Indonetwork, Peralatan Industri – SKF adalah salah satu produsen terkemuka di dunia dalam industri bearing. Bearing SKF merujuk pada bearing yang diproduksi oleh SKF Group, perusahaan yang telah lama dikenal karena inovasi, teknologi, dan kualitas tinggi dalam bidang bearing.

Kegunaan bearing SKF biasanya digunakan dalam berbagai aplikasi industri untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk mendukung beban mekanis dalam berbagai mesin dan peralatan. Alat ini memungkinkan pergerakan yang halus dan efisien antara komponen yang bergerak atau berputar.

Bearing SKF biasanya memiliki rentang waktu tertentu dalam penggunaannya. Namun tak jarang pengguna masih awam dalam perhitungan umur bearing SKF. Berikut ini ulasan dan penjelasannya.

Perhitungan umur bearing SKF

perhitungan umur bearing SKF
Sumber: skf.com

Dilansir dari laman skf.com, perhitungan umur bearing SKF dapat diperkirakan dengan beberapa pendekatan.

  • Perhitungan berdasarkan masa pakai dasar
  • Perhitungan berdasarkan masa peringkat SKF
  • Perhitungan umur bearing SKF berdasarkan masa pakai secara umum

Dilansir dari berbagai sumber, perhitungan umur bearing SKF didasarkan pada hitungan umur yang dikenal sebagai “rating life” atau umur rating. Umur rating adalah estimasi waktu operasi yang diharapkan dari bearing dalam kondisi kerja normal sebelum ada kegagalan.

Perhitungan umur rating bearing SKF didasarkan pada beberapa faktor yang termasuk dalam rumus perhitungan. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perhitungan umur rating bearing SKF:

Beban Dinamis Ekivalen (P)

Beban dinamis ekivalen adalah beban yang dianggap konstan dan akan menyebabkan keausan pada bearing yang serupa. Ini dapat dinyatakan dalam bentuk gaya radial atau aksial. Bagian ini bergantung pada faktor-faktor seperti beban aktual, arah beban, dan kecepatan putar bearing.

Beban Statik Ekivalen (P0)

Beban statik ekivalen adalah beban yang, jika diterapkan secara konstan pada bearing, tidak akan menyebabkan perubahan perataan bearing. Ini sering kali merupakan beban statis yang bekerja pada bearing.

Kecepatan Putar (n)

Kecepatan putar biasanya dinyatakan dalam putaran per menit (RPM). Hal ini mempengaruhi perhitungan umur rating bearing.

Faktor Reliabilitas (a1)

Faktor reliabilitas adalah faktor yang mempertimbangkan tingkat kehandalan yang diinginkan. SKF merekomendasikan faktor reliabilitas standar sebesar 90% untuk aplikasi umum. Namun, faktor ini dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan aplikasi.

Faktor Beban (a2)

Faktor beban mempertimbangkan tingkat variasi beban yang diterapkan pada bearing. Perhitungan umur rating biasanya didasarkan pada asumsi bahwa beban diterapkan secara konstan. Jika beban berfluktuasi, faktor beban harus diperhitungkan.

Faktor Keandalan (a3)

Faktor keandalan adalah faktor yang mempertimbangkan tingkat keandalan yang diinginkan dalam aplikasi. Perhitungan umur rating SKF umumnya menggunakan faktor keandalan standar sebesar 50%.

Dengan memasukkan nilai-nilai ini ke dalam rumus perhitungan umur rating SKF yang sesuai, Anda dapat mengestimasi umur operasional bearing dalam jam atau putaran. Rumus perhitungan umur rating dapat ditemukan dalam dokumentasi teknis SKF atau dalam panduan perhitungan yang mereka sediakan.

Perhitungan umur rating bearing SKF adalah estimasi berdasarkan kondisi normal dan asumsi yang diambil. Perlu diingat bahwa faktor-faktor seperti kondisi lingkungan, perawatan yang tepat, dan penggunaan yang benar juga memengaruhi umur aktual dari bearing dalam praktiknya.

Baca Juga: Bearing NTN Buatan Mana? Begini Ulasan Sejarahanya

Tips Beli Bearing SKF Asli

Perhitungan umur bearing skf
Sumber: SKF Evolution

Terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda saat akan beli bearing SKF asli, di antaranya:

Beli dari Distributor Resmi

Pastikan Anda membeli bearing SKF dari distributor resmi atau outlet yang memiliki izin atau keanggotaan resmi dari SKF. Distributor resmi akan memastikan bahwa produk yang mereka jual adalah bearing SKF asli dan memiliki kualitas yang dijamin oleh pabrikan.

Periksa Kemasan dan Merek

Perhatikan kemasan bearing SKF yang asli. Pastikan label, logo, dan merek SKF tercetak dengan jelas dan akurat pada kemasan. Periksa juga nomor seri atau kode produk yang tercantum, dan pastikan mereka sesuai dengan informasi yang diberikan oleh SKF.

Periksa Hologram dan Segel

Banyak bearing SKF asli dilengkapi dengan segel keamanan atau hologram khusus untuk mencegah pemalsuan. Periksa keberadaan dan keaslian segel atau hologram ini pada kemasan dan pastikan mereka tidak rusak atau terlihat palsu.

Bandingkan Harga dan Penawaran

Perbandingan harga dan penawaran dari beberapa penjual atau distributor yang terpercaya dapat membantu Anda mendapatkan gambaran harga yang wajar untuk bearing SKF asli. Hati-hati terhadap penawaran harga yang terlalu murah, karena bisa jadi indikasi produk palsu atau tidak berkualitas.

Tinjau Ulasan dan Reputasi Penjual

Membaca ulasan dan mencari informasi tentang reputasi penjual atau distributor yang Anda pertimbangkan dapat memberikan gambaran tentang keandalan mereka. Carilah ulasan dari pelanggan sebelumnya untuk mendapatkan wawasan tentang pengalaman mereka dengan penjual tersebut.

Dapatkan Sertifikat dan Dokumentasi

Saat membeli bearing SKF asli, pastikan Anda mendapatkan sertifikat atau dokumen yang mengkonfirmasi keaslian produk. Ini bisa berupa sertifikat keaslian SKF atau dokumen yang menyatakan bahwa bearing yang Anda beli adalah produk SKF asli.

Gunakan Saluran Distribusi Resmi

Hindari membeli bearing SKF dari sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya, seperti pasar gelap atau penjual online yang tidak dikenal. Lebih baik membeli dari saluran distribusi resmi atau pengecer yang diakui oleh SKF untuk memastikan keaslian produk.

Perhatikan Perbedaan Kualitas dan Performa

Produk palsu atau tidak asli mungkin terlihat serupa dengan bearing SKF asli, tetapi memiliki kualitas dan performa yang jauh lebih rendah. Jika ada keraguan tentang keaslian produk, konsultasikan dengan ahli atau kontak resmi SKF untuk memverifikasi keaslian bearing tersebut.

Baca Juga: Jenis dan Cara Memilih Mata Gerinda Potong Besi

Itulah ulasan mengenai gambaran perhitungan umur bearing SKF yang dilansir dari berbagai sumber. Berbagai macam jenis bearing SKD bisa Anda temukan di Indonetwork, marketplace B2B yang berpengalaman dalam menyediakan berbagai kebutuhan peralatan industri.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks