Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Pada hunian atau ruang bergaya modern, Anda tentu akan dengan mudah menemukan roller blind. Penggunaan tirai jendela pada apartemen, rumah, hingga kantor tidak hanya untuk mempercantik ruangan saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya itu, fungsi pada tirai jendela didukung dengan jenisnya yang cukup beragam sesuai kebutuhan Anda.

Simak informasi mengenai fungsi dan jenis roller blind yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya pada hunian. Kebutuhan interior ini seringkali digunakan sebagai alternatif dari penggunaan gorden atau lapisan stiker anti UV pada kaca jendela.

Baca juga: 5 KEUNGGULAN ROLLER BLIND UNTUK KANTOR & RUMAH

Jenis Roller Blind

Roller blind adalah tirai penutup jendela yang dioperasikan dari bawah ke atas atau dari kanan ke kiri. Selain dioperasikan secara manual, dengan berkembangnya teknologi tirai roll dapat dioperasikan secara otomatis menggunakan remote control. Terdapat beberapa jenis roller blind yang populer, namun berdasarkan fungsinya terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

1. Sunscreen

Jenis tirai penutup jendela ini sesuai namanya digunakan untuk meminimalkan paparan sinar matahari kedalam ruangan. Namun, meskipun begitu Anda yang berada di dalam ruangan masih tetap bisa melihat ke arah luar jendela. Jenis ini sangat cocok untuk tampilan interior ruang yang minimalis.

2. Blackout

Roller blind blackout merupakan jenis tirai yang melindungi ruangan dari sinar matahari secara total. Tirai pelindung jendela ini akan membuat ruangan menjadi benar-benar gelap, meskipun pada siang hari. Anda bisa menggunakan tirai pelindung kaca ini pada ruangan yang tidak membutuhkan cahaya yang banyak seperti ruang komputer atau IT. 

3. Translucent

Tirai roll translucent tidak sepenuhnya tembus pandang. Anda masih dapat melihat bayangan buram yang memungkinkan cahaya untuk menyaring. Cahaya yang masuk melalui tirai ini lebih menyebar dan disaring sehingga tidak menyilaukan pandangan dengan jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Roller blind translucent dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda karena lebih tahan lama dan perawatannya yang mudah. 

Sistem Pengoperasian 

Setelah mengetahui jenis roller blind berdasarkan fungsinya, Anda juga perlu mengetahui sistem pengoperasiannya yang dapat menjadi pilihan referensi. Berikut ini adalah beberapa jenis sistem pengoperasian tirai pelindung jendela perlu diketahui.

1. Chain

Jenis pengoperasian chain dapat digunakan untuk mengoperasikan roller blind dengan bergerak naik turun. Sistem ini bekerja dengan cara menarik atau mengulur rantai pada tirai agar dapat terbuka. 

2. Spring Flexy Stop

Proses pengoperasi spring flexy stop dilakukan dengan menarik bandul pada bagian tengah bawah tirai. Sistem pengoperasian ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai hal praktis. Namun, Anda harus berhati-hati ketika pengoperasian agar bandul tidak mudah lepas. 

3. One Touch (Self Released)

Sistem pengoperasi one touch ini memungkinkan Anda untuk membuka dan menutup tirai dengan rantai. Anda hanya perlu menarik rantai sedikit saja untuk menutup jendela dan tirai akan akan turun sendiri secara perlahan. 

4. Automatic

Dengan kemajuan teknologi mempengaruhi berbagai hal, salah satunya adalah sistem pengoperasian roller blind secara otomatis. Sistem ini dapat dikatakan paling canggih karena dilengkapi dengan motor sebagai penggerak. Untuk pengoperasiannya, Anda cukup menggunakan remote control yang terdiri dari beberapa tombol untuk membuka, menutup, atau fungsi lainnya sesuai dengan fitur yang ditawarkan. 

Fungsi Roller Blind

Bagi Anda yang masih bingung dan ragu menggunakan tirai roll jendela, penting untuk mengetahui fungsi yang dapat memenuhi kebutuhan pada interior hunian. Berikut ini adalah fungsi roller blind, diantaranya:

  • Membatasi paparan langsung sinar matahari yang masuk melalui jendela atau pintu kaca. Sehingga AC (Air Conditioner) tidak bekerja keras karena ruangan menjadi panas.
  • Melindungi privasi Anda ketika berada di dalam ruangan dengan posisi tirai yang tertutup.
  • Menjaga hunian agar tidak terlihat dari luar bangunan. Sehingga dengan adanya tirai pada jendela dapat membuat hunian tidak terlalu mencolok, khususnya pada dalam rumah. 
  • Melindungi furniture dari sinar matahari agar warna dan tekstur tidak mudah berubah. Selain itu peralatan elektronik juga tidak mudah rusak karena terpapar sinar matahari. 
  • Motif roller blind yang beragam dapat memberikan nilai estetik pada ruangan. Selain itu desainnya yang minimalis sangat cocok untuk ruangan bergaya modern. 

Cara Pemasangan 

Untuk memasang tirai gulung pada jendela, Anda bisa menggunakan jasa teknisi yang berpengalaman. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba dan mengetahui cara pemasangan roller blind murah berikut ini.

  • Mengukur panjang dan lebar jendela yang akan dipasang tirai;
  • Periksa kelengkapan aksesoris untuk memasang tirai roller pada jendela;
  • Pasang bracket pada bagian yang sudah ditandai;
  • Masukkan sekrup pada bracket menggunakan obeng atau bor;
  • Kemudian pasang tirai pada bracket tersebut;
  • Atur roller blind pada sistem pengoperasian dan posisinya agar sesuai serta bekerja dengan baik. 

Baca juga: 5 JENIS KASA NYAMUK YANG POPULER DI INDONESIA

Distributor Roller Blind Berkualitas

Kebutuhan pelindung jendela dari sinar cahaya matahari dan keamanan dari luar dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan tirai pada jendela. Untuk itu, Anda memerlukan tirai jendela berkualitas dengan motif yang sesuai agar dapat memberikan nilai estetik pada ruangan.

Di CV. D’Big Interior, Anda dapat menemukan berbagai jenis kebutuhan interior rumah seperti roller blind murah. Produk interior seperti tirai jendela yang tersedia memiliki kualitas yang aman, dimana produk tidak beracun dan tahan api. Langsung saja cari berbagai macam produk interior berkualitas melalui Indonetwork.co.id dan temukan sesuai kebutuhan Anda dengan harga yang bersaing. 


Author

%d bloggers like this: