Indonetwork, ElektronikTerdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi printer Epson L3110 lampu tinta dan kertas berkedip.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus tetap tenang. Mengingat permasalahan seperti ini bukanlah yang pertama kalinya di dunia. Sebagian orang yang menggunakan printer juga terkadang mengalami beberapa permasalahan
Permasalah-permasalahan yang biasa terjadi pada printer seperti kertas macet, semua lampu berkedip, lampu kertas macet berkedip, kesalahan pencetakan, hingga tinta printer meluap.

Anda bisa mengatasi permasalahan itu semua dengan mandiri atau membawanya ke tempat layanan terdekat apabila masalahnya terus berlanjut atau bertambah serius.

Status Lampu Printer Epson

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip
Sumber: Pinterest

Sebelum mengatasi permasalahan yang ada, tentunya Anda terlebih dahulu harus mendiagnosis status lampu printer yang menyala.

Untuk mendiagnosis lampu printer Epson, Anda bisa mendiagnosisnya dengan melihat bagian mana saja yang menyala atau lampu tersebut menyala dengan warna apa.

Informasi ini tentunya sudah Anda dapatkan pada buku panduan ketika pertama kali membeli printer. Akan tetapi, jika Anda kehilangan buku tersebut, Anda bisa membaca artikel ini untuk mendiagnosis permasalahan pada lampu printer.

Lampu Daya Berkedip

Apabila lampu daya atau power berkedip, itu menandakan bahwa printer sedang sibuk. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda baru saja mengganti cartridge tinta, sedangkan printer dalam keadaan aktif atau menyala, sehingga lampu akan berkedip setelah kartrid terpasang. Tunggu hingga lampu daya berhenti berkedip sebelum mematikan printer Anda.

Lampu Daya dan Lampu Kertas Berkedip

Lampu daya dan kertas yang berkedip, menunjukkan bahwa kertas macet di dalam produk. Anda bisa mengeluarkan kertas yang macet dan menekan tombol salin B&W atau tombol salin berwarna untuk menghilangkan kesalahan.

Lampu Power Menyala atau Berkedip dan Lampu Tinta Berkedip

Apabila status lampu seperti ini, itu artinya kartrid tinta Anda tinggal sedikit. Anda bisa memeriksa dan mengganti kartrid tinta yang hampir habis agar bisa mencetak kembali.

Lampu WiFi Berkedip Oranye

Apabila status lampu Wifi berkedip oranye, itu berarti koneksi WiFi sedang error. Untuk menyelesaikannya, tekan tombol Wifi pada pencetak.

Baca juga: Cara Mengatasi Printer canon IP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip Secara Manual

Untuk mengatasi lampu indikator printer Epson L3110 yang terus berkedip, Anda bisa memperbaiki permasalahannya secara manual tanpa menggunakan software perangkat lunak apapun. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda jadikan sebagai panduan.

  1. Hidupkan printer dengan menekan tombol power yang ada.
  2. Tekan tombol power dan tinta secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama 5 detik untuk mereset printer.
  3. Lihatlah dalam beberapa saat, apakah lampu tinta dan kertas masih berkedip atau tidak.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip dengan Meresetnya

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip
Sumber: Pinterest

Opsi lain untuk memperbaiki printer Epson L3110 ketika lampu tinta dan kertas berkedip adalah menggunakan software resetter. Software ini bisa Anda download pada situs-situs website terpercaya dan aman.

Menggunakan Software Resetter

Untuk mengoperasikan software resetter kemudian mengaplikasikannya pada printer yang mengalami masalah blinking adalah sebagai berikut.

  1. Hidupkan perangkat komputer atau laptop Anda. Sebelum itu, pastikan bahwa printer Anda telah terhubung dengan perangkat yang digunakan.
  2. Buka dan klik dua kali file resetter yang telah didownload
  3. Pilih “Auto Selection” dalam jendela pop-up yang muncul di layar
  4. Klik “OK” untuk melanjutkan.
    Setelah itu, sistem akan membaca printer yang terhubung dengan perangkat Anda. Hal ini akan diinformasikan melalui jendela pop-up yang ditampilkan dalam layar.
  5. Klik “Mode Penyesuaian Tertentu.
  6. Pilih menu “Waste Ink” yang terdapat dalam jendela pop-up berikutnya
  7. Centang kotak kecil pada bagian “Main Pad Counter and Platen Pad Counter”.
  8. Klik “Check”
  9. Klik “Inisialisasi” pada jendela berikutnya.
    Setelah itu, Anda diberikan informasi untuk mematikan printer melalui jendela pop-up yang muncul pada layar. Cukup klik “OK”untuk melanjutkan.
  10. Hidupkan kembali printer dengan menekan tombol power
  11. Lihatlah, apakah masih ada lampu yang berkedip atau tidak.

Tanpa Software Resetter

Anda juga bisa mereset printer tanpa menggunakan software resetter apabila Anda tidak menginginkannya. Berikut cara mereset printer untuk memperbaiki printer lampu tinta dan lampu kertas yang berkedip.

  1. Hidupkan printer dengan menekan tombol power yang ada
  2. Tekan tombol ikon tetesan tinta yang berada di dekat tombol daya sekitar sepuluh detik
  3. Apabila lampu tinta dan kertas masih berkedip, lakukan langkah nomor 2 dengan dalam waktu yang berbeda. Misal menekan tombol dengan ikon tetesan tinta selama 3 detik dan membiarkannya selama 3 detik. Kemudian menekannya kembali selama 2 detik dan membiarkannya selama 2 detik.
  4. Lihatlah, apakah cara tersebut berhasil memperbaiki printer Anda atau tidak

Jika cara terakhir masih membuat lampu tinta dan kertas printer masih berkedip, Anda bisa mengulanginya dari awal dengan mematikan printer kemudian menghidupkannya kembali.

Baca juga: Jurus Jitu Mencari Distributor Barang Elektronik Murah

Anda bisa mendapatkan printer Epson dengan kualitas dan harga terbaik di PT. Visindo Global Teknologi. PT. Visindo Global Teknologi adalah reseller untuk printer dan aksesorisnya. Mereka menyediakan berbagai macam merek. Mulai dari Epson, HP, Canon, Fujixerox, Samsung, Brother, Fujitsu, Panasonic, dan Hitachi. Segera kunjungi website yang tersedia untuk mendapatkan penawaran hari ini!

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks