Indonetwork, Peralatan Industri Apakah Anda pernah melihat di atap rumah seseorang terdapat ventilasi menyerupai bentuk kubah? Jika belum tahu, alat tersebut disebut dengan turbin ventilator rumah.

Fungsi turbin ventilator rumah ini kurang lebih sama seperti Exhaust Fan yang terpasang di dinding rumah. Keduanya berfungsi untuk memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah. Sehingga udara di dalam rumah tetap segar dan sehat.

Keuntungan Memakai Turbin Ventilator

Tentu ada alasan tersendiri kenapa banyak orang yang menggunakan turbin ventilator. Padahal kan fungsinya sama seperti Exhaust Fan yang ditempatkan di dalam rumah.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan turbin ventilator yang perlu Anda ketahui.

1. Ramah Lingkungan

Turbin ventilator disimpan di atap rumah berfungsi untuk mengundang angin untuk masuk ke dalam ruangan. Sehingga udara yang masuk benar-benar dari alam.

Selain mengundang angin supaya masuk ke dalam ruangan, udara dari dalam ruangan akan dikeluarkan. Sehingga sirkulasi udara di dalam akan tetap terjaga dan bisa terhindar dari udara yang tidak sehat.

Turbin Ventilator sebagian besar terbuat dari stainless steel (aluminium). Material ini tentu saja sangat kuat terhadap perubahan suhu dan cuaca yang ekstrim. Selma dipasang dengan benar, turbin ventilator juga kuat terhadap angin kencang.

2. Menjaga Kelembaban Udara Dalam Ruangan

Masalah udara yang terjadi di dalam rumah Anda bisa diminimalisir dengan menggunakan turbin ventilator. Karena sirkulasi tetap berjalan dengan baik, di dalam rumah tidak akan pengap atau panas yang sangat mengganggu kenyamanan.

Menggunakan turbin ventilator juga akan membuat kelembaban udara di dalam rumah Anda akan tetap terjaga.

3. Hemat Listrik

Berbeda dengan exhaust fan ataupun AC, turbin ventilator tidak menggunakan energi listrik untuk mensirkulasikan udara. Karena tidak menggunakan listrik, Anda bisa menggunakan turbin ventilator selama 24 jam non stop.

Tapi sayangnya turbin ventilator ini kurang efektif jika rumah Anda berada di daerah yang padat atau tidak ada angin sama sekali. Karena turbin ventilator tidak akan bekerja dengan maksimal. Turbin ventilator akan bekerja jika terdapat angin.

4. Cara Pasang Turbin Ventilator Rumah

Sebenarnya pemasangan turbin ventilator tidak harus di tengah atap. Anda bisa memasangnya di pinggir atau sisi atap lainnya. Tapi tetap saja Anda tidak bisa memasangnya sembarangan.

Anda tetap harus mengacu pada kerangka atap kemudian diikat dengan sekrup supaya tetap kokoh. Pastikan sekrup terpasang dengan benar supaya turbin ventilator tetap kokoh berdiri ketika ada angin kencang.

Cara Kerja Turbin Ventilator Rumah

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, turbin ventilator bekerja sesuai dengan hembusan angin. Turbin akan tetap berputar meskipun hanya berada dalam angin yang lemah.

Jika berada dalam kondisi angin yang kencang, turbin akan tetap bertahan dan akan berputar dengan kecepatan tinggi. Hal itu disebabkan karena terdapatnya perbedaan tekanan udara yang terjadi di dalam dan luar ruangan.

Turbin ventilator memiliki prinsip kerja seperti thermosiphon dimana alat ini akan selalu berputar untuk menghisap udara panas di dalam ruangan. Turbin akan tetap berputar sesuai dengan tekanan dan aliran udara panas yang berasal dari dalam rumah.

Dengan begitu, sirkulasi udara di dalam rumah akan tetap baik meskipun dalam suhu cuaca yang tidak normal. Tetapi jika sesudah menggunakan ventilator tetap suasana di dalam rumah masih panas, Anda harus memberikan buangan angin yang memadai.

Ukuran turbin ventilator sangat erat kaitannya dengan daya hisapnya. Semakin besar ukurannya, semakin besar angin yang akan masuk dan keluar melalui turbin ventilator.

Ukuran turbin ventilator sangat bervariasi mulai dari ukuran 18 inci, 24 inch, 30 inch, 36 inch, hingga 42 inch. Semakin besar ukurannya, semakin mahal harga yang ditawarkannya.

Rekomendasi Toko Turbin Ventilator

1. PT. SEMERU INTI SUKSES

PT Semeru Inti Sukses menjadi toko pertama yang kami rekomendasikan untuk membeli turbin ventilator. Karena toko ini sudah berdiri sejak tahun 2008 silam, sehingga jam terbangnya dalam industri projek ventilasi sudah sangat lama.

Perusahaan ini tidak hanya menjual turbin ventilator saja, tapi juga peralatan ventilasi lainnya seperti kipas angin, AC, dan exhaust fan. Ukuran turbin ventilator yang tersedia di perusahaan ini juga beragam dan terbuat dari dua jenis material yaitu stainless dan alumunium.

2. PT. DENKO WAHANA SAKTI

Sama seperti PT Semeru Inti Sukses, PT Denko Wahana Sakti juga sudah berdiri sejak lama, tepatnya pada tahun 1992 lalu. Perusahaan ini bergerak di bidang turbin ventilator, Castor Wheel, dan produk material handling.

Untuk Anda yang berada di kawasan Semarang, Jawa Tengah bisa membeli Turbin Ventilator di Denko. Untuk harga turbin ventilator yang tersedia disini juga sangat beragam.

3. PT. DUA PUTRA PETIR

Perusahaan asal Surabaya ini tidak hanya bergerak di bidang alat konstruksi saja, tapi juga turbin ventilator rumah. Harga turbin yang ditawarkan disini juga sangat bervariasi tergantung dengan ukuran dan bahan yang diinginkan.

TURBIN_VENTILATOR

Demikianlah ulasan kami tentang turbin ventilator rumah yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin menggunakan ventilator dengan yang hemat listrik, tidak bising, dan mura tentu saja turbin ventilator adalah solusinya.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus N