Salah satu hal utama yang menjadi perhatian dalam rumah tingkat adalah tangga. Tangga merupakan bagian integral dari interior rumah. Selain untuk menghubungan dua lantai, bagian ini juga mempengaruhi estetika seluruh rumah. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bahan yang cocok untuk tangga rumah Anda.

Tangga dapat dibuat dari bahan seperti kayu, batu, beton, dan baja. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari beberapa bahan yang dapat digunakan untuk tangga rumah. Seperti besi, kayu, beton dan baja.

Tangga Besi

Bahan besi adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam membangun sebuah tangga, karena besi memiliki estetika luar biasa untuk mempercantik rumah Anda. Besi memiliki karakteristik yang sangat kuat dan bergaya. Oleh karena itu, bahan ini dapat disesuaikan untuk membuat desain sesuai keinginan Anda serta dapat menambah karakter dan gaya dari sebuah rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Besi

Meskipun terlihat mahal di awal, namun jika dibandingkan dengan perawatannya dari waktu ke waktu, bahan besi memiliki harga yang cukup terjangkau, mengingat bahannya yang juga sangat kuat. Tangga berbahan besi juga dapat menambah karakter dari rumah itu sendiri. Bahan ini dapat disesuaikan menjadi berbagai bentuk dan gaya, sehingga memungkinkan untuk rumah bergaya modern maupun tradisional.

Kekurangan dari penggunaan bahan ini hanyalah pembuatan desainnya yang membutuhkan ahli yang terampil. Besi membutuhkan tenaga ahli yang terampil untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga: Cara Memilih Besi Beton untuk Bangunan Rumah Anda

Tangga Kayu

Material kayu adalah satu jenis material yang banyak digunakan pada rumah-rumah bergaya tradisional. Bahan ini memiliki karakter yang mudah rusak apabila termakan oleh waktu. Oleh karena itu, perawatannya pun sedikit memakan waktu dan biaya.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Kayu

Material berbahan kayu memiliki kelebihan mudah dipasang, terjangkau, dan desainnya yang klasik. Karena bahan ini sudah sejak lama digunakan dalam setiap bangunan, kontraktor manapun mengetahui bagaimana pemasangan bahan bangunan ini. Selain itu, banyak pengrajin yang juga menciptakan varian desain berbeda-beda dengan menggunakan berbagai jenis kayu yang ada di Indonesia.

Namun, juga terdapat sejumlah kekurangan yang harus Anda perhitungkan apabila menggunakan bahan ini. Kekurangan-kekurangan tersebut yakni bahan kayu jarang bertahan lama, karena sifatnya yang alami, membuatnya rentan rusak dari waktu ke waktu. Selain itu, tangga berbahan kayu juga tidak dapat menahan beban yang berat. Oleh karena itu, ia rentan retak atau pecah. Desain yang ditawarkan juga tidak sebanyak bahan bangunan yang lain. Apabila Anda menginginkan desain yang lebih rumit, maka Anda harus menyiapkan sejumlah biaya untuk hal tersebut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Merk Besi Beton SNI di Indonesia

Tangga Beton

Tangga
Sumber: Pexels

Bahan bangunan beton adalah salah satu bahan yang tangguh dan dapat bertahan lama. Tangga beton banyak digunakan di luar ruangan, karena sifatnya yang tahan terhadap elemen-elemen di luar ruangan.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Beton

Kelebihan dari bahan beton adalah kuat dan tahan lama, memiliki pilihan warna yang berbeda, serta memiliki tekstur dan ketebalan yang dapat disesuaikan. Apabila Anda menggunakan bahan ini, Anda dapat mengecat atau memasang ubin di atas beton. Anda juga dapat menentukan ketebalannya sesuai dengan tujuan dari pembuatan tangga di rumah Anda.

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, bahan ini juga memiliki sejumlah kekurangan yakni bahannya yang berat. Secara alami, sifat beton adalah padat dan berat. Oleh karena itu, pemasangan beton pada setiap bangunan memerlukan tenaga ekstra untuk menangani dan mengaplikasikanya.

Prosesnya yang memerlukan beberapa tahapan, membuat pengaplikasian bahan ini memerlukan waktu lebih panjang daripada bahan lainnya, karena beton perlu dituangkan, dibentuk, dan dibiarkan kering hingga sempurna. Panjangnya proses tersebut dan perlunya tenaga ahli untuk mengaplikasikan, membuat Anda perlu untuk mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak dari bahan lainnya.

Tangga Baja

Baja terbuat dari paduan besi, karbon, dan beberapa bahan lainnya. Biasanya, baja yang diaplikasikan ke tangga sering digalvanis dengan lapisan seng tahan lama untuk mencegah korosif mencapai baja di bawahnya.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Baja

Baja adalah bahan paling kokoh yang dapat digunakan untuk membangun tangga, karena baja tahan terhadap tegangan putus. Selain itu, bahan ini juga merupakan bahan yang fleksibel dan mudah untuk dibentuk menjadi berbagai desain termasuk tangga spiral dan melingkar. Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan bahan ini, akan dapat menambah estetika di rumah Anda.

Baca juga: Perhatikan Hal ini Saat Memilih Besi Beton

Bagaimana? Banyak bukan bahan bangunan yang dapat Anda gunakan untuk membangun sebuah tangga dalam rumah? Setelah membaca artikel ini, Anda dapat mengukur setidaknya bahan mana yang cocok untuk konstruksi rumah Anda.

Jual Besi Beton Surabaya

Tangga
Sumber: Pinterest

Bagi Anda yang berada di area Surabaya dan saat ini sedang mencari bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, Anda dapat langsung menghubungi Baja Mas Abadi. Mereka menyediakan berbagai jenis besi beton dengan harga murah. Selain itu, untuk Anda yang berada di luar area Surabaya, Baja Mas Abadi juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Mereka akan memberikan harga terbaik untuk ongkos pengiriman. Jadi, jangan takut kemahalan. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website Baja Mas Abadi dan buat penawarannya hari ini!


Author

%d bloggers like this: