Indonetwork, Peralatan Industri – Pipa merupakan salah satu komponen penting dalam dunia industri. Penggunaan utamanya di bidang industri adalah sebagai alat pengangkut cairan atau gas di bawah tanah termasuk minyak dan air.

Jaringan pipa membutuhkan perhatian lebih dalam ranah konstruksi, operasi, proses, bahkan manufaktur. Salah satu jenis pipa yang banyak digunakan pada industri adalah pipa cast iron duker. Karena fungsionalitasnya ini, tidak sulit untuk menemukan distributor jual pipa cast iron duker.

Jika Anda sedang mencari informasi tentang pipa cast iron duker, berikut informasinya untuk Anda!

Fungsi Pipa Pada Dunia Industri

pabrik industri
Sumber: Unsplash

Fungsi utama pipa adalah untuk mengalirkan atau mendistribusikan berbagai fluida ke arah yang dituju. Fluida yang dialirkan di dalam pipa sendiri sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan dari pipa sendiri. Bahan zat cair, gas, atau bahkan bahan padat bisa saja dialirkan melalui pipa.

Disamping untuk kebutuhan rumah tangga, pipa juga banyak digunakan untuk dunia industri dengan jenis fluida yang jauh lebih bervariasi dan bahkan dengan sifat-sifat yang jauh lebih ekstrim. Salah satu jenis pipa yang kerap ditemukan di dunia industri adalah pipa dengan bahan baja.

Pipa baja sendiri dianggap memiliki kekuatan dan daya tahan yang jauh lebih baik dari bahan pipa lainnya sehingga dapat mengalirkan berbagai fluida yang dianggap ekstrim dan membutuhkan sistem perpipaan yang lebih aman dan dapat diandalkan. Fluida dengan tekanan tinggi layaknya minyak dan gas adalah yang paling sering dialirkan oleh jenis pipa ini.

Salah satu jenis pipa baja yakni pipa baja karbon, yang merupakan pipa dengan paduan besi dan karbon dimana pipa ini sendiri dapat kita kelompokkan menjadi tiga kelompok, yakni carbon steel, low alloy steel, dan juga high alloy steel. 

Baca juga: METODE INSTALASI FITTING PIPA BESI HITAM

Pipa baja karbon sendiri akan cukup mudah kita temukan dalam industri-industri power plant atau pembangkit energi, industri kimia, industri hidrokarbon, dan beberapa jenis industri lainnya yang banyak memakai fluida dengan suhu dan tekanan yang ekstrim. Disamping itu, pipa baja paduan atau pipa alloy steel juga banyak dipakai di industri-industri dengan sifat fluida yang cenderung hampir sama.

Pipa ini memiliki banyak elemen material layaknya karbon untuk menambah kekuatan dan kekerasan, mangan untuk menambah ketangguhan, silikon untuk menambah porositas, krom dan molibdenum untuk menambah daya tahan pada suhu tinggi, nikel untuk menambah kegetasan, aluminium dan tembaga  untuk anti karat, dan juga vanadium untuk meningkatkan sifat mekanik dari pipa industri.

Sistem Pipa Industri

sistem pipa industri
Sumber: Unsplash

Apapun industri yang Anda sedang jalani, sekecil apapun itu, kita tidak akan bisa lepas dari peralatan pengalir fluida ini. Sebagai contoh, Anda membuka industri makanan, Anda akan membutuhkan pipa sebagai pengalir air atau bahkan gas.

Dalam dunia industri besar layaknya industri kimia sendiri, kita akan mengenal beragam jenis fluida yang dialirkan dalam pipa. Mulai dari yang memiliki tekanan rendah maupun tekanan yang sangat tinggi. Bahkan, ada pula cairan yang memiliki sifat cenderung merusak, layaknya cairan kimia dengan suhu tinggi atau bahkan yang memiliki sifat yang korosif dan abrasif. Hal itu tentu saja bisa merusak pipa jika kita memilih jenis pipa yang salah.

Inilah mengapa banyak sekali jenis pipa yang beredar di pasaran. Beragam jenis pipa ini disediakan sesuai dengan kebutuhan pengaliran fluida yang ada. Sebagai contoh, kita tentu saja tidak bisa memakai pipa paralon tipis yang biasa kita pakai untuk mengalirkan air sebagai pipa pengalir cairan kimia bertekanan tinggi. Disamping pipa bisa mengalami kebocoran atau bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kebakaran dan ledakan, keselamatan pekerja pun bisa menjadi terancam.

Sebelum kita memilih jenis pipa yang akan dipakai di dunia industri, kita tentu harus memperhatikan bahan baku dari pipa, kebutuhan dari aliran fluida yang dialirkan, dan juga ketebalan dari pipa tersebut. Beberapa komponen layaknya flange, gate valve, vessel, solenoid valve, dan beragam jenis valve lainnya akan akrab dengan sistem perpipaan.

Kita juga akan mengenal penempatan sistem pipa layaknya pipe rack yang akan diletakan di dalam indoor maupun outdoor industri sesuai dengan kebutuhan, rak pipa ini akan menjadi tempat sistem perpipaan khususnya yang berukuran cukup besar. Ada pula piping support yang biasanya hanya mendukung sistem pipa yang cenderung lebih kecil. Semua hal tersebut harus diperhitungkan dengan tepat agar sistem perpipaan dapat berlangsung dengan baik.

Baca juga: MENGENAL FITTING, KOMPONEN PENYAMBUNG PIPA

Contoh Jenis Pipa Untuk Industri

Salah satu jenis pipa yang dapat Anda gunakan untuk mengalirkan cairan adalah cast iron. Pipa yang satu ini terbuat dari material besi yang berfungsi untuk mendistribusikan air mulai dari bertekanan rendah hingga tinggi. Biasanya pipa cast iron duker ini digunakan di industri-industri besar atau pabrik.

Keunggulan Pipa Cast Iron Duker

pipa industri
Sumber: Unsplash

Setiap jenis pipa tentu saja punya keunggulannya tersendiri, termasuk juga pipa cast iron duker. Berikut ini adalah keunggulan yang dimilikinya

1. Daya Tahan Tinggi

Pipa ini terbuat dari material logam besi, dengan begitu daya tahannya tidak perlu diragukan lagi. Pipa cast iron duker bisa beradaptasi dengan lingkungannya meskipun dengan suhu dan cuaca yang ekstrim. Dengan begitu pipa ini akan tahan terhadap kerusakan seperti keropos atau lapuk jika digunakan dalam waktu yang sangat lama.

2. Tidak Bersifat Racun

Ada beberapa pipa yang mempunyai sifat racun yang membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan pipa cast iron duker. Air yang dialirkan dengan pipa ini juga tidak bersifat racun sehingga aman dikonsumsi oleh manusia

Rekomendasi Distributor jual Pipa Cast Iron Duker

Bagi Anda yang sedang mencari distributor jual Pipa Cast Iron Duker, Anda dapat menghubungi PT. Raja Pipa Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga bergerak dalam bidang distributor/agen elektrikal, metal conduit, accessories, dan plumbing. PT. Raja Pipa Indonesia didukung dengan tim yang profesional di bidangnya sehingga akan maksimal dalam melayani pelanggan.

LENGKAPI KEBUTUHAN PERALATAN INDUSTRI ANDA DENGAN PRODUK INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: