Indonetwork, Peralatan Industri – Di era modern ini, kegiatan industri jarang menggunakan tenaga manusia. Sebab, menggunakan tenaga mesin dinilai lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya. Oleh karena itu, hand stacker tentunya sudah tidak asing lagi digunakan di dunia industri terutama di tempat-tempat yang sering dilakukan pengangkatan dan pemindahan barang. Oleh karena itu, di bawah ini telah dicantumkan pilihan lengkap hand stacker mulai dari yang manual hingga elektrik. Tak lupa telah dicantumkan pula rekomendasi jual hand stacker elektrik.

Pengertian Hand Stacker

Hand stacker adalah alat material handling yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Alat yang sering digunakan dalam dunia industri ini sangat efektif karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengolahnya. Selain itu, proses penggunaan alat ini cukup dilakukan oleh satu operator tanpa harus memeras tenaga lagi. Untuk mempermudah proses operasional dalam mengangkat dan memindahkan barang, hand stacker adalah salah satu solusinya. Karena apabila menggunakan tenaga manusia tentunya akan memperlambat operasional perusahaan.

Baca Juga: BUTUH SCISSOR LIFT DAN PERLENGKAPANNYA, DENKO SAKTI PILIHAN PALING TEPAT

Hand stacker memang telah dirancang khusus sebagai alat yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan ekspedisi. Alat ini juga didesain dengan bahan yang kokoh dan memiliki garpu yang bisa diatur lebarnya. Garpu inilah yang akan digunakan sebagai tempat pengangkutan barang. Hand stacker ini biasanya digunakan di pabrik-pabrik yang sering mengangkut kapasitas angkut yang besar. Banyak keuntungan yang didapat dalam menggunakan alat ini. Tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, penggunaan hand stacker untuk memindahkan barang juga dapat menghemat biaya operasional.

Jenis-jenis Hand Stacker

Hand stacker memang telah dirancang khusus sebagai alat yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan ekspedisi. Alat ini juga didesain dengan bahan yang kokoh dan memiliki garpu yang bisa diatur lebarnya. Garpu inilah yang akan digunakan sebagai tempat pengangkutan barang. Hingga saat ini, dalam industri material handling, terdapat berbagai jenis pallet stacker yang dijual. Terbukti, load stacker adalah alternatif berbiaya rendah untuk forklift atau peralatan penanganan industri berat lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis hand stacker, baca penjelasannya di bawah ini:

Baca Juga: 5 KOMPONEN FORKLIFT YANG WAJIB ANDA KETAHUI

1. Hand Stacker Manual

Hand stacker manual beroperasi dengan cara pemompaan manual menggunakan tangan atau kaki saat menggerakkan benda naik turun. Kapasitas barang yang dapat diangkut dengan hand stacker manual dapat mencapai 2 ton dan ketinggian hingga 3 meter. Kelebihan lain dari alat ini adalah dapat mengatur lebar garpu.

Hand Stacker Manual Murah
Sumber: Pinterest.com

Hand stacker manual menggunakan mekanisme kerja hydroluis, yaitu mengubah atau mengontrol energi dari pompa yang digerakkan. Alat ini dinilai lebih sederhana dan praktis karena dapat mengangkat beban dalam kapasitas besar dan dapat digunakan dimana saja. Walaupun pengangkutan dan pemindahan barang dilakukan secara manual, hand stacker ini tetap lebih efektif dibandingkan tenaga manusia. Karena alat ini dapat mengangkat beban yang lebih besar dan lebih tinggi dari kapasitas yang dapat dilakukan oleh tenaga manusia.

2. Hand Stacker Semi Elektrik

Hand stacker semi elektrik ini merupakan alat yang bekerja dengan kombinasi operasi manual dan elektrik. Cara kerjanya masih menggunakan mekanisme hydroluis namun pemompaan dilakukan dengan tenaga baterai. Hand stacker semi elektrik merupakan model pengembangan hand stacker manual. Bedanya, hand stacker semi elektrik ini dapat menaikkan dan menurunkan garpu menggunakan energi baterai. Sedangkan transfer masih dilakukan secara manual.

Hand Stacker Semi Elektrik
Sumber: Indiamart.com

Beban yang dapat dipindahkan oleh hand stacker semi elektrik ini mencapai 2 ton dan tinggi hingga 3,5 meter. Meski pemindahan barang masih dilakukan secara manual, namun performanya lebih cepat teratasi karena dilengkapi dengan baterai. Menggunakan hand stacker semi elektrik untuk mengangkat atau memindahkan barang dapat menghemat lebih banyak waktu dan biaya operasional. Alat ini cocok digunakan di gudang, pabrik, atau toko yang melakukan pengangkatan barang berkapasitas besar.

3. Hand Stacker Elektrik

Dalam penggunaannya, hand stacker elektrik dilakukan dengan baterai atau tenaga listrik penuh. Alat ini merupakan pelengkap dari hand stacker lainnya dan diyakini lebih sederhana karena pengoperasiannya sepenuhnya elektrik. Anda dapat mengoperasikan hand stacker elektrik hanya dengan menekan tombol pada sistem kontrol sehingga hand stacker dapat bekerja mengangkat dan memindahkan barang secara otomatis.

Jual Hand Stacker Elektrik
Sumber: PT Denko Wahana Sakti

Hand stacker ini memiliki kapasitas angkat hingga 1,5 ton dan tinggi 5 meter. Keunggulan lain yang dimiliki alat ini adalah tidak menimbulkan suara bising meskipun bekerja sepenuhnya secara elektrik. Hand stacker elektrik juga bekerja lebih cepat dan efektif serta dapat digunakan di mana saja. Alat ini banyak digunakan di industri seperti pabrik, gudang, pertokoan, dan tempat lainnya. Hand stacker elektrik ini merupakan jenis hand stacker paling modern namun tetap menghemat biaya operasional.

Rekomendasi Jual Hand Stacker Elektrik

Itulah jenis-jenis hand stacker yang banyak dijual di pasaran dan sering digunakan oleh industri. Untuk jenis hand stacker yang dipilih harus disesuaikan dengan penggunaan dan mampu menyelesaikan permasalahan operasional. Apabila yang Anda butuhkan adalah jenis terakhir, PT. Denko Wahana Sakti merupakan distributor jual hand stacker elektrik. Perusahaan yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut menyediakan hand stacker elektrik PS1316 merek Noblelift standart Eropa dengan menggunakan sistem hidraulik. Produk tersebut dilengkapi dengan garansi service mesin dan hidraulik selama 1 tahun. Tidak hanya itu, distributor peralatan industri tersebut juga menyediakan Forklift, Reach Truck, Lift table, Roda Caster, Tangga electrik, Boom Lift, Turbin ventilasi, Roff fan, Drum porter, dan lain-lain dalam berbagai merek seperti Nobelift, Dalton, Nansin, Triple’S, Pre Star, dan OPK dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.


Author

%d bloggers like this: