Dalam dunia konstruksi pasti tak asing lagi dengan berbagai jenis pipa besi maupun baja. Ada berbagai jenis pipa dalam industri yang dapat dibedakan berdasarkan jenis fluida yang akan dialirkan, jenis industri, dan hal lain yang mempengaruhinya. Salah satu jenis pipa yang umum digunakan yaitu pipa seamless dan welded.

Kedua pipa ini memiliki bentuk dan bahan dasar yang sama, sehingga banyak pengguna yang sulit membedakan keduanya. Hal yang membuat kedua pipa ini berbeda adalah proses pembuatannya.

Perbedaan ini tentunya akan mempengaruhi hasil akhir serta kegunaan dari pipa tersebut. Agar Anda bisa tahu lebih dalam, simak terus artikel ini hingga akhir.

Mengenal Pipa Seamless dan Welded

Pipa seamless dan pipa welded sangat mirip hingga banyak orang yang mengira dua jenis pipa ini adalah sama. Tetapi, keduanya memiliki proses pembuatan yang berbeda.  Pipa seamless atau pipa dengan ciri khas berbentuk hitam dan bulat ini adalah pipa besi yang tidak memiliki sambungan.

Agar bisa mengenal lebih jelas, berikut penjelasan singkat masing-masing jenis pipa.

  1. Pipa Welded

Pipa welded terbentuk dari plat besi yang dilengkungkan dan dilas sehingga menjadi sebuah pipa. Sehingga tampilan pipa identik dengan garis sambungan yang memanjang pada permukaannya. Namun, pada beberapa produk, sambungan tidak terlihat karena mengalami pengelasan dengan suhu yang tinggi. Pipa welded harus diproduksi dengan kualitas baik, agar sambungan tidak bocor yang bisa menyebabkan ledakan.

Pipa welded adalah pipa yang memiliki kesamaan bentuk dengan pipa seamless, namun berbanding terbalik dengan seamless yaitu pipa tanpa sambungan, pipa ini adalah bagian dari beberapa pipa yang di sambungkan dengan las listrik, untuk sambungan nya pun berbeda beda ada vertical ada yang spiral, disini sambungan spiral lebih besar dibandingkan sambungan vertikal.

  1. Pipa Seamless

Sesuai dengan namanya, pipa seamless tidak memiliki sambungan pada tampilan permukaannya. Jenis pipa seamless dibuat dengan cara memanaskan billet besi dan mendorong bagian dalam billet besi hingga membentuk sebuah pipa besi yang tidak memiliki sambungan vertikal pada bagian permukaan badan pipa. 

Selain itu pipa seamless tidak memiliki sambungan apapun pada pipa tersebut. Proses pembuatan pipa ini pun tergantung dari permintaan ketebalan yang ada dipasaran saat ini, ketebalan dalam pipa ini akan mempengaruhi ketahanan pipa terhadap tekanan.

Pipa seamless memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan pipa welded. Pipa seamless atau yang lebih dikenal pipa besi hitam memiliki kisarah harga Rp 122.000 hingga Rp. 4.061.000.

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded

Jika Anda sudah mengenal masing-masing karakteristik dari pipa seamless dan welded dari tulisan di atas, seharusnya Anda sudah mengetahui perbedaan dari keduanya. Namun, agar lebih jelas, berikut perbedaan pipa seamless dan welded dilihat dari material, fungsi, dan keunggulannya.

Material

Kedua jenis pipa ini menggunakan jenis material yang sama, yaitu bahan hot rolled steel atau baja canai panas. Material ini merupakan produk baja yang dihasilkan dari proses hot rolling. Hot rolled coil yang berupa gulungan ini masih memerlukan proses lanjutan. 

Karakteristik dari jenis bahan ini cenderung lebih berat dan bertekstur kasar serta berpori—sebagai dampak proses pengerolan pada suhu tinggi. Meskipun kuat dan tahan lama, bahan ini lebih rentan terhadap korosi. 

Fungsi

Karena karakteristiknya yang berbeda, tentunya fungsi dari masing-masing pipa seamless atau welded berbeda. Pipa seamless dapat digunakan untuk aplikasi bertekanan dan bersuhu tinggi seperti dalam industri minyak & gas, industri farmasi, dan pembangkit listrik.

Sedangkan untuk pipa welded dapat digunakan untuk semua bidang industri selama suhu, tekanan, dan variabel lainnya dapat terukur dan tidak melebihi standar yang telah ditentukan oleh produsen.

Kedua jenis pipa ini dapat digunakan di struktur bangunan.

Keunggulan

Pastinya, kedua jenis pipa ini memiliki keunggulannya masing-masing yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda jika ingin menggunakan pipa ini. Berikut ulasannya.

Keunggulan Pipa Seamless

Beberapa karakteristik pipa seamless yang perlu Anda ketahui sebelum memilih pipa ini, yaitu:

  • Tahan karat dan anti korosi karena kandungan kromium yang cukup tinggi;
  • Tahan suhu ekstrem yang tinggi karena mengandung  nitrogen, nikel dan molybdenum;
  • Ramah lingkungan dan dapat didaur ulang;
  • Dapat digunakan dalam waktu yang lama;
  • Perawatan pembersihan pipa yang mudah karena tidak mudah korosi dan permukaan pipa yang halus, sehingga mudah untuk dibersihkan; dan
  • Tampilan yang menarik tanpa adanya sambungan dan warna perak yang mengkilap membuat permukaan luar pipa seamless ini menjadi terlihat mewah, elegan, dan menarik.

Keunggulan Pipa Welded

Sedangkan, keunggulan dari pipa welded dibandingkan pipa seamless, yaitu:

  • Biaya untuk produksi yang lebih murah, sehingga harga jual otomatis lebih rendah daripada pipa seamless,
  • Proses pembuatan yang lebih sederhana dan memakan waktu yang lebih singkat,
  • Permukaan akhir yang lebih baik di bagian dalam dan luar pipa
  • Konsistensi ukuran yang lebih pasti sehingga angka toleransinya pun lebih tepat

Supplier jual pipa seamless

Jika Anda sedang mencari tempat jual pipa seamless, Anda bisa menghubungi CV. Tunggal Perkasa di Jakarta Pusat.

Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan berbagai jenis produk diantaranya berbagai jenis produk fitting las, aneka valve industri, aneka besi baja, plat, fitting drat, flange dan lainnya.


%d bloggers like this: