Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk menjadi yang terbaik, banyak hal yang dilakukan termasuk inovasi yang tak henti. Selain menawarkan kualitas, jasa percetakan satu ini juga menyuguhkan pelayanan nan maksimal.

  • brosur

PrimaGraphia berdiri sejak 22 Maret 2008 silam. Jasa yang ditawarkan bergerak di bidang retail digital printing. Untuk memperkuat lini bisnisnya itu, sembilan cabang telah tersebar di berbagai wilayah. Di Jakarta saja ada lima outlet, sedangkan di Kalibaru ada empat. Di Ciputat, Jatinegara dan Bekasi masing-masing berdiri satu outlet.

“Tak hanya di Jakarta, kami juga memiliki cabang di Pekalongan Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur,” ungkap Irmawati, Manager Marketing PrimaGraphia.

Untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, pihak melengkapi bisnis baru berupa eCommerce bernama primagraphia.co.id. Retail online itu baru berjalan dua tahun.

“Awalnya kami hanya melayani jasa cetak dalam dimensi kecil. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, kami melengkapinya dengan mesin yang canggih dan mumpuni,” ujar Irma.

Jika dibanding digital printing lainnya, PrimaPraphia lebih unggul karena diperkuat oleh mesin jenis Indigo 10.000, yang belum dimiliki kompetitor.

Jenis mesin tersebut di Indonesia dan bahkan di Asia hanya ada tiga yang memiliki, satu diantaranya adalah PrimaGraphia. Mesin itu mampu mencetak kertas dalam ukuran B2 (51x73cm), dengan kecepatan cetak yang cepat.

Pihaknya juga melengkapi mesin yang mampu mencetak large format khusus outdoor dan indoor. Termasuk mesin latex dan cutting laser. Artinya, PrimaGraphia sanggup melayani semua jenis percetakan, tidak hanya cetak large format dan digital.

“Kami fokus pada pengembangan produk digital printing termasuk ke dunia kreatif. Dengan tagline Print Everything, kami ingin melayani segala hal kebutuhan printing (promosi konsumen),” kupas Irma.

Suguhkan Pelayanan 24 Jam dan Terapkan Metode Membership
Bahkan, salah satu storenya siap membantu selama 24 jam non stop. Selain telah melakukan ekspansi ke sembilan cabang, PrimaGraphia mendongkrak strategi pemasarannya melalui kampanye yang lebih kreatif.

Keunggulan lain yang dimiliki diantaranya adalah menerapkan kartu klik. Metode membership yang menawarkan kemudahan untuk cara pembayaran. Dengan memiliki kartu ini, konsumen diberikan diskon khusus.

“Para membership PrimaGraphia bisa melakukan top up minimal Rp100.000 dan bisa transaksi di semua outlet secara offline maupun online melalui Primagraphia.co.id. Bukan itu saja, konsumen juga berhak mendapatkan potongan harga sesuai ketentuan yang diberikan,” tutur Irma.

Model pelayanan khusus yang diberikan ini cukup efektif. Hingga kini, member PrimaGraphia tercatat telah mencapai 12.000 member dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Selain pelayanan, keunggulan lain yang menjadi pembeda paling utama bagi PrimaGraphia adalah kapasitas yang besar. “Tak hanya kualitas, kami juga menawarkan kecepatan, pelayanan serta harga yang kompetitif,” tegas Irma.

Irma mengatakan, untuk memenuhi semua kebutuhan konsumennya PrimaGraphia selalu mensupport semua outlet. Artinya jika ada kebutuhan khusus, pihaknya akan membantu.

“Kalau dulu mungkin hanya cetak spanduk, sekarang ini mereka justru lebih kreatif. Semua bisa dituangkan dalam cetakan yang diinginkan. Misalnya kartu ucapan ulang tahun yang jumlahnya sedikit dan custom, kami siap membantu,” ucapnya tersenyum.

“Apapun yang sifatnya personalize kami siap melayani. Walaupun mencetaknya hanya satu buah, PrimaGraphia bisa membantu mewujudkannya. Lebih efisien dan low budget, hasilnya pun memuaskan,” urai Irma.

Untuk menarik minat konsumen pihaknya kerap melakukan promo khusus. Dalam satu bulan minimal ada dua promo yang diluncurkan. Bulan Maret misalnya, PrimaGraphia mengkampanyekan promo “PrimaGraphia bagi-bagi Emas dengan total 1Kg dan diundi setiap bulan.”

Hanya bertransaksi hanya Rp10.000 mereka mendapatkan satu nomer undian dan berlaku kelipatan. Dengan begitu, mereka berpeluang mendapatkan hadiah emas.

“Kami juga meluncurkan diskon 15% buat membership kartu klik, promo tersebut lumayan sukses. Selain unik, gimmick tersebut nyatanya mampu menggaet calon konsumen. Lewat strategi itu, membership kami meningkat. Di bulan Maret kami cetak 1.000 kartu click dan terjual habis,” ungkap Irma.

Utamakan Kualitas
PrimaGraphia sendiri memiliki lima pilar pondasi untuk meningkatkan kesuksesannya. Selain kecepatan, mesin pendukung, sumber daya yang kompeten dan harga nan kompetitif, PrimaGraphia diperkuat pula oleh pelayanan yang dibentuk secara profesional.

“Para karyawan kami memiliki standar operasional dan mengedepankan tak hanya kualitas tapi pelayanan yang optimal. Kami juga melakukan pengembangan produk. Cara ini tentu menjadi sesuatu yang berbeda dari lainnya,” papar Irma.

“Bulan ini kami mengeluarkan produk baru, cetak kulit imitasi hanya Rp80.000 permeter. Konsumen bisa menuangkan gambar apapun diatas bahan kulit itu untuk jok motor, mobil dan sofa mereka. Tintanya pun tahan lama,” terangnya.

“Khusus di bulan April, PrimaGraphia ada pengembangan produk khusus di mesin Indigo 10.000 untuk cetak hand bag, amplop, brosur lipat. Bisa buat sedikit dan harganya pun murah,” katakan Irma.

Perlu diketahui bahwa, mesin-mesin cetak yang diadopsi memiliki kualitas terbaik di kelasnya. PrimaGraphia berusaha memberikan pelayan maksimal termasuk kualitas terbaik.

“Banyak kebutuhan promosi yang bisa dilakukan secara cepat, mulai pop up table, hingga permintaan mencetak buku dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat. Kami berusaha menjadi yang terdepan di dunia digital printing,” tegaskan Irma kembali.

Dedy Mulyadi