Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Jerigen plastik merupakan wadah yang umum digunakan untuk bahan bakar, air, dan cairan lainnya. Popularitasnya sudah tinggi sejak tahun 1930 dulu dan sampai sekarang eksistensinya masih bertahan. Tidak heran juga banyak distributor jerigen plastik yang tersebar di Indonesia.

Jerigen plastik (Plastic Jerrycan) merupakan penyimpanan yang sangat populer pada perang dunia II. Kemudian diadaptasi dan didaur ulang oleh insinyur Jerman, Vincenz Grunvogel pada tahun 1937. Terdapat dua jenis yang dikembangkan olehnya tersebut yaitu jeriken baja dan jerigen plastik.

Kenapa Harus Pakai Jerigen Plastik?

Tentu ada alasan tersendiri kenapa banyak orang yang menggunakan jerigen plastik dibandingkan wadah lainnya. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan jerigen plastik.

1. Tahan Lama

Jika dilihat dari bobot jerigen kalah dari jerigen baja, tapi itu tidak menjamin kekuatannya. Jerigen baja sangat rentan terkena korosi dan berkarat jika dibiarkan di tempat sembarangan. Karena biasanya jerigen baja tidak dilapisi dengan anti karat.

Proses korosi ini akan terjadi lebih cepat jika di dalamnya terdapat bahan kimia berbahaya. Jerigen baja yang disimpan di tempat yang berdekatan dengan bahan-bahan kimia juga akan lebih mudah mengalami korosi.

Sementara untuk jerigen plastik memiliki ketahanan yang lebih kuat ketimbang jerigen baja. Selama Anda mengisinya dengan cairan yang sesuai dengan batasan tertentu, jerigen plastik tidak akan pecah maupun bocor.

2. Lebih Murah

Jerigen yang terbuat dari material baja tentu lebih mahal ketimbang jerigen dari bahan dasar plastik. Karena material baja sangat sulit untuk ditemukan dan butuh proses yang cukup lama untuk mengolahnya. Tak heran jika harganya lebih mahal.

Meskipun Anda memutuskan membeli jerigen yang murah, tapi tetap harus mempertahankan kekuatannya. Sehingga akan banyak value yang akan peroleh setelah membelinya.

Kalau Anda ingin membeli jerigen dengan harga yang lebih murah bisa membelinya yang terbuat dari material plastik daur ulang. Tapi Anda harus memeriksanya terlebih dahulu sebelum dahulu. Karena banyak hal yang perlu Anda perhatikan.

Misalnya wadah sudah benar-benar dibersihkan dan disanitasi sebelum akhirnya dijual kembali. Pastikan jerigen harus bersih dan jangan sampai di dalamnya terdapat cairan bahan kimia yang sangat berbahaya.

3. Lebih Ringan

Jerigen akan lebih portabel ketimbang jerigen baja karena bobotnya yang sangat berat. Jerigen bojo yang kosong saja sudah berat, apalagi kalau sudah diisi dengan cairan di dalamnya.

Kenapa bobot jerigen juga sangat penting?

Karena bobot jerigen akan mempengaruhi proses pengangkutan oleh kontainer. Misalnya sebuah truk bisa membawa lebih banyak plastik jerigen yang diisi bensin kteimbang dengan jerigen baja. Karena kalau pakai jerigen baja, bobotnya tentu akan lebih besar lagi.

4. Ramah Lingkungan

Jerigen plastik termasuk wadah cairan yang ramah lingkungan karena Anda bisa mendaur ulangnya. Jadi Anda tidak hanya berhemat uang, tapi juga berkontribusi besar terhadap kesehatan bumi kita.

Perlu Anda ketahui bahwa material plastik itu tidak terbiodegradasi. Semakin banyak plastik yang Anda buang, semakin sedikit limbah yang terbuang ke alam. Oleh sebab itu penggunaan plastik yang didaur ulang bisa mengurangi limbah plastik .

Untuk sekarang ini juga sudah banyak produsen jerigen plastik yang menggunakan plastik bekas. Mereka tidak menggunakan plastik baru dan hanya memanfaatkan plastik lama yang kemudian didaur ulang. Kalau sampai tidak didaur ulang, plastik tidak akan terbiodegradasi di dalam tanah.

Rekomendasi Distributor Jerigen Plastik

Sekarang Anda sudah tahu beberapa alasan kenapa harus menggunakan jerigen plastik ketimbang jerigen yang lainnya. Lalu dimanakah Anda bisa memperoleh wadah cairan ini. Berikut ini adalah beberapa distributor jerigen plastik yang kami rekomendasikan untuk Anda.

1. selatan Jaya Plastik Surabaya

Selatan Jaya Plastik Surabaya merupakan grosir produk plastik rumah seperti furnitur, alat masak, peralatan makan, dan jerigen plastik. Salah satunya perusahaan asal Surabaya ini menjual jerigen plastik dengan volume yang bervariasi.

2. Abadi Utama Glodok

Distributor ini tidak hanya menjual jerigen plastik saja, tapi juga jerigen jenis lainnya. Misalnya adalah jerigen plat dan jerigen galvanis yang sangat kuat terhadap korosi.

Untuk Anda yang berada di Jakarta bisa mendapatkan jerigen plastik dari distributor yang satu ini.

3. UD. SIDO MUMBUL

Sido Mumbul menjual berbagai jerigen plastik non kimia industri dengan pilihan warna putih dan merah. Anda bisa mengisinya dengan minyak, air, atau oli. Untuk ukurannya juga bervariasi mulai dari 2 liter hingga 30 liter.2000

Perusahaan ini juga menjual berbagai jerigen industri berwarna putih susu dan natural dengan kapasitas mulai dari ½ liter hingga 30 kg.

4. PT. Indo Daisun Sakti

Indo Daisun Sakti adalah perusahaan grosir kemasan plastik dan bahan kimia, dengan harga yang terjangkau. Semua bahan kimia dan kemasan plastik yang dijual dengan kualitas baik dan harga murah.

Berikut ini salah satu produk-produk kimia yang dijual:
1. Agrochemicals ( Kimia Agraris/ pertanian)
2. Home and Personal Care Chemicals
3. Industrial Chemicals
4. Water Treatment Chemicals
5. Food and Flavour
6. Parfume and Fixative
7. Masterbatch and Pigment ( pewarna plastic)
8. Plastic Packaging

Baca juga: Jenis Mesin Kopi Untuk Keperluan Bisnis Coffeeshop

Demikianlah ulasan kami kali ini mengenai kenapa Anda harus menggunakan jerigen plastik ketimbang jenis yang lainnya. Untuk memperolehnya Anda bisa membelinya dari distributor jerigen plastik yang kami rekomendasikan di atas.

  • Penulis: Ceccep S
  • Editor: Agus N

Enable Notifications    OK No thanks