Tiang rumah merupakan salah satu bagian yang paling penting dari rumah 2 lantai. Untuk membuat rumah 2 lantai, perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang agar bangunan yang dihasilkan dapat berdiri dengan kokoh. Dalam merencanakan dan menghitung bagian tiang rumah, tidak boleh ada perhitungan yang asal, karena hal tersebut dapat mempengaruhi ketahanan bangunan.

Rumah tingkat 2 akan menghasilkan beban yang sangat besar. Oleh karena itu, bangunan tingkat membutuhkan struktur yang pas agar bisa menahan beban dari lantai 2. Bagian tiang rumah merupakan bagian yang bekerja untuk menyalurkan beban menuju pondasi dan diteruskan ke tanah. Untuk menghasilkan tiang yang kokoh, maka dibutuhkan juga besi tulang yang tepat.

Material yang biasanya digunakan untuk membangun tiang adalah besi dan beton. Besi merupakan material yang tahan terhadap tarikan dan beton adalah material yang tahan terhadap tekanan. Oleh karena itu, kombinasi kedua material ini akan bekerja sama dan dapat menahan beban dengan baik.

Ukuran Tiang Rumah dan Besi yang digunakan

Bangunan rumah 2 tingkat dengan desain sederhana, biasanya membutuhkan tiang minimal berukuran 15 x 15 cm dan dibutuhkan besi sebagai tulang tiang sekitar 10 mm atau 12 mm agar menghasilkan struktur yang kokoh. Anda juga perlu untuk memilih besi yang berkualitas agar dapat menambah kekokohan tiang bangunan.

Dalam membangun sebuah tiang rumah, Anda memerlukan perhitungan yang tepat hingga mengetahui kondisi tanah di mana tempat bangunan Anda berdiri. Hal ini dikarenakan tanah juga termasuk dari bagian yang harus diperhitungkan ketika akan mendirikan sebuah bangunan. Tanah harus mampu untuk menerima beban dari pondasi bangunan. Apabila struktur bangunan tidak sempurna, maka dapat menyebabkan bagunan rusak hingga roboh.

Baca juga: Manakah Bahan Tangga yang Paling Bagus?

Jenis-Jenis Tiang Rumah

Selain perencanaan, perhitungan, dan ukuran besi, Anda juga harus mengetahui jenis tiang yang bagaimana yang cocok untuk menopang beban rumah Anda. Selain itu, penyesuaian model tiang rumah dengan konsep huniah juga diperlukan agar tampak serasi dan estetik. Berikut beberapa jenis tiang yang sering digunakan dalam bangunan rumah.

Tiang Segiempat

Model tiang bujur atau segiempat merupakan tiang dengan bentuk tulangan memanjang dan menyengkang.

Tiang Bundar

Jenis tiang ini memiliki tulangan memanjang dan berbentuk spiral. Tiang bundar memiliki kemampuan untuk menyerap perubahan bentuk atau wujud yang cukup besar sebelum runtuh.

Tiang Komposit

Jenis tiang ini terdiri dari gabungan antara beton dan profil baja sebagai pengganti besi di dalamnya.

Tiang Kayu

Tiang
Sumber: Pexels

Model tiang ini adalah berbahan dari kayu. Material kayu dalam pembuatan interior tiang dapat memberikan kesan etnik, hangat dan tidak terlalu mencolok. Bahan ini sangat cocok apabila Anda memiliki konsep rumah hunian dengan nuansa minimalis.

Tiang Batu Bata

Selain beberapa jenis tiang di atas, juga terdapat tiang batu bata yang tersusun atas material bata. Tiang yang disusun menggunakan batu bata, dapat memaksimalkan elemen dekoratif pada rumah. Model ini ini dapat menambah nilai estetika dalam rumah Anda. Biasanya, model tiang batu bata dibiarkan alami dan tidak dicat untuk memancarkan kesan industrialisnya pada sebuah ruangan.

Baca juga: Kenali Jenis Pondasi Besi Beton untuk Bangunan Anda

Tiang Kaca

Model lain yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuat tiang adalah kaca. Tiang kaca dapat berfungsi sebagai penahan beban atap rumah dan dapat digunakan sebagai cermin di rumah. Apabila Anda memiliki ruangan yang kecil, Anda dapat menggunakan tiang kaca atau menambahkan sisi-sisi rumah dengan cermin agar tampak lebih luas.

Tiang Beton Ekspos

Tiang
Sumber: Pexels

Bahan beton dalam sebuah bangunan, identik dengan kesan yang kokoh dan sangat kuat. Material beton dapat Anda aplikasikan dalam interior bangunan rumah dengan mengaplikasikannya pada tiang rumah hunian. Tiang berbahan beton, dapat Anda tambahkan cat yang senada untuk menyesuaikan dengan konsep hunian. Namun warna tiang yang polos, hanya abu-abu tanpa cat juga dapat memberikan karakteristik yang berbeda serta dapat dipadukan dengan perabotan-perabotan modern yang berbahan stainless. Tiang beton polos juga dapat memberikan kesan industrialis dalam rumah Anda.

Tiang Metal

Model tiang metal adalah tiang yang menggunakan bahan metal seperti baja. Tiang metal akan memberikan kesan maskulin dan cocok untuk dipadukan dengan material kayu pada atap. Model tiang ini biasanya banyak digunakan pada tiang-tiang teras rumah.

Tiang Marmer

Penggunaan tiang model ini pada bangunan rumah, dapat menampilkan kesan mewah dan minimalis pada rumah hunian Anda. Tiang marmer biasanya identik dengan nuansa klasik, namun tiang ini juga dapat memberikan kesan modern jika diberikan ukiran-ukiran simpel yang bisa mewarnai corak tiang.

Tiang Vertikal

Selain untuk menopang beban bangunan dalam rumah hunian Anda, tiang juga dapat dimanfaatkan sebagai vertical garden di mana tiang difungsikan untuk tempat merambatnya tanaman-tanaman hijau. Area ini dapat Anda gunakan sebagai ruang terbuka hijau dan dapat menambah kesegaran alami di rumah Anda.

Baca juga: Kegunaan Besi Beton Konstruksi

Jual Besi Beton Sidoarjo

Bagi Anda yang berada di area Sidoarjo dan saat ini sedang mencari bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, Anda dapat langsung menghubungi Baja Mas Abadi. Mereka menyediakan berbagai jenis besi beton dengan harga murah. Selain itu, untuk Anda yang berada di luar area Surabaya, Baja Mas Abadi juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Mereka akan memberikan harga terbaik untuk ongkos pengiriman. Jadi, jangan takut kemahalan. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website Baja Mas Abadi dan buat penawarannya hari ini!


Author

%d bloggers like this: