Indonetwork, Peralatan Industri – Stainless steel merupakan salah satu jenis logam yang digunakan secara luas untuk berbagai kebutuhan manusia. Stainless steel memiliki beberapa keunggulan dibandingkan logam yang lain karena memiliki material yang tahan lama, tidak berkarat, mudah dibersihkan dan aman terhadap makanan. Stainless steel mempunyai banyak jenis material yang ditandai dengan sebuah kode. Produsen biasanya jual stainless steel 304, 316, 201, 416 dan masih banyak lagi. Kode-kode pada stainless steel inilah yang menunjukkan tingkatan kualitas. Jika Anda cukup jeli, Anda akan menemukan beberapa kode pada peralatan memasak berbahan steinless steel di rumah Anda. Stainless steel 304 banyak digunakan untuk membuat peralatan makan dan memasak karena aman untuk makanan (food grade).

Baca Juga: APAKAH PERALATAN DAPUR STAINLESS STEEL AMAN UNTUK KESEHATAN?

Apa itu Stainless Steel 304?

Stainless steel merupakan stainless steel dengan komposisi 18/8 atau 18/10. Arti kode ini adalah komposisi kandungan kromium dan nikel. Kromium yang ada berfungsi mengikat oksigen di permukaan logam dan melindungi bahan dari proses oksidasi yang dapat menimbulkan karat. Sedangkan nikel berfungsi membuat steinless steel lebih tahan terhadap karat. Semakin banyak kandungan nikel maka semakin besar kemampuan mencegah korosi. Selain itu, kandungan nikel juga memperkokoh stainless steel 304. Material ini dikenal dengan sifat austenitik (non magnetic dan tidak dapat dikeraskan lewat proses pemanasan).

Jenis-jenis Stainless Steel 304

Stainless steel 304 memiliki beberapa turunan yaitu, 304H dan 304L. Tambahan karbon dalam 304H memiliki persentase sebesar 0,04-0,10%. Hal ini menjadikannya memiliki ketahanan yang bagus terhadap suhu tinggi. Sementara kandungan karbon yang terdapat dalam 304L dibatasi dengan prosentase maksimal 0,03% yang dapat mencegah sensitisasi selama proses pengelasan. Sensitisasi merupakan pembentukan karbida kromium di sepanjang batas butir saat material terkena suhu kisaran 480-820 derajat.

Sedangkan pada grade 304 kandungannya karbonnya dibatasi hingga 0,08% sehingga tidak bisa diaplikasikan pada tempat yang memerlukan pengelasan. Dalam pembuatan tangki dan pipa yang tahan karat grade 304L lebih cocok digunakan. Selain itu karena grade 304 memiliki kandungan karbon yang minimum maka tidak ideal jika digunakan pada suhu tinggi dimana kekuatan sangat diperlukan. Untuk itu grade 304H lebih direkomendasikan pada kondisi seperti itu. Oleh karena itu secara umum grade 304 biasanya digunakan untuk pembuatan komponen yang tidak memerlukan proses pengelasan. Sebagai contoh dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang keperluan dapur, peralatan makan dan masak, dan bak cuci atau wastafel yang tidak memerlukan proses pengelasan.

Kelebihan Stainless Steel 304

1. Mudah Dibentuk

Dibanding material lain, grade 304 memiliki formabilitas atau daya bentuk yang baik. Hal ini tentu sangat memudahkan pemanfaatannya di berbagai bidang. Tak heran jika material ini bisa kita temukan dalam berbagai bentuk mulai dari peralatan dapur hingga kamar mandi. Selain mudah dibentuk, grade 304 juga dapat dimanfaatkan melalui proses pengelasan terutama untuk grade 304H yang mempunyai ketahanan yang baik pada suhu tinggi.

2. Tahan Korosi

Dikenal dengan nama lain baja tahan karat, grade 304 memiliki kandungan kromium yang membuat permukaanya tahan terhadap oksidasi yang mengakibatkan karat. Kandungan nikel juga membuat material ini lebih tahan terhadap korosi.

3. Daya Tahan Tinggi

Perpaduan unsur kimia yang membentuk stainless steel 304 menjadikannya memiliki daya tahan yang sangat baik bahkan dalam suhu ekstrem termasuk cryogenic (tempratur yang sangat rendah).

4. Baik untuk Proses Deep Drawing

Deep drawing merupakan proses menufaktur yang rumit untuk membentuk lembaran logam menjadi cangkir, kotak maupun komponeng melengkung yang rumit. Caranya adalah dengan meletakkan lemberan logam ke atas pola kemudian didorong dengan punch hingga membentuk objek yang diinginkan. Grade 304 memiliki kualitas baik yang memudahkan proses deep drawing untuk pembuatan berbagai perabotan.

Baca Juga: KENALI SIFAT DAN DAFTAR HARGA STAINLESS STEEL 304

Manfaat Stainless Steel 304

1. Industri Peralatan Rumah Tangga

Material stainless steel 304 ini banyak dipilih untuk industri pembuatan peralatan rumah tangga. Secara khusus grade 304 ini merupakan paduan yang paling umum digunakan di dunia karena daya tahan terhadap korosi yang sangat baik. Terutama untuk aktivitas yang melibatkan garam dan klorida. Selain itu kandungan nikel, kromium yang ada dalam material ini mampu mengikat oksigen di permukaan peralatan masak dan mencegahnya teroksidasi.

Jual Stainless Steel 304
Sumber: Pixabay.com

2. Bahan pembuatan Baut, Mur dan Sekrup

Baut, mur dan sekrup merupakan komponen yang diperlukan di berbagai sektor industri terutama industri otomotif. Benda kecil ini berfungsi untuk menyatukan dua objek (atau lebih) secara non permanen. Meskipun sifat dasar paduan tipe 304 tidak memiliki sifat magnetik, setelah diolah menjadi baut atau sekrup (dengan proses cold forming dan pemukulan), magnet akan dapat menariknya sedikit meski tidak sekuat besi. Meski begitu bukan berarti paduan 304 Stainless Steel tidak bagus untuk dijadikan baut. Untuk pembuatan peralatan masak hingga mesin yang memiliki risiko berkarat tinggi, mur, sekrup dan baut dari paduan ini sangat cocok digunakan.

Stainless Steel 304 Murah
Sumber: Pixabay.com

3. Sistem Perpipaan

Stainless Steel 304 cocok digunakan untuk membuat pipa bagi kebutuhan dekoratif maupun sanitary.  Untuk tujuan dekorasi, pipa ini diaplikasikan pada konstruksi pagar, pintu gerbang, pegangan tangga hingga peralatan rumah tangga lainnya. Selain tahan lama, tampilan permukaannya pun cukup menarik meski tidak dicat. Sedangkan untuk tujuan sanitary, pipa dari material ini dibuat khusus untuk industri pengolahan makanan yang berstandar IAFP (International Association for Food Protection). Pipa ini digunakan untuk proses produksi bir, susu, anggur, berbagai jenis minuman, pembuatan obat-obatan dan industri lain yang memerlukan tingkat higienitas tinggi.

Stainless Steel 304 Murah
Sumber: Pixabay.com

4. Bahan Perlengkapan Medis dan Laboratorium

Selain industri yang sudah disebutkan di atas, stainless steel 304 juga dapat digunakan untuk keperluan pembuatan perlengkapan medis. Beberapa contohnya seperti desinfeksi tray (untuk bedah gigi), kawat mesh dan pinset. Perlengkapan laboratorium mulai dari meja bedah, wastafel untuk mencuci tangan hingga meja kerja histopatologi juga dibuat dengan menggunakan paduan Stainless Steel 304.

Kegunaan Stainless Steel 304
Sumber: Pixabay.com

Distributor Jual Stainless Steel 304

Bagi Anda yang sedang mencari Stainless Steel 304 dengan kualitas terbaik untuk keperluan industri atau rumah tangga, Anda bisa mendapatkannya di PT. Sinar Djaja LKS. Selain jual stainless steel 304 perusahaan tersebut juga menyediakan perlengkapan besi dan baja seperti: Alloy Steel, Carbon Steel, dan Mild Steel. Perusahaan ini telah memperoleh kepercayaan dari pelanggan dari seluruh Indonesia karena harga dan kualitas terbaik produknya.

Author

Enable Notifications OK No thanks