Indonetwork, Peralatan Industri – Laboratorium membutuhkan berbagai peralatan dan instrumen untuk menjalankan pengujian dan penelitian. Tempat jual alat general laboratory pun kini dapat dengan mudah ditemukan. Apapun penelitian laboratorium Anda seperti protein, kultur sel, udara, air, tanah, atau darah, peralatan laboratorium utama akan mendukung berbagai kebutuhan pengujian.

Peralatan laboratorium diperlukan untuk melakukan tugas tertentu, menjaga keselamatan karyawan, dan menjaga lingkungan tetap aman. Seiring bertambahnya jumlah karyawan di lab, begitu pula kebutuhan akan peralatan. Pembahasan dalam artikel ini akan menunjukkan tentang semua item yang dibutuhkan di lab.

Peralatan General Laboratory untuk Keselamatan

1. Kacamata Pengaman

Alasan paling umum untuk memiliki kacamata pengaman, dan tujuan utamanya, adalah untuk melindungi mata. Terdapat banyak bahan kimia yang dapat membakar dan merusak mata jika salah penanganan. Bahkan jika bahan kimia ditangani dan diberikan dengan benar, masih ada kemungkinan kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya, Anda mungkin menjatuhkan alat atau peralatan kaca dan terkena goresan atau apapun yang dapat melukai mata Anda.

2. Sarung Tangan Karet

Sarung tangan lateks paling baik digunakan saat Anda bekerja dengan cairan tubuh, bahan kimia sensitif, dan lain-lain. Ini membantu mencegah Anda mengontaminasi spesimen apa pun atau mengontaminasi diri Anda sendiri.

3. Wadah Limbah Biohazard

Pembuangan limbah yang tepat penting karena begitu banyak dari apa yang ada di laboratorium tidak dapat dibuang ke tempat sampah biasa. Wadah limbah biohazard oranye standar harus ditempatkan dengan nyaman di sekitar lab di area yang dekat dengan tempat pembuangan. Mereka juga harus ditandai dengan jelas seperti apa saja yang dapat dibuang di tempat sampah tersebut.

4. P3K

Penting juga untuk sering memeriksa kit Anda untuk memastikan bahwa semuanya terisi penuh pada waktu tertentu. Memeriksa kit secara teratur juga dapat memastikan semua yang ada di dalamnya tidak kedaluwarsa dan masih dapat digunakan.

5. Pemadam Api

Bahkan jika lab Anda didinginkan dan jarang menggunakan panas, Anda perlu memastikan bahwa Anda siap menghadapi kebakaran. Itu bisa terjadi kapan saja dan pasti tanpa peringatan. Alat pemadam diwajibkan oleh undang-undang dan tergantung pada bahan kimia yang Anda gunakan, jenis alat pemadam mungkin penting. Beberapa dibuat untuk kebakaran berbasis bahan kimia daripada listrik.

Baca Juga: RAGAM ALAT LABORATORIUM PENGUJI LINGKUNGAN YANG PERLU DIKETAHUI

Gelas Laboratorium

Barang pecah belah yang digunakan untuk pengukuran memiliki kualitas pengukuran yang berbeda. Mungkin volume, berat, atau bahkan suhu. Semua ini penting agar Anda tetap berada dalam parameter keselamatan, melakukan tugas secara efektif dan tanpa berakibat hukum. Berikut adalah beberapa peralatan gelas laboratorium yang umum digunakan untuk mengukur.

1. Graduated Cylinders

Tabung tipis tinggi yang mengukur cairan mulai dari 10 mililiter hingga 50 mL dan hingga 100 mL. Alat ini memberikan pengukuran yang tepat. Silinder bertingkat dapat ditampung dengan sumbat karet atau kaca.

2. Labu Volumetrik

Labu volumetrik digunakan untuk membuat larutan campuran standar dan berisi jumlah cairan yang tepat pada suhu tertentu. Bentuknya bulat di bagian bawah dengan leher tinggi dan kurus. Beberapa dilengkapi dengan sumbat sehingga mencegah agar tidak ada yang tumpah.

3. Florence Flasks

Labu jenis ini memiliki tubuh bulat dengan dasar datar. Alat ini dirancang untuk memanaskan cairan tetapi juga dapat digunakan untuk mencampur. Lehernya yang panjang dan tipis untuk menjaga cairan agar tidak keluar. Mereka juga dilengkapi dengan sumbat karet untuk menyimpan cairan. Peralatan ini dapat digunakan sebagai bagian dari peralatan distilasi.

Baca Juga: 10 ALAT LABORATORIUM LINGKUNGAN UDARA DAN AIR

4. Erlenmeyer Flasks & Ring Stand

Labu ini berbentuk segitiga, dengan leher yang lebih lebar dari labu Florence. Sering disebut sebagai labu berbentuk kerucut karena bentuknya. Benda ini paling populer digunakan untuk menampung cairan atau padatan yang dapat melepaskan gas atau memerciki jika dipanaskan atau diaduk. Leher adalah bentuk yang sempurna untuk menahan klem untuk pemanasan mekanis.

5. Gelas & Tabung Reaksi

Peralatan ini digunakan untuk memanaskan, mencampur, dan mengaduk. Gelas dan tabung reaksi biasanya memiliki cerat untuk menuangkan (dan untuk meminimalkan percikan). Karena tepi berbingkai di bibir, tidak ada penutup untuk gelas kimia. Namun, Anda dapat menggunakan kaca arloji untuk menutupi cairan sementara selama tugas. Tabung reaksi adalah tabung tipis dengan dasar membulat. Mereka dapat digunakan untuk mencampur bahan kimia, memisahkan bahan kimia dalam centrifuge, dan untuk membandingkan spesimen.

Peralatan General Laboratory Lainnya

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis peralatan general laboratory, namun tidak semuanya dapat dijelaskan dalam satu ulasan. Di bawah ini adalah beberapa ringkasan yang mungkin perlu untuk Anda ketahui.

  • Perkakas Tangan yang diperlukan untuk menyendok, mencampur, dan menggores.
  • Timer & Stopwatch tersedia dalam model mekanis, elektronik, dan digital untuk pengaturan waktu yang presisi di lingkungan lab dan lapangan. Fungsionalitas, jenis tampilan, dan mode tampilan bervariasi menurut model.
  • Buku dan Bahan Referensi berisi panduan industri populer dan buku pegangan tentang aspal, pengayakan, agregat, dan desain campuran.
  • Pelat dan Rentang Panas digunakan untuk banyak aplikasi pemanasan dan pengeringan dan dapat dengan mudah diangkut untuk penggunaan laboratorium atau lapangan. Pilihannya meliputi Hot Plate keramik, propana, dan pengaduk magnet, serta Rentang Listrik Single dan Double Burner.
  • Mixer Laboratorium digunakan untuk berbagai aplikasi pengujian bahan termasuk beton, aspal, semen, dan nat.

Distributor Jual Alat General Laboratory

Itulah beberapa hal yang dapat Anda jumpai di tempat jual alat general laboratory. Untuk mendapatkan peralatan terbaik, Anda dapat mengunjungi PT. Mitra Katiga Sejahtera. Perusahaan swasta nasional tersebut bergerak di bidang agen tunggal dan distributor peralatan laboratorium kualitas air dan udara, getaran dan soil test kit, general laboratory instruments, peralatan laboratorium untuk universitas, dan lain sebagainya.


Author

%d bloggers like this: