Indonetwork.co.id (Balikpapan) – Sebagai pintu gerbang provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan merupakan salah satu kota berpopulasi terpadat di pulau Kalimantan. Walaupun bukan ibu kota, Balikpapan memiliki penduduk lebih dari 700.000 jiwa. Tak hanya itu, kota satu ini juga dilengkapi bandara internasional dan pelabuhan laut.

Sebagai direktori bisnis online dan UKM terbesar di Indonesia, tentunya Indonetwork memiliki tantangan baru untuk memperluas jangkauan bisnisnya di kota tersebut.

Baca juga: Roadshow Perdana E2E Commerce Indonesia Hari Ini Digelar di Bandung

“Geliat bisnis di kota Balikpapan masih ditopang oleh sektor industri migas dan pertambangan juga pariwisata. Bukan itu saja, di sektor UKM pun mulai menjamur produk handycraft seperti cindramata dan kuliner,” Ungkap Herry Prabowo, Agency Manager Balikpapan.

Menurutnya, infrastruktur yang semakin membaik menjadi faktor utama bergairahnya sektor bisnis di kota tersebut. Penyelesaian infrastruktur diharapkan mampu menghubungkan ibu kota Samarinda dengan kota lainnya. Dengan demikian, sektor industri perdagangan, pertambangan akan semakin terdongrak.

“Semoga dengan hadirnya Indonetwork di Balikpapan, para pengusaha baik di skala UKM maupun industri, bisa terbantu pemasarannya secara online. Mereka memiliki akses yang mudah dalam mempromosikan produknya,” papar Herry.

herry prabowo

“Kami melihat, selama ini masih terkendala dalam memasarkannya terutama para UMKM yang selama ini belum melek teknologi internet. Mereka belum memaksimalkan memanfaatkan media online untuk pemasarannya,” terang Herry.

Baca juga: Perluas Jaringan, Indonetwork Siap Buka Agency di Berbagai Kota

Lebih lanjut Herry mengatakan, bagi para pengusaha, banyaknya media online baik ecommerce maupun sosial media hanya sebatas promosinya bukan sebagai market place pilihan yang tepat.

“Banyak pengusaha di Balikpapan memiliki website profesional, tapi mereka belum menatanya dengan baik. Karena itu, Indonetwork diharapkan dapat membantu mereka memaksimalkan websitenya,” pungkas Herry.

“Saya akan memperbanyak promosi baik offline maupun online, salah satu caranya dengan bergabung dikomunitas pengusaha yang ada di Kalimantan, menjalin networking, agar mereka bisa bergabung menjadi member Indonetwork,” ujarnya.

“Kami berharap, dengan bergabungnya Herry Prabowo sebagai Agency di wilayah Balikpapan, pengembangan bisnis Indonetwork menjadi lebih luas,” ucap Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork.

Menurut Meddy, selain membantu pelaku usaha memasarkan produknya secara online, strategi ini dilakukan untuk menjangkau mereka (member Indonetwork) jadi lebih dekat.

“Langkah ini salah satu cara untuk memperluas jaringan bisnis Indonetwork menjadi lebih baik sebagai market place online B2B terbesar di Indonesia,” urainya.

Dedy Mulyadi