nah, itulah kiat-kiat cara untuk mengirimkan barang melalui Kereta Api. Perlu diingat bahwa KALOG merupakan jasa ekspedisi menggunakan kereta api yang dimiliki oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Namun Anda dapat dengan mudah mengirimkan barang Anda melalui jasa-jasa ekspedisi lainnya, seperti Edelweis Logistik yang juga menyediakan jasa kirim barang melalui kereta api.

Dengan menggunakan PT. Edelweis Logistik, Anda dapat mengirim barang melalui kereta api dengan harga yang terjangkau dan terpercaya. 

 

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks