Indonetwork . Peralatan Industri – Mesin ini memiliki kekuatan torsi yang besar dibanding mesin lain dengan kapasitas yang besar, walaupun memiliki torsi yang besar  tetapi mesin ini memiliki efisiensi bbm yang sangat baik atau sangat irit, dikarenakan hal tersebut mesin ini memiliki banyak sekali penggemarnya.

Hebatnya lagi mesin jenis diesel ini sudah banyak di pakai di mobil model van, karena mobil mobil tipe tersebut membutuhkan tenaga yang besar. Namun mesin diesel yang dipasangkan di truk memiliki jenis lain dengan yang digunakan oleh suv.

Seperti yang kita ketahui, yang paling menonjol adalah perbedaan suaranya, mesin yang digunakan di suv lebih halus dibanding dengan truk, mau tau model apa saja yang di miliki oleh mesin diesel ?simak ulasan berikut ini.

Jenis & Model Mesin Diesel

Mesin diesel memiliki beberapa jenis tipe yang umun digunakan, yaitu :

  • Diesel Indirect Injection
  • Mesin Direct Injection
  • Common Rail Direct Injection

Indirect Injection Diesel

Mesin dengan jenis IDI sangat popiuler dan banyak di aplikasikan pada jenis mobil dengan kapasitas cc yang rendah, biasanya di bawah 4000 cc, seperti pada mobil operational dan suv, ciri ciri dari mesin ini memiliki jumlah ruang bakar yang lebih dari satu.

Di dalam ruang bakar mesin ini memiliki piston yang biasa di sebut combustion chamber, dan yang satunya lagi yaitu pre combustion chamber yang memiliki letak di dalam area ruang pembakaran walaupun berbeda penempatan, mereka tetap terhubung.

Semua proses pembakaran tidak akan terjadi pada chamber, tapi terjadi di dalam pre chamber, factor itu dikarenakan letak injector yang ada pada pre chamber, setelah melalui proses pembakaran di pre chamber terjadi, hasilnya adalah gas yang ada diatas piston

Umumnya mesin tipe ini sudah tidak lagi banyak digunakan karna melihat dari efisiensi yang sangat kurang dan memiliki emisi yang sangat buruk dibandingkan mesin lainnya. Agar dapat membedakan jenis mesin ini, kita bisa lakukan pengecekan pada komponen busi.

Common Rail Direct Injection

Pernah anda mendengar mesin jenis ini? mungkin Anda akan terasa asing, jika memang terasa asing itu pertanda bahwa Anda belum terlalu update mengenai seluk beluk otomotif zaman sekarang.

Sangat berbeda dengan tipe sebelumnya, mesin jenis ini telah menggunakan teknologi yang lebih mutahir untuk menentukan pemakaian solar, sehingga mirip system efi. Jenis ini umumnya telah menggunakan satu buah ruang bakar dengan injector yang memiliki

Mesin bertipe seperti ini, mempunyai model dan bentuk yang lebih simple yang hanya terdapat satu ruang bakar yang diletakan di atas piston. Pada jenis ini injector dapat langsung diletakan di dalam ruang pembakaran melalui bagian atas atau kepala silinder dan tidak perlu busi pijar.

JUAL MESIN DIESEL

Nah itulah Jenis Mesin Diesel yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin mencari salah satu jenis mesin yang kami sebutkan diatas. Silahkan bisa melakukan pemesanan langsung dari Supplier atau Distributor Mesin Diesel dari para member Indonetwork.

  • Penulis: Iqbal
  • Editor: Agus N