Category

Panduan

Category

Hadir di Roadshow IFBC Surabaya, Indonetwork Gelar Workshop

Indonetwork.co.id (Surabaya) – Sukses menggelar talkshow di rangkaian Road Show Nasional Info Franchise dan Business Concept 2018 (IFBC) di kota Jakarta dan Bandung, bisnis networking terbesar di Indonesia ini kembali melakukan hal serupa di kota Surabaya. Dalam event tersebut, Indonetwork hadir di Surabaya menggelar workshop, guna mengedukasi para pelaku usaha agar menyelami dunia digital yang tengah menjadi tren. Baca juga: REI Mega Expo 2018 Hadirkan Pilihan Properti Terbaik Dalam workshop itu, direktori bisnis online dan UKM terbesar di Indonesia ini mengupas “Strategi Menjadikan Produk dan Website Ramah Terbaca oleh Mesin Google.” Menurut Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork, tema yang diusung sangatlah tepat di era digital seperti saat ini. “Kami ingin para member aktif yang tergabung di Indonetwork dapat memanfaatkan teknologi digital,” ucapnya. Pada paparannya Meddy mengatakan, dengan kondisi saat ini pelaku usaha sudah selayaknya Go Online. Saatnya pelaku usaha melakukan strategi pemasaran secara online. “Strategi ini dapat dilakukan agar produk…

Bekraf Hubungkan Pelaku Ekraf Dengan Perbankan

Indonetwork.co.id (Pontianak) – Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar business matching perbankan konvensional di Konvensional Kalimantan Ballroom Hotel Aston Pontianak. Business matching merupakan acara untuk meningkatkan akses permodalan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) melalui salah satu sumber pembiayaan yaitu perbankan konvensional untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Guna membantu pelaku usaha soal permodalan dan pembiayaan, Bekraf mengundang Bank Commonwealth, Bank Danamon, Bank Kalbar, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Maybank pada acara tersebut. Baca juga: Furnitur Indonesia Siap Bersaing di Salone del Mobile 2018 “Melalui business matching ini, kami ingin menjembatani para pelaku ekraf di Pontianak dengan perbankan konvensional. Kami harapkan program ini bisa digunakan secara maksimal bukan hanya oleh pelaku ekraf untuk mengakses pembiayaan perbankan, tetapi juga perbankan untuk menyalurkan pembiayaan ke pelaku ekraf,” ungkap Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo. Bekraf bersinergi dengan perbankan konvensional dalam memenuhi kebutuhan permodalan pelaku ekraf. Salah satu kerjasama…

Furnitur Indonesia Siap Bersaing di Salone del Mobile 2018

Indonetwork.co.id (Milan) – Menjangkau pasar eropa, produk furnitur Indonesia hadir dalam gelaran Salone del Mobile 2018. Sejumlah instansi terkait yang partisipasi dalam Paviliun Indonesia “IDentities” dibuka oleh Deputi Pemasaran BEKRAF, Joshua Simandjuntak di Milan. Acara pembukaan dihadiri oleh ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) Milan, ATDAG (Atase Perdagangan), HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia), dan beberapa desainer Indonesia di RHO Fierra, Hall Stand F 30. Baca juga: Kemenperin Pacu Industri Fesyen Muslim Indonesia Jadi Kiblat Dunia “Produk yang kami tampilkan di sini adalah lebih menekankan kekuatan handmade-nya dan style,” kata Joshua. Menurutnya, keahlian handmade Indonesia sudah turun temurun dan sudah banyak barang diproduksi dengan kemampuan tersebut. Dalam gelaran Salone del Mobile kali ini, paviliun Indonesia lebih menekankan pada desain dan style-nya. Oleh sebab itu, paviliun Indonesia tidak hanya menjual produk tetapi juga mempromosikan desainernya. “Ada perbedaan strategi promosi dengan tahun lalu. Bila sebelumnya kami bercampur antara desainer, designer maker, dan manufactur menjadi satu.…

Kemenperin Pacu Industri Fesyen Muslim Indonesia Jadi Kiblat Dunia

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Industri busana muslim terus merangkak naik, seiring semakin luasnya pasar dan meningkatnya jumlah penduduk muslim di dunia. Global Islamic Economy memprediksi pertumbuhan pasar fesyen muslim dunia pada tahun 2020 akan mencapai USD327 miliar. Hal ini sejalan dengan nilai ekspor komoditi fesyen yang juga terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, nilai ekspor produk fesyen Indonesia pada tahun 2017 mencapai USD13,29 miliar meningkat 8,7% dari tahun sebelumnya. Baca juga: MUFFEST Indonesia 2018 Siap Jadi Barometer Trend Muslim Dunia Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM), Gati Wibawaningsih mengatakan, dengan performance tersebut produk fesyen tanah air mampu menguasai 1,6% pasar dunia. “Untuk itu, pencapaian ini tentunya harus digenjot sehingga market share industri fesyen terus meningkat yang tentunya akan memperbesar kontribusi sektor fesyen terhadap perekonomian nasional,” turur Gati pada pembukaan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) di Jakarta Convention Center, Rabu (19/4). Sebagai salah satu negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki…

Ekspor Dan Investasi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Indonetwork.co.id (Batam) – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa, ekspor dan investasi menjadi kunci peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal tersebut disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Pemerintah, Pemerintah daerah, dan Bank Indonesia yang berlangsung di Batam, Provinsi Kepulauan Riau beberapa hari lalu. Baca juga: REI Mega Expo 2018 Hadirkan Pilihan Properti Terbaik Rapat koordinasi yang diselenggarakan Bank Indonesia mengusung tema ‘Pengembangan Industri Berorientasi Ekspor melalui Perluasan Akses Pasar dan Optimalisasi Kawasan Industri’. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinasyah Tuwo, serta para Walikota dan Bupati di Provinsi Kepulauan Riau. “Kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah ekspor dan investasi. APBN merupakan stimulasi,” jelas Mendag menyampaikan kembali arahan Presiden Joko Widodo. Tahun 2018, lanjut Mendag, Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekspor sebesar 11%.…

MUFFEST 2018 Perkuat Ekosistem Industri Fashion Muslim Indonesia

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Selain menampilkan beragam pelaku industri fashion muslim di Indonesia. Ajang bergengsi, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2018 juga menyuguhkan pilihan aksesori pendukung. Ajang kali ini, MUFFEST berkolaborasi dengan Warnatasku, brand yang telah menerapkan konsep sustainable & ethical fashion, menggaungkan kampanye Sustainable & Ethical Fashion. Baca juga: MUFFEST Indonesia 2018 Siap Jadi Barometer Trend Muslim Dunia Dalam kampanye tersebut, Warnatasku memanfaatkan konten lokal seperti kain tenun ikat dari Maumere, Sikka, NTT, dan melakukan pemberdayaan terhadap pengrajin daerah. Selain itu, Warnatasku memasarkan produknya tidak hanya di dalam negeri, namun juga telah merambah ke sejumlah negara. “MUFFEST 2018 akan menghadirkan peningkatan kualitas sehingga dapat menjadi barometer fashion muslim global dan destinasi belanja fashion muslim dunia dalam mewujudkan target Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia,” ucap Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC). “MUFFEST akan semakin gencar mengangkat ragam keunggulan fashion muslim Indonesia khususnya contemporary moslem wear dan tawaran trend fashion muslim…

Majukan Usaha Kreatif, Bekraf Kembangkan Bisma di Surakarta

Indonetwork.co.id (Surakarta) – Guna memajukan perkembangan usaha kreatif, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengembangkan BISMA (Bekraf Information System in Mobile Application), aplikasi informasi kreatif yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk mendaftarkan jenis usaha kreatifnya. Dengan aplikasi ini, para pelaku dapat dengan mudah memperluas jaringannya dan memperoleh kesempatan fasilitasi serta pendukungan dari Bekraf. Baca juga: Bekraf Gandeng Tempo Kembangkan 16 Subsektor Ekonomi Kreatif “Saat ini, sekitar 7.363 pelaku ekonomi kreatif telah bergabung dengan BISMA. Bidang usahanya terdiri dari 16 sub-sektor yang terdaftar di Bekraf,” ungkap Wawan Rusiawan, Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif. Menurut Wawan, BISMA bukan hanya sebagai aplikasi milik pemerintah saja tetapi dapat difungsikan sebagai wahana bersama para pelaku kreatif di Indonesia untuk memajukan perkembangan usahanya. Syarat untuk menjadi peserta BIGGER (BISMA Goes to Get Member) Surakarta harus terdatar terlebih dahulu sebagai pelaku ekonomi kreatif di Website BISMA melalui https://bisma.bekraf.go.id/2018. Lebih lanjut Wawan mengatakan, keberadaan database usaha kreatif sangat penting…

Kemendag Bahas Daya Saing Produk Pertanian di Pasar Global

Indonetwork.co.id (Bogor) – Produk hasil pertanian Indonesia memiliki peluang ekspor yang besar sekaligus tantangan yang besar. Kondisi ini menjadi gagasan utama dalam Seminar Nasional yang diadakan Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan hari Kamis (12/4) di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat. Seminar tersebut mengusung tema ‘Perdagangan Internasional Produk Pertanian: Peluang dan Tantangan’. Baca juga: Kemendag Dukung Kerja Sama Perdagangan dengan Afrika “Melihat situasi perdagangan global saat ini, Kemendag menyadari bahwa peluang ekspor produk-produk pertanian Indonesia masih terbuka lebar dengan permintaan yang terus meningkat. Namun, tantangan perdagangan juga semakin kompleks, apalagi di era ekonomi digital ini,” ucap Kasan, Kepala BPPP. Sebagai contoh, kata Kasan, minyak kelapa sawit dan produk turunannya adalah komoditas pertanian unggulan yang memiliki peluang ekspor. Namun pada saat yang sama, produk tersebut mendapat diskriminasi dari negara-negara tujuan ekspor Indonesia seperti Uni Eropa, Amerika Serikat (AS), dan India. “Permasalahan ini menuntut strategi perdagangan yang komprehensif, baik…

Wow, Produk Indonesia di IAF 2018 Tembus USD502 Juta

Indonetwork.co.id (Nusa Dua, Bali) – Pameran Produk Indonesia yang digelar pada perhelatan Indonesia-Africa Forum 2018 berhasil mencatat transaksi sebesar USD 502,27 juta. Pameran yang berlangsung selama dua hari bersamaan dengan penyelenggaraan IAF 2018 ini dikoordinasi Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan. Pameran digelar pada 10-11 April 2018 di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Nusa Dua, Bali ini menyasar delegasi bisnis dari 54 negara kawasan Afrika. Baca juga: Pemerintah Perjuangkan Akses Pasar Produk Indonesia di Jepang Capaian transaksi ini bukan merupakan bagian dari kesepakatan bisnis sebesar USD 586,56 juta yang diperoleh melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan saat pembukaan IAF 2018. Dengan demikian, maka total perolehan kesepakatan bisnis dan Pameran Produk Indonesia berhasil membukukan USD 1,09 miliar. Produk Indonesia di Minati Pasar Afrika “Pameran Produk Indonesia yang berlangsung selama pelaksanaan IAF 2018 sukses meraih transaksi sebesar USD 502,27 juta. Produk yang banyak diminati adalah produk industri strategis, produk manufaktur, produk…

Indonesia Siap Optimalkan Komoditas Laut Ke Pasar Amerika

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Dengan masuknya kembali produk ekstraksi rumput laut oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) ke dalam daftar pangan organik pada 4 April 2018, langkah tersebut harus mencermati. Mengingat daya saing komoditas laut tetap harus ditingkatkan dari hulu ke hilir. Pasalnya, perkembangan tren pangan organik dunia yang semakin meningkat di sektor industri makanan dan minuman. Direktur Pengamanan Perdagangan Pradnyawati menyampaikan, beberapa langkah yang dapat dilakukan agar karagenan dapat terus masuk dalam daftar produk pangan organik AS pada hasil Sunset Review AS di tahun 2023. Baca juga: Masuk Daftar Pangan Organik AS, Indonesia Kembali Pasok Rumput Laut “Langkah-langkah tersebut, di antaranya melalui pembenahan sektor rumput laut dalam negeri dengan cara mengembangkan bibit kultur jaringan yang berkualitas,” jelas Pradnyawati. Menurutnya, Indonesia harus terus mendorong budidaya rumput laut dan industri olahan rumput laut bersertifikasi organik. Cara tersebut agar produk unggulan itu diakui negara mitra dagang. “Langkah lain yang perlu dilakukan adalah dengan gencar…