Indonetwork – Peralatan Rumah Tangga, Pekerjaan memasak pastinya akan membuat dapur kotor dan berantakan, terlebih lagi kegiatan menggoreng akan menimbulkan noda minyak akibat percikan ataupun makanan yang tumpah ke berbagai arah yang tidak dapat diprediksi. Kandungan minyak sendiri merupakan elemen yang mudah menyerap pada tembok dan menimbulkan bekas yang cenderung mengganggu pemandangan.

Nah, Anda dapat menyimak informasi dibawah ini untuk mengetahui merek cairan kimia yang umum digunakan oleh ibu rumah tangga untuk membersihkan dapur serta tahapan membersihkannya supaya efektif.

Merek Cairan Kimia Penghilang minyak

Kebanyakan orang akan mencari sabun atau bahan kimia yang dirancang khusus untuk membersihkan minyak yang membandel sekalipun. Nah karena masalah ini cukup banyak dirasakan pada pria maupun wanita, sehingga produk ini juga mudah ditemukan dipasaran.

Bukan hanya kompor yang dapat Anda bersihkan menggunakan bahan kimia penghilang minyak, bagian tembok, keramik lantai maupun barang lainnya seperti wastafel dapat Anda bersihkan dari noda.

Jika noda ini dibiarkan terlalu lama melekat pada peralatan di dapur maka peralatan akan terlihat sangat kusam dan mudah terjadi kerusakan. Berikut beberapa rekomendasi produk yang mudah ditemukan di supermarket dan dapat Anda gunakan sehari-hari:

1. Mr Muscle

Produk pembersih dapur paling umum digunakan yaitu Mr. Muscle yang diproduksi oleh perusahaan Sc Johnson & Son asal Amerika Serikat.

Jual PEMBERSIH KACA MR MUSCLE 440 ML REFILL ISI ULANG - Kota Bandung -  PROMAXSTORE | Tokopedia

Produk ini sangat praktis digunakan karena tidak usah dibilas selain itu produk mengandung orange oil yang sangat efektif melarutkan minyak, sehingga dapur bersih higienis dan bebas minyak. Zat anti bakterinya efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, sekaligus menghilangkan bau tak sedap di dapur.

2. Astonish

ASTONISH CAIRAN PEMBERSIH JAMUR DAN LUMUT - YouTube

Produk yang cukup terkenal asal Inggris ini bukan hanya memiliki produk yang cukup lengkap, akan tetapi penggunaan Astonish pembersih dapur juga mendapatkan tampilan oven mengkilap, lantai bersih, peralatan makan dan masak yang bersih kesat dengan berbagai varian produk dari Astonish.

3. Taf

Product - Taf Cream Cleanser Fresh Blue 500 Ml

Pembersih dapur yang diproduksi oleh Yuri produsen asal Indonesia ini memiliki kemasan botol spray dan refillnya. Dengan harganya yang cukup terjangkau membuat produk ini mengklaim dirinya bahwa tetap aman digunakan untuk membersihkan perabotan dapur, membasmi 99.9% kuman & lemak membandel, serta tidak merusak permukaan perlengkapan dapur Anda

4. Cif

cf.shopee.co.id/file/9f7ac32d97d9ee408bd4ba304507b...

Produk dari Unilever ini, memiliki tekstur berupa krim pembersih profesional yang sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki usaha restoran, cafe ataupun di bidang kuliner yang mementingkan kebersihan. Produk pembersih serbaguna ini dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda bandel dengan mudah. Biasanya produk ini lebih sering digunakan untuk perlengkapan dapur bukan perawatannya.

Tahap Membersihkan Dapur Yang Berminyak
Sumber: Istockphoto

Masalah ini bukan hanya dirasakan oleh wanita sebagai pemilik dapur yang kerap mengalami kesulitan saat membersihkan dapur, akan tetapi bagi pria yang mungkin saja memiliki bengkel tersendiri pada garasi rumah dengan noda yang cukup mengganggu dapat menggunakan bahan kimia penghilang minyak untuk menuntaskan masalahnya secara efektif. 

Cairan bahan kimia penghilang minyak mengandung formula non fosfor, memiliki dekontaminasi kuat, kaya busa, dekomposisi kuat, dengan formula yang lembut. Pembersih minyak dapur juga sangat mudah digunakan, tinggal satu semprotan dan satu lap. 

Tahap Membersihkan Dapur Yang Berminyak

Memiliki rumah yang bersih dan rapi tentu membuat suasana rumah lebih nyaman dan menyenangkan. Terlebih lagi noda yang diakibatkan oleh minyak akan membuat berbagai permukaan terasa licin dan lengket yang nantinya menimbulkan berbagai bakteri yang tumbuh. Bagi pemilik restoran, tentu kebersihan dapur menjadi poin penting bagi setiap konsumen. Anda harus secara teratur membersihkan area dapur secara teliti.

Berikut dibawah ini tahapan yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan dapur yang kotor dan berminyak, seperti:

  1. Sebelum Anda membersihkan peralatan dapur yang berminyak maka lengkapilah kebutuhan yang diperlukan, seperti lap basah, air hangat, spons, dan lap kering. 
  2. Tahap pertama, Anda dapat menyemprotkan bahan kimia penghilang minyak dan diamkan lapisan selama 10 menit hingga formulanya meresap. 
  3. Setelah itu percikkan beberapa tetes air bersih pada permukaan yang disemprotkan
  4. Gosok permukaan lantai, kompor maupun dinding secara perlahan dan merata ke berbagai sudut
  5. Setelah wilayah terlihat lebih bersih, maka tahap dilanjutkan dengan lap permukaan menggunakan kain basah atau bisa juga dengan kanebo.
  6. Terakhir, untuk membantu permukaan terlihat lebih mengkilap gunakan lap kering untuk menyeka beberapa area yang masih terlihat basah.

Selain menggunakan bahan kimia, sebenarnya membersihkan dapur yang berminyak bisa dilakukan dengan bahan alami yang mudah ditemukan seperti soda, minyak tanah, alkohol, garam dan cuka makan. Namun pada beberapa kasus efek yang dihasilkan kurang terlihat dan membutuhkan waktu cukup lama.

4 Merk Bahan Kimia Penghilang Minyak Paling Populer - Indonetwork

Baca juga: 5 BAHAN KIMIA PENGHILANG MINYAK YANG MUDAH DITEMUKAN

Rekomendasi Cairan Penghilang Minyak

Setiap orang menginginkan area dapur yang bersih dan tetap kinclong walaupun sudah digunakan selama bertahun-tahun. Nah, setelah Anda mengetahui cara membersihkan noda berminyak dari bagian dapur beserta, disebutkan juga beberapa rekomendasi produk yang umum serta mudah diaplikasikan pada tembok, lantai keramik maupun peralatan stainless. Pembersih bahan kimia seperti penghilang minyak  dan kerak biasanya menggunakan material golongan solvent base yang dapat membersihkan oli, noda aspal serta permukaan logam lainnya.

Tentu saja kami juga akan merekomendasikan bahan kimia berkualitas dengan harga terbaik, yaitu PT. Indo Daisun Sakti. Perusahaan ini menjual berbagai macam bahan kimia yang umum dibutuhkan kalangan industri seperti parfum, pewarna makanan, penjernih air, penghilang minyak, bahan kimia industri hingga bahan kimia pembersih rumah tangga.  

Editor: Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks