Indonetwork.co.id (Jakarta) – Pertumbuhan perekonomian suatu bangsa dipengaruhi oleh pertumbuhan jumlah wirausahawan (entrepreneur). Kehadiran industri waralaba diharapkan turut berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia antara lain melalui penyerapan tenaga kerja serta ekspansi gerai di berbagai daerah di Indonesia.

Survei terhadap industri waralaba nasional pada 2014 mencatat omzet sebesar Rp172 triliun, yang berasal dari 698 merek waralaba, dimana 63 persennya merupakan peluang usaha. Tenaga kerja langsung yang terserap mencapai sekitar 910.000 orang, belum termasuk jumlah orang lainnya yang mendapatkan manfaat dari industri ini.

Sejalan dengan visi tersebut, Asosiasi Franchise Indonesia bersama dengan Majalah Franchise Indonesia pada tahun ini hendak mengawali rangkaian road show nasional Info Franchise dan Business Concept 2018 (IFBC) menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memilih ragam referensi peluang bisnis (franchise, peluang usaha, distributor, keagenan atau kemitraan) melalui sarana Pameran di 5 kota besar di Indonesia.

Memasuki tahun rangkaian ke-14, road show pameran ini akan hadir di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kembali ke Jakarta. Mengawali rangkaian di Jakarta, IFBC 2018 akan berlangsung pada 9-11 Maret 2018 di Kartika Expo, Balai Kartini, dan merupakan pameran kali ke-143.

Kegiatan pameran ini akan dibuka oleh Ketua Asosiasi Franchise Indonesia, Drs. Anang Sukandar dan Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Pada acara pembukaan pameran Jumat, 9 Maret 2018 akan diadakan acara penghargaan Franchise Start Up Award 2018.

Pameran IFBC akan menghadirkan puluhan usaha dan produk franchise maupun business opportunity, workshop e-commerce, bincang sukses wirausaha kuliner ‘Foodpreneur Speak Up’, bincang bisnis inspiratif, hingga motivasi bisnis. Pameran dibuka untuk umum dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB.

ifbc crowd

Tawarkan Segudang Pilihan Franchise
Franchise dan business opportunity di kegiatan pameran IFBC ini juga menawarkan berbagai peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari Rp 1 juta hingga milyaran rupiah.

Ragam usaha yang dihadirkan antara lain Usaha Retail seperti Indomaret, Lotte Grosir, Socamart, Sadaqo Mart, MesinLaundry.com, Vilovali, PT.Artha Intilestari, dan Golden Telor.

Untuk jenis usaha kuliner yang ditawarkan diantaranya California Fried Chicken (CFC) Indonesia, Es Teler 77, Kebab Turki Babarafi, Warunk Upnormal, Bakmi Naga Resto, Bakso Boedjangan, Sambal Karmila, Fish Wow Cheese Concept, Upnormal Coffee Roaster, WarungMee, Container Kebab, Foresthree, Cake Kekinian.

Lainnya ada Calais Tea, Gotaru Cheese Tea, Dapoer Roti Bakar, Roti Swanish, Ali Ayam Goreng, Pisangku Krezz, Juragan Takoyaki, Serabi Solo D’Java, Tokio Street, Bebek Ireng Cak Bazz, Martabak Ijo, Bakso Desa, Kebab Alibaba, Nakao Thai Drink.

Bahkan sejumlah pilihan kuliner ringan lainnya ada Lailai Thai Tea, Air Minum Biru, Warjak (Warung Jakarta), Tahu Jeletot Taisi, Cobek Pawonku, Roti Gembong, I-Cup Bubble Drink, C’Bezt Fried Chicken, Crispyku Fried Chicken, Ow My Plate, Ramen Akashi, Queen Cee Chizza, dan Bakso Wong Djojo.

Sedangkan jenis usaha perawatan diri dan kesehatan antara lain Babylogy, Royal Garden Spa, Asleigh Ivory Pte Ltd (Singapore), Bali Indah Spa, Elti Clinic, dan Trotra Aesthetic Clinic.

Untuk bidang usaha automotif diantaranya Auto Bridal Indonesia dan Mr.Montir. Pada usaha jasa perjalanan wisata terdapat Fastravel. Usaha agrobisnis: Tambak Udang Vaname, Ednovation (budidaya kerapu), dan Budidaya Ikan Kerapu MWI (PT.Mulya Wisnu Setya).

Penyedia commercial area seperti Jababeka, Kurnia Land, PT.Warna Bangun Persada dan Lippo Cikarang. Jenis usaha pendidikan: Eye Level Indonesia, dan Digikidz, serta berbagai usaha lainnya: PT Pegadaian (Persero), Nusantara Laundry, Tada Network, Crown Horeca, Ramesia Mesin, Verona Microwave, Sarosa Consulting, Diantara Intermedia, dan My Pets (petshop).

Sebagai pendukung Badan POM RI, Bank Central Asia (BCA) Card Solution,  Konsultasi Hak Kekayaan Intelektual serta Konsultan Franchise Sarosa Consulting. Selama pameran tersedia berbagai penawaran menarik, mulai dari bonus saat bermitra, diskon khusus, hingga souvenir di sejumlah stand.

Dedy Mulyadi

Author

Enable Notifications OK No thanks