Indonetwork.co.id (Jakarta) – Bagi pria satu ini, bidang usaha yang dijalani hingga kini cukup menjanjikan. Namun untuk bisa menekuninya, jenis usaha seperti ini butuh keuletan dan kegigihan khusus.

Ya, sebelum menekuni bisnis souvenir, pria satu ini sempat bekerja di sebuah perusahaan lain. Agar bisa lebih mandiri, akhirnya ia memilih membuka usaha Souvenir.

“Bisnis souvenir ini telah saya jalani sejak tahun 2006. Bersyukur hingga kini, bisnis tersebut bisa berkembang pesat,” ungkap Arasi, pemilik CV. Souvenir Online.

Beragam jenis souvenir yang diproduksi diantaranya bross, dompet, dompet STNK, flashdisk berlogo, gelas, handuk, gantungan kunci, gunting kuku, goody bag non woven (spunbond), kipas Undangan dan tas spunbond press.

Bukan hanya itu, pihaknya juga memproduksi tempat tissue, mug keramik, mug kaca, jam dinding promosi, kaos, hantaran, drinkware, payung promosi, topi, sandal hotel dan lainnya.

PAYUNG 12 (2) copy

Jenis souvenir yang laris pemesanan adalah goody bag, mug, pulpen, dan semua perlengkapan hotel, termasuk produk import seperti tumbler serta jenis lainnya.

pulpen

Mug yang kami produksi terbagi dua jenis yaitu berbahan kaca dan keramik. Produk tersebut memiliki 30 jenis yang bisa sablon atau di cetak dengan logo. Secara keseluruhannya, ada ribuan produk yang kami tawarkan dalam katalog,” tutur Arasi.

Dirinya juga menerima custom seperti tas, mug, dan payung. “Pada dasarnya, hampir semua produk yang kami tawarkan bisa dipesan sesuai bentuk, warna dan keinginan,” jelas Arasi.

gls 8 (1) copy

Saat ini kata beliau, hampir semua perusahaan membutuhkan souvenir untuk kebutuhan promosi, perusahaan tersebut membuatnya melalui Arasi. Bahkan sejumlah perbankan dan hotel yang tersebar di Indonesia telah menjadi pelanggannya.

“Untuk pemesanannya, kami tawarkan minimal 100 pieces, terkecuali pulpen yang disablon. Cetak logo di pulpen minimal 500 pieces. Tak hanya perusahaan, kami juga biasa menerima souvenir untuk pernikahan,” papar Arasi.

peralatan hotel

Menurutnya, semua pesanan yang datang didapatkan dari online. Pihaknya juga mengelola website sendiri dan mempromosikannya melalui Indonetwork.
Harga Bersaing
Untuk harga mug, minimal 100pieces saya jual Rp12.500, tapi kalau lebih dan bahkan hingga ribuan tentu harganya bisa menyesuaikan.

Produk utama yang mendominasi Souvenir Online adalah perlengkapan kamar hotel seperti sandal, tas, handuk, sampai peralatan mandi. Biasanya pesanan itu datang melalui agency hotel-hotel tersebut.

“Konveksi dan produksi kami berada di wilayah Jakarta Timur. Kami juga memberdayakan masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan pasar. Artinya, Souvenir Online berusaha tepat waktu dalam menyelesaikan pesanan itu,” tegas Arasi.

“Kalau sebelumnya, saya fokus pada produk souvenir pernikahan. Karena pemainnya sudah menjamur, akhirnya saya konsisten pada jenis produk promosi,” ucapnya.

Buat Arasi, souvenir pernikahan bersifat hanya musiman. Sedangkan produk promosi seperti ini tidak ada batas waktunya. bahkan, hampir setiap hari dirinya menerima orderan. “Segmen pasar kami adalah perusahaan yang membutuhkan jasa pembuatan souvenir promosi. Buat saya, bisnis ini sangat menjanjikan, potensinya cukup besar,” ujarnya.

“Selain melakukan inovasi, kami juga selalu mengikuti tren pasar. Artinya kebutuhan apapun yang diminta, kami berusaha untuk bisa memenuhi permintaan itu,” terang Arasi.

Untuk bisa menjalin hubungan baik, Arasi selalu mengedukasi pihak pemesan soal keunggulan jenis bahan dan desain yang diinginkan. “Kami ingin bisnis ini langgeng. Karena itu kami berusaha semaksimal mungkin menciptakan produk berkualitas,” imbuhnya.

Tawarkan Kualitas Dan Garansi
Strategi yang dilakukan untuk bisa bertahan hingga kini, salah satu yang diterapkan adalah mempromosikan secara digital. Karena itu, di hampir semua market place di Indonesia Arasi memiliki akun Souvenir Online.

“Saat ini jamannya serba online, karena itu memasarkannya pun harus memilih jalur online. Agar tetap mampu diterima pasar, Souvenir Online berusaha mengikuti tren pemasaran,” ucapnya kembali.

sandal

Tak heran, jika produk sandal miliknya itu bisa tembus menjangkau hingga pasar global seperti ke HongKong, Abudabi, Jepang dan negara lain. “Saya sempat menerima pesanan sandal hotel hingga 12.000 pasang, waktu yang diberikan hanya tiga bulan,” ujar Arasi.

“Bersyukur pesanan itu bisa kami penuhi tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Jika saya mampu memproduksi 10.000 dalam sebulan, satu tender maksimal saya berani produksi 4.000 sebulan. Trik ini saya lakukan untuk memaksimalkan hasil produksi. Sisanya untuk menerima orderan lain,” urainya.

Untuk tas promosi atau goody bag saja, capaian produksinya bisa tembus 30.000 pieces perbulan. Sedikitnya Souvenir Online mampu memproduksi 2.000-3.000pieces perbulannya.

“Dua bulan ini kami kebanjiran produksi payung promosi. Satu pemesan bisa 1.000 pieces, sedikitnya minimal 100 pieces. Bukan hanya itu, kami juga memproduksi jam dinding yang dapat di pesan sesuai keinginan,” papar Arasi.

Harga yang ditawarkan bersaing, tentu menyesuaikan ukuran jam tersebut. Memasuki masa pemilu 2019, pihaknya juga menerima beberapa jenis produk seperti jam dinding, mug, dan bross, yang dilengkapi logo partai.

Guna meningkatkan mutu pelayanan, pihaknya juga menawarkan garansi sesuai perjanjian. “Kami memberikan waktu tertentu, jika ada yang rusak secepatnya kami ganti dengan produk baru yang sama,” tutur Arasi mengakhiri.

Dedy Mulyadi