Indonetwork.co.id (Jakarta) – Produk satu ini merupakan karya anak bangsa yang patut diacungi jempol. Selain bisa bersaing dengan produk import, material yang digunakan memiliki standar internasional.

Sebut saja Altrand, vibration isolation and noise control. Produk satu ini memiliki fungsi utama sebagai peredam getar. Biasanya digunakan untuk meredam getaran mesin berskala besar di bangunan tinggi ataupun pabrik. Misalnya saja peredam genset, Chiller-AC central, pompa dan lain-lain.

Baca juga: Berdayakan Industri Logam Pemerintah Sarankan Penggunaan Produk Lokal

“Kami menyebut alat ini sebagai anti vibrasi. Selain mampu meredam getar, kegunaannya juga mampu mengontrol kebisingan dari suara yang dihasilkan mesin,” jelas Sugiyono, Sales and Marketing Director CV. ProTech Service Indonesia.

Menurut Sugiyono, pengguna alat tersebut kebanyakan dibutuhkan para kontraktor gedung yang membidangi elemen mechanical electrical (ME) dan genset.

“Alat ini merupakan karya anak Indonesia yang tak kalah dengan produk asing. Kekuatan dan materialnya bisa disejajarkan. Harganya pun relatif terjangkau,” paparnya.

Jenis yang dimiliki terdiri dari satu per (single) hingga tujuh per. Produk single (open spring mounting type XL) beban maksimalnya mulai dari 35kg hingga 550kg.

altrand-dedy mulyadi-indonetwork-dok2

Sedangkan untuk produk double (house spring mountings type CE- 2&4) bebannya mulai 400kg-2.500kg. Lain halnya dengan produk (house spring mountings type CE-7) beban maksimal yang ditawarkan mulai 1.400kg hingga 4.375kg.

Umumnya produk ini dipakai pada tumpuan AC central, genset dan mesin besar lain yang menghasilkan getaran dan suara, terutama pada bangunan tinggi seperti mall, perkantoran, exhibition hall , industry dan lainnya.

Selain beberapa tipe di atas, Sugiyono juga menawarkan produk pelengkap yaitu hanger bertipe SHS dan SH. Jenis ini digunakan untuk meredam mesin yang berada menggantung, misalnya seperti knalpot genset atau fan. Kekuatan bebannya mulai 10kg-550kg.

Karya Anak Bangsa Berstandar Internasional

“Produk ini mulai dikembangkan sejak 20 tahun lalu, kebanyakan customer yang menggunakan produk ini adalah kontraktor (ME) dan genset. Workshop kami berada  Jakarta Barat,” paparnya.

Menurut Sugiyono, pangsa pasar produk ini menjanjikan, gedung bertingkat yang menjamur jadi pangsa utamanya. Mereka membutuhkan produk yang berkaitan dengan mechanical dan electrical.

Tak hanya gedung tinggi, bangunan seperti ruko yang menggunakan genset pun disarankan untuk memakai produk ini. “Kalau tidak ada peredam getar, strukturnya akan terganggu, bahkan bisa retak. Begitu pun mesinnya, jika tidak menggunakan peredam, mesin itu akan mudah rusak, karena adanya gaya aksi reaksi, ” jelasnya detail.

Untuk itu, pihaknya coba mengedukasi produk tersebut dalam berbagai hal. Perlu diketahui bahwa, selain berstandar internasional, teknologi yang dikembangkan pun up to date.

Jika dibandingkan produk sejenis, Altrand juga telah memenuhi standar kebutuhan bangunan tinggi, teruji dalam beragam kualifikasi test berstandar nasional dan internasional. Begitu pun pemilihan materialnya.

Harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Kisaran mulai Rp300 ribuan hingga Rp7 jutaan. Produk tersebut bergaransi, jangkauan pasarnya pun dari Sabang sampai Merauke.

“Harapan saya, produk ini bisa diterima tidak hanya di pasar dalam negeri tapi juga di mancanegara. Kami tawarkan produk berkualitas ini dengan harga terjangkau,” ujarnya.

Strong point kami, untuk semua tipe ready stock. Berapa pun jumlah permintaannya, kami berani siapkan dengan cepat. Dengan kebutuhan mendesak, produk ini mampu menghemat biaya dan waktu,” tegas Sugiyono tersenyum.

Menurutnya, dukungan Pemerintah diharapkan bisa membuka pandangan bahwa, ada produk dalam negeri berkualitas terbaik. Kami juga mendukung program Pemerintah yang konsen pada penekanan produk nasional.

“Artinya, ini merupakan satu pilihan utama untuk produk lokal yang kedepan bisa mendunia,” tegas Sugiyono.

Dedy Mulyadi