Atap adalah salah satu struktur vital dalam berdirinya sebuah bangunan, tanpa adanya atap tentunya proses pembangunan tidak akan lengkap, atap memiliki banyak sekali jenis , mulai dari genteng aspal, genteng kayu, gypsum dan masih banyak lagi, namun untuk fungsi nya tetap satu yaitu sebagai pelindung dari hujan dan panas pada suatu bangunan jika ingin mendapatkan genteng ini bisa langsung melalui distributor genteng aspal bitumen.

Pada pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu atap yang sudah banyak sekali di gunakan pada bangunan bangunan yaitu atap aspal, namun pastinya kita belum begitu mengetahui seperti apa kah genteng aspal itu dan apa saja jenis nya, mungkin memang terdengar asing, namun genteng aspal ini menjadi optional utama karna banyak kelebihan nya yang membuat para konsumen ingin menggunakan nya.

Apasih genteng aspal itu ?

Genteng aspal adalah genteng yang terbuat dari bitumen yaitu serat pasir batu, fiberglass, dan alga coating, genteng ini memiliki kelebihan yaitu dapat meredam suara bising akibat hujan, ataupun cuaca yang extreme, sehingga menjadi pilihan kontraktor untuk membangun suatu bangunan.

Genteng aspal memiliki beberapa jenis tergantung dari kebutuhan nya, namun pada jenis tertentu genteng aspal mempunyai tingkat ketahanan yang baik sehingga menjadi p[ilihan utama sebagai bahan bangunan,
Awal mula genteng aspal mulai di kembangkan pada tahun 1897, bahan bahan yang tersedia akan dicampurkan ke dalam genteng bitumen / aspal sehingga pada awal mula perkembangan nya genteng ini melalui beberapa kali percobaan dengan bahan campuran yang berbeda beda seperti tanah liat, kulit tirap, hingga batu kapur.

Pada tahun 1800 an genteng aspal mulai banyak di gunakan pada bangunan di amerika, bentung genteng ini pun sudah berbeda dengan yang lain, karna bentuk genteng ini merupakan tab atau lebih dari 1 tab , dan pada tahun 1939 penggunaan genteng ini semakin meningkat sehingga produsen memproduksi nya lebih banyak hingga 11 juta produksi.

Pada tahun 1939 amerika mulai memproduksi genteng aspal tanpa perekat dikarenakan permintaan akan genteng ini semakin besar setiap harinya, begitu banyak permintaan mendesak untuk genteng ini.

Lalu keistimewaan apa kah yang membuat genteng ini banyak diminati, simak ulasan berikut ini beserta kelebihan genteng aspal :

1. Minim Bobot Namun Kuat
Untuk bobot dari genteng ini sangatlah ringan hanya 13 kilo dalam 1 meteran persegi, sedangkan genteng keramik memilki bobot yang cukup besar yaitu 30 s/d 50 kilo per meternya, namun walaupun genteng aspal ini ringan tetapi untuk kekuatan dari genteng ini sangat lah kuat sehingga dapat menahan cuaca extreme dan suara suara bising.

2. Meredam Suara Bising
Ketika genteng biasa terkena hujan, pastinya akan menimbulkan suara bising yang mengganggu, namun tahukah anda bahwa genteng aspal akan meredam suara bising yang diakibatkan hujan, karna bitumen memilki kemampuan untuk meredam suara dan meredam dari terpaan angina.

3. Warna Yang Bervariasi
Genteng bitumen selain memiliki kemampuan untuk meredam suara bising, genteng ini juga memilikin tampilan yang sangat bervariasi dan banyak warna, sehingga jika menggunakan genteng ini akan membuat tampilan atap kita menjadi lebih bagus dan indah dipandang mata.

Baca Juga : Pengertian galvalum dan material nya

4. Bisa Di Sesuaikan Dengan Bentuk Bangunan
Salah satu keunggulan dari atap bitumen atau aspal adalah mudah di bentuk walaupin bentuk dari bangunan curam sekalipun tetap saja genteng aspal mudah di bentuk, tidak sesulit membentuk genteng keramik.

Begitu banyak kelebihan dari genteng aspal yang tentunya membuat kita juga ingin beralih ke genteng aspal demi kenyaman rumah kita, tadi adalah informasi mengenai kelebihan genteng aspal, mudah mudahan artikel kali ini dapat membantu anda untuk menentukan pilihan untuk menggunakan genteng aspal.

 


Enable Notifications    OK No thanks