Indonetwork, Bahan Bangunan – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah mur dan baut, apalagi kalau kerja di bengkel. Banyak orang yang keliru ketika menyebutkan kedua istilah tersebut, bahkan ada yang menganggapnya sama. Padahal perbedaan mur dan baut itu sangat signifikan.

Mur dan baut adalah jenis sambungan yang banyak digunakan dalam berbagai konstruksi seperti sepeda, mesin motor, mobil, dan sebagainya. Bisa diibaratkan kalau mur dan baut ini adalah pasangan yang setia dan tidak bisa dipisahkan begitu saja.

Jika ukuran ulir pada mur atau baut berbeda, maka tidak dapat dipasangkan. Sehingga ukuran keduanya harus sama. Pasangan mur dan baut biasanya digunakan untuk menyambungkan dua buah benda atau lebih.

Sekarang sudah banyak toko yang jual baut mur Jakarta dengan harga terjangkau. Bahkan ada yang jual baut mur stainless steel yang kualitasnya bagus dan harga terjangkau.

Baca juga : 3 ALASAN BISNIS BAUT & MUR MASIH POTENSIAL DI JAKARTA

Apa Itu Mur?

Mur
Sumber: sentralmurbaut.com

Mur adalah pasangan baut yang punya penampang berbentuk segi enam atau segi empat. Mur juga dilengkapi dengan lubang berulir di bagian tengahnya. Ulir tersebut harus berukuran sama dengan baut sebagai pasangannya.

Kebanyakan mur terbuat dari baja lunak, namun ada yang terbuat dari logam paduan atau logam lain untuk kebutuhan tertentu. Ulir yang ada pada mur disebut dengan ulir dalam.

Apa Itu Baut?

Baut
Sumber: blog.klikmro.com

Baut adalah batang silinder yang punya ulir di bagian silindernya dan dilengkapi dengan kepala pada salah satu ujungnya. Kepala tersebut biasanya berbentuk segi enam atau segi empat.

Panjang ulir pada baut bervariasi, kadang ulirnya ada yang sepanjang panjang baut secara keseluruhan atau hanya sebagian saja. Kebanyakan baut terbuat dari baja lunak, baja paduan, baja tangan karet, atau kuningan.

Tapi jika akan digunakan untuk kebutuhan khusus, baut terbuat dari logam paduan atau logam lainnya. Bagian ulir yang ada pada baut disebut dengan ulir luar.

Perbedaan Mur dan Baut

Terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai perbedaan mur dan baut. Perbedaan keduanya bisa Anda lihat pada ulasan kami berikut ini.

1. Letak dan Panjang Ulir

Letak ulir pada baut berbeda dengan mur. Pada baut, letak ulirnya berada di bagian luar, sementara mur berada di bagian dalam.

Panjang ulir antara mur dan baut juga berbeda. Ulir pada baut panjangnya bervariasi, ada yang sepanjang bagian silindernya namun ada yang sebagian saja.

Sementara untuk mur panjang ulirnya hanya sepanjang lubangnya sampai tembus saja.

2. Panjang Keseluruhan

Panjang keseluruhan untuk baut lebih panjang ketimbang dengan mur. Pasalnya baut terdiri dari bagian kepala dan silinder yang berulir, sehingga lebih panjang ketimbang mur.

Sementara untuk panjang keseluruhan dan tebal mur itu sama dengan tebal kepala bautnya.

Baca juga: 8 Rekomendasi Merk Hepa Filter Murah

3. Cara Pembuatan Ulir

Baut biasanya dibuat dengan menggunakan mesin bubut atau mesin CNC. Jika dibuat secara manual, maka pembentukan ulirnya menggunakan alat kerja bangku yang disebut dengan snei.

Mur juga dapat dibuat dengan mesin CNC. Sementara jika dibuat secara manual, pembuatan ulirnya menggunakan alat khusus yang disebut tap.

Dari penjelasan di atas, Anda sudah tahu kan apa perbedaan mur dan baut? Keduanya memang berbeda, tapi keduanya adalah pasangan yang tidak dapat dipisahkan begitu saja.

Tentu saja perbedaan mur dan baut itu sangat signifikan, namun dalam penggunaannya tidak dapat dipisahkan begitu saja. Bahkan beda ukuran antara baut dan mur, keduanya tidak dapat digunakan dan tidak berfungsi dengan baik. Untuk  memenuhi kebutuhan Anda akan baut dan mur berkualitas, PT. Saudara Baja Fasteners adalah pilihan tepat dan terpercaya.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks