Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga– Banyak metode untuk mendekorasi properti Anda lebih menarik, salah satunya dengan mengubah suasana lantai hunian dengan corak dan warna yang bermacam-macam. Biasanya lantai stiker vinyl juga mudah Anda temui di toko-toko bangunan dengan harga yang terjangkau, sehingga banyak yang tertarik menggunakan bahan material yang satu ini.

Tahukah Anda bahwa salah satu trend kekinian hunian ataupun tempat usaha, menggunakan dekorasi lantai vinyl stiker sebagai material pelapis lantai pengganti keramik, ubin ataupun lantai kayu yang pernah trend di pasaran. Jual lantai vinyl Jakarta marak dilakukan konsumen, karena umumnya memiliki warna yang netral sehingga cocok diaplikasikan dalam berbagai tema desain rumah.

Keunggulan Lantai Vinyl

Ini Manfaat Menggunakan Lantai Vinyl - Decorindo Perkasa
Sumber: decorindoperkasa.com

Lantai Vinyl digunakan bukan hanya untuk menciptakan ambience yang hangat dan elegan, akan tetapi jenis dekorasi ini memiliki berbagai keunggulan yang sering dibanggakan oleh pemakainya. Nah, berikut dibawah ini penjelasan dari keunggulan menggunakan lantai vinyl yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Pemasangan Mudah

Pemasangan lantai vinyl stiker sangatlah mudah, Anda hanya perlu merekatkannya dengan lem. Sehingga akan sangat mudah jika ingin mengganti tema suasana ruangan dengan berbagai variasi warna tanpa repot mengeluarkan biaya pembongkaran.

2. Harga Terjangkau

Nah ini dia keunggulan yang sangat diminati konsumen. Jika dibandingkan dengan pelapis lantai lainnya, harga per meter vinyl bisa dikatakan lebih terjangkau. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat lantai rumah dengan tampilan indah. 

3. Nyaman diinjak

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC atau Poly Vinyl Chloride yang memiliki tekstur yang lembut dan elastis sehingga terasa nyaman dan lembut dikulit, dibanding material jenis lantai lainnya seperti keramik ataupun kayu yang relatif akan membuat kulit Anda tergores saat terjatuh.

4. Perawatan Mudah

4 Jenis Pembersih Lantai Vinyl yang Dapat Dipakai Agar Tetap Kinclong
Sumber: balianflooring.id

Perawatan lantai vinyl sangat mudah dibanding jenis lantai lainnya, karena lantai tidak akan menyerap air dan tahan terhadap kotoran. Cukup disapu dan dipel secara rutin maka kebersihan rumah Anda tetap terjaga.

5. Awet dan Tahan Lama

Lantai vinyl memiliki daya tahan yang bagus jika dijaga dengan maksimal. Biasanya lantai vinyl stiker akan tahan terhadap goresan dan tidak mudah berubah warna walaupun terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Selain itu bahannya yang terbuat dari PVC juga membuat jenis lantai ini lebih aman dari serangan rayap.

Keunggulan Lantai Vinyl
Sumber: Istockphoto

6. Memberikan Kesan Aesthetic

10 Motif Lantai Vinyl Ini Buat Rumahmu Terasa Lebih Alami!
Sumber: dekoruma.com

Umumnya lantai vinyl stiker memiliki corak yang beragam dengan variasi warna yang menarik seperti motif kayu, marmer, batu alam, solid, dll. Pemilihan motif ini dapat Anda sesuaikan dengan tema ruangan sehingga kesan aesthetic akan tercipta pada semua bagian ruangan rumah Anda.

7. Meratakan Permukaan Ruangan

Semua Halaman - Laminate Flooring, Material Lantai Ramah Lingkungan
Sumber: jawapos.com

Penggunaan lantai vinyl bisa digunakan untuk membuat permukaan lantai agar terlihat lebih merata, teksturnya yang lentur juga dapat dipasang di media tidak merata sekalipun. Sehingga setiap permukaan yang tadinya tidak merata, bisa dengan mudah teratasi hanya dengan melapisinya dengan lantai vinyl.

8. Terlihat Lebih Bersih dan Rapi

Perawatannya yang mudah membuat lantai vinyl stiker akan selalu terlihat bersih dan rapi, tidak ada genangan air ataupun noda yang akan mengering pada permukaan lantai.

9. Tahan Terhadap Suhu

Tentu saja bahan vinyl akan awet dan tahan lama berkat  ketahanan yang baik terhadap berbagai kondisi dan cuaca, sehingga cocok digunakan pada area outdoor dan indoor.

10. Anti Bakteri

Tidak jarang juga lantai vinyl stiker digunakan sebagai pelapis area ruang rumah sakit, karena bahannya yang anti bakteri, sehingga tidak mungkin menyerap debu, noda makanan ataupun jamur.

Tips Memilih Lantai Vinyl Sticker
Sumber: Istockphoto

Tips Memilih Lantai Vinyl Stiker

Terdapat beragam variasi motif dan tekstur lantai vinyl yang dengan mudah Anda temui pada toko material. Maraknya penggunaan dekorasi ini membuat produsen lantai vinyl berlomba-lomba menyediakan kebutuhan konsumen dari berbagai aspek motif, harga maupun kualitas. Akan tetapi Anda harus waspada sebelum membeli produk agar penggunaanya lebih awet dan bagus saat terpasang.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum memilih lantai vinyl:

1. Lakukan Pengukuran Kebutuhan

Tahap pertama Anda dapat melakukan pengukuran area lantai yang ingin dipasang terlebih dahulu. Biasanya jenis permukaan lantai vinyl berbeda-beda, ada yang memberikan tekstur, dan ada yang permukaannya rata. Setiap jenis lantai vinyl biasanya memiliki spesifikasi penggunaan pada letak ruangan yang berbeda.

2. Sesuaikan Dengan Tema Ruangan

Motif bahan lantai vinyl biasanya dapat di mix and match agar terlihat lebih menarik. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan ruang, cat ruangan dengan tema furniture dengan kebutuhan lantai vinyl stiker.

3. Pastikan Produk Kuat dan Tahan Lama

Produk yang kuat ditandai dengan bahan yang berkualitas, karena memiliki daya tahan yang tinggi terhadap air, api, tahan terhadap goresan, tidak mudah patah dan juga benturan keras. Produk yang kuat dan tahan lama akan menyimpan budget renovasi Anda.

4. Pilih Merek Berkualitas Tinggi

Sebenarnya tidak semua merek mahal berkualitas tinggi. Akan tetapi merk yang terkenal dan digunakan banyak orang pasti memiliki kualitas yang sudah teruji, sehingga sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu merek berkualitas dengan harga yang sesuai dengan budget Anda.

5. Garansi Produk

Sebelum Anda membeli produk, pastikan bahan yang Anda gunakan memiliki garansi resmi dari pihak distributor maupun produsen. Hal ini dapat menghemat  biaya ketika pemakaian lantai vinyl mengalami kerusakan sebelum jangka waktu yang ditentukan.

Roller blind

Baca juga: Roller blind, pelindung jendela rumah

Pasang Lantai Vinyl Stiker di Jakarta

Tentu setelah membaca pembahasan diatas, Anda akan merasa takjub dengan banyaknya keunggulan dari pemakaian lantai vinyl stiker pada permukaan rumah maupun tempat usaha. Penggunaan dekorasi ini tentu akan merasa senang dengan tampilan baru yang terlihat lebih classic dan berkelas.

Lantai vinyl stiker telah menjadi trend di Jakarta dan sekitarnya baik untuk area indoor maupun outdoor. Bahan vinyl merupakan jenis pelapis lantai yang relatif paling murah ketimbang pelapis lantai lainnya, sehingga setiap konsumen tentu tidak akan ragu memilih jenis bahan ini sebagai sarana dekorasi.

Trend yang meluas, membuat distributor yang jual lantai vinyl jakarta dan sekitarnya cukup banyak, salah satunya PT. Citra Royal Bintang. Distributor ini akan memberikan penawaran berbagai motif lantai vinyl dengan harga yang ekonomis. Selain itu perusahaan ini juga menyediakan jasa pemasangan yang profesional sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks