Indonetwork, Peralatan IndustriPompa sentrifugal banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang industri seperti manufaktur makanan, minuman, bahan kimia, dan lain sebagainya.

Pompa ini bekerja dengan cara mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik dengan menggunakan gaya sentrifugal yang bekerja pada fluida.

Mesin yang bekerja dalam pompa sentrifugal menggunakan rotasi untuk memacu kecepatan pada cairan yang nantinya diubah menjadi aliran.

Setiap pompa sentrifugal terdiri dari beberapa komponen mekanis yang memungkinkan pompa beroperasi. Seperti batang, impeller, casing, pipa hisap, pipa pengiriman, dan poros pompa sentrifugal.

Aplikasi Pompa Sentrifugal dalam Industri

TRAINING TENTANG CENTRIFUGAL PUMP
Sumber: transform-mpi.com

Dengan kepopulerannya di dunia industri, berikut aplikasi pompa sentrifugal dalam industri.

1. Industri Minyak dan Energi

Dalam industri minyak dan energi, pompa sentrifugal digunakan untuk memompa minyak, lumpur, hingga digunakan sebagai pembangkit listrik.

2. Industri Kebakaran

Pompa sentrifugal juga digunakan sebagai ventilasi dan pemanas, umpan boiler, peningkatan tekanan, sistem sprinkler keamanan kebakaran, dan pendingin udara dalam industri kebakaran.

3. Industri Pengelolaan Limbah, Pertanian, dan Manufaktur

Selain itu, pompa ini juga digunakan untuk pengolahan air limbah, pemprosesan gas, irigasi, drainase, dan keamanan luapan pada industri pengelolaan limbah, pertanian, dan manufaktur.

4. Industri Makanan, Kimia, dan Farmasi

Pada industri makanan, kimia, dan farmasi, pompa sentrifugal berguna untuk hidrokarbon, cat, selulosa, petrokimia, produksi minuman, penyulingan gula, dan juga makanan.

Baca juga: Jenis-Jenis Pompa untuk Kebutuhan Industri

Manfaat Menggunakan Pompa Sentrifugal

Aplikasi Pompa Sentrifugal dalam Industri
Sumber: Pinterest

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian pompa sentrifugal dalam sebuah industri. Berikut beberapa manfaat penggunaannya.

1. Tahan Terhadap Korosi

Pompa ini sengaja didesain menggunakan bahan-bahan baja anti karat. Oleh karena itu, banyak industri bahan kimia menggunakan pompa jenis ini, karena ketahanannya terhadap korosi.

Peralatan industri ini memungkinkan prosesor dan pabrikan mentransfer berbagai jenis cairan tanpa menimbulkan bercak karat pada setiap bagiannya.

2. Efisiensi Energi

Dibandingkan jenis pompa lainnya, pompa sentrifugal dinilai lebih memiliki jangka pakai lebih lama. Hal ini tentunya lebih menghemat energi sumber daya manusia dalam sebuah industri untuk memperbaiki mesin tiap kali mengalami kerusakan.

3. Aliran Halus

Tidak seperti pompa lain pada umumnya yang menghasilkan getaran atau denyut saat mesin bekerja, pompa sentrifugal memiliki aliran daya yang halus, sehingga ketika mesin bekerja tidak menghasilkan denyut atau getaran.

4. Terbukti kehandalannya

Pompa ini pun sudah terbukti kehandalannya ketika digunakan. Meskipun begitu, setiap mesin pada industri harus tetap memiliki jadwal evaluasi untuk menghindarkan dari kerusakan.

Pompa sentrifugal juga harus dievaluasi pada bagian konstruksi maupun desain dan fiturnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan pompa dapat bertahan cukup lama untuk beroperasi dalam kondisi normal maupun ekstrim.

5. Biaya Perawatan Rendah

Untuk menjaga agar mesin dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, pihak industri tentunya harus melakukan perawatan secara rutin. Akan tetapi, perawatan secara rutin biasanya membuat pembengkakan biaya lebih parah.

Namun jangan khawatir, jika Anda menggunakan pompa sentrifugal, Anda tidak akan mengalami pembengkakan biaya perawatan dalam jumlah besar. Hal ini dikarenakan pompa sentrifugal tidak memerlukan biaya perawatan yang cukup tinggi.

6. Serbaguna Secara Ukuran dan Aplikasi

Pompa sentrifugal tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga fleksibel bagi Anda untuk menyesuaikan dengan lokasi serta kegunaan mesin.

Selain itu, pompa ini juga tersedia dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk setiap aplikasi. Perbedaan bentuk ini sengaja didesain dengan tujuan untuk memberikan solusi bagi berbagai penggunaan.

7. Tanpa Perpindahan Panas dari Motor

Jika terkadang setiap pompa akan menyalurkan panas yang dihasilkan oleh motor pada area sekitarnya, hal ini tidak berlaku pada pompa sentrifugal.

Motor yang digunakan pada mesin pompa sentrifugal memiliki celah dengan pompa, sehingga udara panas dapat dengan bebas menguar ke udara dan memberikan penghalang termal.

8. Minim Resiko Kebocoran

Pompa sentrifugal tidak memiliki segel drive, sehingga cairan berbahaya dapat dipompa secara efisien tanpa ada tumpahan.

Dengan menghilangkan segel drive, maka pompa tidak akan mengalami kebocoran, keausan, kehilangan gesekan, kebisingan, dan memberikan ruang pemisahan cairan dari drive pompa.

Baca juga: 5 Jenis Pompa Air untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Beli Pompa Sentrifugal di Sini

Aplikasi Pompa Sentrifugal dalam Industri
Sumber: Pinterest

Jika Anda berencana untuk membuka sebuah industri atau sedang membutuhkan pompa tambahan untuk menunjang pergerakan industry Anda, Anda bisa membelinya di salah satu distributor pompa industri PT. Sarana Teknik.

PT. Sarana Teknik adalah perusahaan yang telah berdiri sejak 1998 serta menjadi distributor transmisi tenaga mekanik dan motor listrik. Perusahaan ini banyak menyediakan peralatan-peralatan industry seperti roller chain, belt, inverter, electric motor, worm gear, conveyor, cable, pump pompa, compressor, gearbox, coupling, dan lain sebagainya.

Perusahaan PT. Sarana Teknik memiliki dua kantor yang bisa Anda kunjungi untuk mencari informasi lebih lanjut terkait peralatan industri, yakni di Cikarang dan Surabaya.

Untuk mendapatkan peralatan industry seperti pompa industri, Anda juga bisa menghubungi kontak yang tersedia atau langsung menuju ke website mereka untuk mengecek produk-produk yang disediakan.

Selain itu, untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: