Indonetwork.co.id (Bekasi) – Sebagai distributor besi beton, baja, baja ringan dan tools beserta aksesorisnya, perusahaan satu ini punya cara yang patut dicermati.

Berusaha menanamkan kejujuran serta senantiasa mengedepankan kepuasan pelanggannya jadi pondasi bisnis yang selalu dipertahankan. Meski terkesan melawan arus, sang pemilik justru yakin bisnisnya itu akan terus langgeng hingga masa mendatang.

“Unit usaha ini saya kembangkan sejak tahun 2008, tepatnya di bulan Agustus. Awalnya kami hanya menjual besi beton. Seiring waktu berjalan, kami coba memasarkan jenis besi dan baja lainnya,” ungkap Donny Wardhana, Director PT. Hijrah Insan Karima (membawahi brand Hi Steel).

“Apalagi dengan berganti nama menjadi Hi Steel pada tahun 2012, konsumen yang dulu hanya retail dan kontraktor kini telah meluas. Bahkan hingga saat ini, kami sudah memiliki tujuh cabang yaitu Bekasi, Pamulang, Jatiwaringin, Bogor, Karawang, Cirebon dan Surabaya,” ucapnya.

Menurut Donny, ceruk bisnis di sektor bahan bangunan cukup menjanjikan, karena pangsa pasarnya tidak hanya konsumen retail tapi juga mencakup ke semua segmen yang lebih luas.

“Hi Steel mempunyai visi menjadi pusat penjualan besi, beton, baja, baja ringan dan tools yang kuat dan berkomitmen di Nusantara (Company with Strength and Commitment). Di pasar material building khususnya di dunia besi dan sejenisnya, kami memiliki posisi yang beda. Tidak hanya sebatas menjual, tapi konsumen senantiasa kami edukasi. Dengan begitu, mereka dapat memanfaatkan produk tersebut sesuai fungsi,” papar Donny.

Dengan positioning yang kuat, membawa Hi Steel menjadi distributor beberapa produsen ternama. Pangsa pasarnya pun kini meluas, dari retail, kontraktor, aplikator, dan developer. Kini Hi Steel mampu menjadi distributor ke toko bahan bangunan.

Berikan Pelayanan Terbaik
“Semua cabang kami memiliki standar pelayanan yang sama. Seperti melayani konsultasi kebutuhan barang sebelum membeli, ukuran barang kami yang real, harga kompetitif dan melayani pengiriman ke seluruh Nusantara. Kami ingin senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik. Agar konsumen bisa merekomendasikan Hi Steel sebagai supplier besi beton, baja, baja ringan, dan tools beserta aksesorisnya,” ucapnya.

Tak hanya itu, produk lain yang juga dipasarkan diantaranya adalah cakar ayam, kolom struktur, ring balok, sloop untuk konstruksi rumah dan bangunan bertingkat merupakan turunan besi beton.

“Bersyukur, karena Hi Steel sudah mulai dikenal oleh pasar, bahkan kami pernah mendapatkan pesanan untuk menyediakan struktur bantalan lintasan kereta api,” ujar Donny.

Untuk produk turunan baja ringan, Hi Steel menyediakan atap spandek atau atap Zincalume, floor deck, reng, aluminium foil, hollow, list plang, termasuk gipsum dan lain-lain. “Kami berharap Hi Steel jadi one stop shoping buat konsumen,” harapnya.

Dalam melengkapi kebutuhan struktur konstruksi dipasaran, pihaknya juga menjual baja berat, membidik pangsa pasar pabrik, gudang ataupun jenis bangunan lainnya.

Bahkan untuk membangun kepuasan konsumen, Donny menerapkan garansi uang kembali bila barang yang dipesan tidak sesuai. Tentunya ada batas waktu yang diberikan untuk mendapatkan garansi tersebut.

Berusaha Jadi Partner Bisnis yang Dipercaya
“Untuk saat ini, kami masih fokus pada penjualan produk untuk kebutuhan struktur konstruksi. Tapi tidak menutup kemungkinan, kami bisa menjadi penghubung bagi mereka yang membutuhkan jasa pembangunan. Sebab, kami memiliki rekanan yang bisa dipercaya seperti arsitek, aplikator, kontraktor dan developer,” urai Donny.

Menurutnya, ini bentuk simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, bisa bersinergi sekaligus memberikan manfaat bagi konsumen dan rekanan. Secara tidak langsung, kami berusaha memposisikan sebagai konsultan, memberikan edukasi secara gratis dalam hal pemaparan detail tentang produk.

Dengan begitu, cara tersebut jadi selling point bagi Hi Steel selaku penyedia produk. Besar harapannya, Hi Steel bisa dijadikan rekomendasi yang positif oleh konsumen.

“Karena jenis usaha ini sudah berbadan hukum, Alhamdulillah banyak perusahaan yang ingin menggandeng kami sebagai mitra,” ucap Donny.

Menurutnya, untuk membangun sebuah usaha jangan hanya menggunakan harga sebagai selling point. Bentuklah dengan kejujuran, pelayanan dan komitmen. Jadi, harga justru akan membentuk persaingan.

“Bila harga kompetitif dengan balutan pelayanan nan maksimal, bisnis akan berjalan lancar. Karena itu, kami berkomitmen dengan memberikan pelayanan terbaik. Berapa pun nilai transaksinya, Hi Steel akan melayani konsumennya dengan baik,” imbuh Donny.

Jika sebelumnya hanya mendominasi pasar Jabodetabek. Kini, pemasaran produknya itu sudah menjangkau sampai ke pelosok nusantara, bahkan hingga Papua. “Biasanya konsumen kami punya proyek di berbagai kota. Karena merasa nyaman, mereka membawa produk kami ke proyeknya,” pungkasnya.

Memasuki era digital, pemasaran juga dilakukan dengan strategi online. “Kini, kami memiliki website yang sedang dikembangkan untuk mempermudah konsumen mendapatkan produk,” jelas Donny.

“Hi Steel sedang dikembangkan menjadi ecommerce untuk memudahkan konsumen di tanah air. Kami telah mempersiapkan diri menjadi perusahaan yang nantinya ada di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Bidik Pangsa Pasar Digital
“Orientasi kami saat ini membidik pangsa pasar digital. Dengan begitu, kami bisa memperluas jangkauan pemasaran. Untuk pasar digital, kami sudah memiliki website dengan alamat www.histeel.co.id, kami juga ada di beberapa direktori online dan marketplace ternama Indonesia,” tegas Donny.

Guna mempermudah customer dalam melakukan pembelian online, website Hi Steel dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni. Dengan fitur-fitur tersebut diharapkan dapat mempermudah customer dalam melakukan pembelian online.

“Selain fitur yang bagus, website kami menjadi anggota resmi idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia), dengan menjadi anggota asosiasi ini, Hi Steel menjadi salah satu pioneer website E-Commerce besi beton di Indonesia,” urainya.

Tanamkan Kejujuran
“Hi Steel berupaya menjaga komitmen tidak hanya kepada konsumen tapi juga kepihak vendor. Kami berusaha menanamkan kejujuran untuk membangun usaha ini menjadi langgeng,” kata Donny.

“Kejujuran adalah hal yang mesti diterapkan, kami ingin bisnis ini berkah dan tidak hanya bertahan sesaat. Karenanya, jujur itu penting dan modal utama buat kami,” pungkasnya.

Dengan menanamkan kejujuran, Hi Steel bukan lagi dapat dijadikan sebagai referensi para konsumen, Hi Steel juga berkomitmen menciptakan posisi sebagai distributor produk berkualitas.

Untuk saat ini, kami diperkuat oleh lebih dari 140 orang karyawan yang siap membantu Anda dengan jumlah armada khusus. Info lebih lanjut silahkan kunjungi website www.histeel.co.id
Dengan alamat
Jl. Wibawa Mukti No. 69 , Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Phone: (021) 822 7222 (Hunting)
Fax: (021) 8240 5222
Mobile: 0812 8107 1111 / 0878 8300 1500
Email: saleskomsen@histeel.co.id / sales@histeel.co.id