Indonetwork, Alat Uji – Keadaan lingkungan yang terus berubah mendorong para peneliti atau lembaga uji klinis seringkali melakukan penelitian. Laboratorium lingkungan didirikan untuk memfasilitasi pengujian pada kualitas lingkungan, seperti air dan udara di suatu area. Tentu saja, penelitian ini didukung dengan alat laboratorium yang memadai dan lengkap.

Klasifikasi alat laboratorium bisa berbeda dari fungsinya sesuai dengan jenis lab penelitiannya. Namun, beberapa alat cukup sering digunakan pada berbagai lab untuk penelitian tertentu. Simak informasi berikut mengenai alat laboratorium lingkungan yang digunakan untuk mengetahui kualitas air dan udara.

Baca juga: RAGAM ALAT LABORATORIUM PENGUJI LINGKUNGAN YANG PERLU DIKETAHUI

Alat Laboratorium Lingkungan Udara Dan Air

Alat laboratorium berdasarkan sudut pandang fungsinya, terdiri dari dua jenis, yaitu general laboratory equipment (umum) dan specific laboratory equipment (khusus). Berikut ini adalah jenis laboratorium umum yang digunakan untuk mengetahui  kualitas lingkungan.

1. BOD Meter

Biochemical Oxygen Demand atau BOD meter adalah alat yang digunakan untuk mengetahui jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh bakteri aerob untuk memecah material organik. Pengukuran ini biasanya dilakukan di dalam sampel air dengan jumlah, temperatur, dan jangka waktu tertentu.

Pengukuran dengan BOD meter melibatkan dua kali pengukuran dissolved oxygen yang menggunakan DO meter. Ketika mengukur oksigen terlarut, kompensasi untuk tekanan, suhu, dan salinitas sangat penting untuk pembacaan yang akurat. Sehingga dibutuhkan BOD meter yang berkualitas.

2. Centrifuge

Sentrifus atau centrifuge merupakan alat laboratorium yang digunakan untuk proses pemisahan molekul (partikel) suatu larutan antara yang terlarut (filtrate) dengan organel yang mengendap (substrat). Pemisahan ini dilakukan dengan proses pemutaran melingkar (sentripetal) berkecepatan tinggi. 

Centrifuge terdiri dari tiga komponen, yaitu motor, rotor, dan drive shaft. Alat ini umumnya digunakan pada laboratorium biokimia untuk pemisahan virus dan berbagai makromolekul lainnya.

3. Refractometer

Refraktometer merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui kadar atau konsentrasi bahan (zat) pada terlarut melalui pembiasan cahaya. Refractometer terdiri dari dua jenis, yaitu Refraktometer SALT yang digunakan untuk mengukur kadar garam suatu larutan atau air (salinitas). Lalu Refraktometer BRIX yang digunakan untuk mengukur kadar gula dalam suatu larutan (sukrosa).

4. Conductivity meter

Konduktometer adalah alat ukur kualitas air yang digunakan untuk mengetahui daya hantar listrik (DHL) atau nilai konduktivitas listrik pada suatu larutan atau air yang berasal dari perairan. Nilai konduktivitas cukup penting pada berbagai bidang yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, khususnya untuk kebutuhan air minum. Konduktometer biasanya diaplikasikan pada bidang hidroponik, akuakultur, purifikasi air untuk mengetahui kualitas serta kandung pada air.

5. pH Meter

Alat ini digunakan untuk alat ukur mengetahui kualitas atau menilai konsentrasi pH (power of hydrogen) pada air. Konsentrasi pH ini berupa kadar keasaman (alkali) dan kebebasan suatu larutan atau perairan. pH meter akan menunjukkan nilai pada rentang nilai dibawah 7 dan diatas 7. Nilai pH dibawah 7 menunjukkan larutan bersifat asam, lalu diatas 7 menunjukkan larutan bersifat basa. 

6. Total Suspended Solids (TSS) Meter Monitor

TSS meter monitor adalah alat ukur kualitas yang digunakan untuk mengetahui konsentrasi padatan tersuspensi total dalam larutan atau air yang berasal dari suatu perairan. Kadar total suspended solids (TSS) merupakan residu dari padatan total yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel maksimal 2 mikrometer. 

TSS terdiri dari unsur lumpur, logam oksida, ganggang, bakteri, jamur dan partikel lain yang berasal dari limbah industri atau rumah tangga. TSS menjadi penyebab air suatu perairan menjadi keruh (turbidity), sehingga visibilitas perairan akan terganggu.

7. Viscometer

Salah satu jenis alat laboratorium ini digunakan untuk mengukur dan mengetahui nilai atau range kekentalan (viskositas) suatu cairan (fluida). Nilai viskositas suatu cairan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti suhu, tekanan, berat dan ukuran molekul, serta zat lainnya.

8. Autoclave

Alat laboratorium ini digunakan untuk mensterilkan alat uji yang sudah digunakan. Sterilisasi ini dilakukan untuk menghilangkan mikroorganisme, virus, bakteri, spora, dan fungi pada alat lab. Proses ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu filtrasi, pemanasan, energi suara, dan penyinaran. Autoclave melakukan proses sterilisasi dalam periode waktu yang berbeda-beda, tergantung pada jenis alatnya.

9. Water Sampler

Sesuai dengan namanya, alat ini digunakan untuk mengambil sampel di suatu perairan dangkal atau dalam. Pada alat terdapat sebuah botol yang disebut horizontal karena letaknya yang turun sejajar dengan bagian bawah. Pengambilan sampel air biasanya digunakan untuk fisik (suhu), biologi (zooplankton), dan kimia (gas, nutrisi, logam)

10. High Volume Air Sampler (HVAS)

HVAS merupakan alat yang digunakan untuk mengambil sampel partikulat di udara ambien yang memiliki fungsi untuk mengambil sampel SPM (Suspended Particulate Matter). Alat laboratorium ini bekerja dengan cara menghisap udara yang mengandung partikel debu melalui kertas filter menggunakan motor putaran kecepatan tinggi. 

Baca juga: PENTINGNYA SALINITAS AIR LAUT BAGI ORGANISME

Distributor Peralatan Laboratorium

Pengujian lingkungan tentu sangat kompleks dan penting bagi berbagai industri serta kelangsungan hidup. Sehingga pada proses pengujian membutuhkan alat laboratorium yang berkualitas dan dapat bekerja dengan baik. Anda bisa mendapatkan peralatan laboratorium terpercaya melalui distributor salah satunya adalah PT. Mitra Katiga Sejahtera

Mitra Katiga Sejahtera merupakan perusahaan swasta nasional yang menjadi distributor serta supplier peralatan laboratorium atau alat general laboratory untuk air dan udara di Jakarta. Disini Anda juga dapat menemukan peralatan untuk kebutuhan laboratorium pendidikan, seperti universitas. Temukan peralatan lab terpercaya dari berbagai merk untuk kualitas terbaik. 


Author

%d bloggers like this: