Peralatan Industri, Indonetwork – Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli beko bekas. Salah satunya adalah kualitasnya apakah masih berfungsi secara normal atau tidak.

Sebelum membeli barang-barang bekas tentu saja banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk untuk beli beko bekas. Karena kalau semua hal yang bekas akan punya kualitas yang berbeda dibandingkan dengan yang baru. Jika kualitasnya buruk, tentu tidak bisa digunakan secara optimal.

Bagi sebagian besar orang seperti pengembang, membeli excavator bekas lebih menarik dibandingkan beli yang baru. Salah satu alasannya yaitu harganya yang relatif lebih murah.

Jika Anda memang akan membeli beko bekas, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini akan kami berikan beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli beko bekas. 

1. Sesuaikan Model dan Spesifikasinya

Sebelum membeli excavator, pastikan Anda sudah mengumpulkan banyak informasi mengenai model yang akan Anda beli. Tak hanya itu, spesifikasinya juga harus benar-benar Anda perhatikan dan kalau bisa dicatat.

Ketika Anda akan membeli excavator baik yang baru atau bekas perhatikan apakah modelnya sesuai dengan spesifikasinya. Jika model tersebut tidak sesuai dengan spesifikasinya, Anda harus pertimbangkakn kembali apakah harus beli atau tidak. Apalagi jika barangnya adalah bekas.

2. Perhatikan Merek

Meskipun akan membeli beko bekas, namun Anda juga harus tahu merek terbaik alat berat itu. Semestinya Anda sendiri sudah tahu merek apa yang sudah terkenal dan berkualitas. Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Namun bila Anda yang belum mengenal begitu dalam mengenai beko, kamu bisa pilih merek-merek ini: Komatsu, Kobelco, Caterpillar, Hitachi Zaxis. Kualitas beko dari ketiga merek tersebut memang tidak perlu diragukan lagi meskipun dibeli dalam kondisi bekas.

3. Minta Saran ke Teman yang Ahli

Ketiga ini sangat efektif jika Anda ingin membeli beko bekas namun pengetahuan Anda masih minim. Anda bisa meminta saran ke teman yang memang sudah ahli dengan beko. Jika tidak punya teman, Anda bisa meminta ke orang yang memang ahli.

Kalau bisa Anda jangan hanya bersumber pada satu orang saja, namun beberapa orang. Sehingga Anda akan lebih yakin dengan beko bekas yang nantinya akan Anda beli. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dari mereka yang sudah ahli.

Ketika Anda sudah membelinya nanti, paling tidak Anda akan memperoleh beko bekas yang masih layak digunakan.

Baca Juga: 7 Jenis Excavator yang Biasa Dipakai Pada Berbagai Proyek

4. Coba dulu Sebelum Beli

Jangan terburu-buru sepakat untuk melakukan pembelian, namun Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Anda harus pastikan apakah mesinnya masih normal atau tidak. Untuk testing, Anda bisa membawa rekan Anda yang sudah ahli.

Jalankan excavator itu sesuai dengan fungsinya. Jika masih bisa digunakan dengan baik, maka Anda bisa membelinya. Jangan sampai Anda membeli beko yang sudah tidak bekerja dengan maksimal.

5. Sesuaikan Dengan Budget

Sebaiknya Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu harga yang sesuai dengan model beko. Anda riset terlebih dahulu harga barunya berupa dan harga bekasnya di pasaran berapa. Sehingga Anda bisa mempersiapkan budget tersebut sebelum memutuskan beli.

Jangan sampai Anda belum punya budget yang sesuai ketika sudah deal akan membelinya. Sebelumnya Anda juga perlu negosiasi lebih dalam dengan orang yang menjual hingga diperoleh harga yang ideal. Namun bila berbicara harga tentu akan sesuai dengan kualitas.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli beko bekas. Meskipun statusnya bekas, namun Anda tetap harus memperhatikan kalau alat berat ini masih sesuai dengan fungsinya dan bekerja secara optimal.


Author

%d bloggers like this: