Dalam dunia industri otomotif dan pabrik pembuatan alat berat, plat besi coil punya peranan yang sangat penting. Tidak mengherankan kalau perusahaan yang jual plat besi coil di Indonesia juga banyak untuk saat ini.

Plat coil sendiri merupakan plat yang berbentuk lembaran yang terbuat dari galvalume atau baja yang dilapisi oleh chrome. Terdapat tiga jenis plat coil yang tersedia di pasaran. Dan setiap jenis plat itu mempunyai manfaat yang berbeda-beda.

1. Baja Hitam

Pembuatan baja hitam sangat erat kaitannya dengan hot rolled coil (HRC). Pembuatannya menggunakan suhu yang sangat tinggi dan mengalami proses pengawetan terlebih dahulu.

Kemudian baja hitam itu juga mengalami proses peminyakan terlebih dahulu pada suhu tinggi. Tujuannya yaitu supaya produknya tahan lama dan ketebalannya sesuai dengan kebutuhan.

Perusahaan yang jual coil hitam HRC saat ini juga sudah cukup banyak. Salah satunya adalah perusahaan Saranasteel.id. Disini tersedia beberapa jenis plat besi dengan harga yang terjangkau.

2. Baja Putih

Jenis baja ini dapat terbentuk dari hasil pendinginan. Karakteristik dari baja ini yaitu ketebalannya lebih tipis dan bentuknya juga rata. Baja putih ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaleng makanan atau cat dengan permukaan luar yang tipis.

Meskipun mempunyai permukaan yang tipis, namun baja putih ini sangat kuat terhadap tekanan yang besar. Tidak mengherankan kalau plat ini sangat tahan lama ketika sudah digunakan.

3. Baja Plain Carbon

Baja ini dibuat dalam bentuk plat coil yang mengandung molekul karbon cukup tinggi. Karakteristik dari baja ini sangat ringan yang biasa digunakan untuk kebutuhan komersial.

Pertimbangan Sebelum Beli Plat Coil

Ada beberapa aspek yang harus Anda pertimbangkan ketika membeli plat coil. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Bentuk

Kualitas produk plat coil sangat dipengaruhi oleh bentuknya. Karena bentuk ini akan menentukan tingkat kesulitan selama proses pembuatan produk yang Anda inginkan.

Pilihlah produk secara plat coil, bukan lembaran atau wire jika akan digunakan sebagai lempengan motor atau badan mobil.

2. Ketebalan

Baja dalam plat diproduksi dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Namun umumnya ketebalan plat coil baja putih berkisar 0.2 hingga 3 mm. Namun untuk hot coil ketebalannya bisa ditentukan berdasarkan permintaan yang diterima oleh pabrik produksi plat coil.

3. Pengelasan

Kebanyakan perusahaan ingin lebih mudah ketika melakukan pengelasan. Kecepatan dan kemudahan pengalasan ini sangat erat kaitannya dengan waktu yang diperlukan untuk pembuatan barang yang berasal dar baja.

Jumlah produk yang dihasilkan oleh satu gulungan plat coil juga bisa menentukan kecepatan dan kemudahan pengelasan. Oleh sebab itu pilih plat coil yang dapat membuat proses pengelasan jadi lebih mudah dan tak memakan banyak waktu.

Rekomendasi Plat Coil Jakarta

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta bisa membeli langsung di PT Sarana Steel yang berada di Gedung Baja LT 8 Jl Pangeran Jayakarta No 55. Namun Anda juga bisa melakukan pemesanan secara online melalui website resmi saranasteel.id.

Di perusahaan ini terdapat beberapa jenis plat yang dapat Anda gunakan. Selain Coil putih HRC, PT Sarana steel juga jual coil putih CRC dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah penjelasan kami kali ini mengenai plat besi coil yang biasa digunakan di industri otomotif dan pembuatan alat berat. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun peranannya sangat penting.


Author

%d bloggers like this: