Indonetwork, Bahan Kimia – Noda berlemak atau minyak pada wadah memang sangat sulit dibersihkan, terutama wadah plastik. Bahkan Anda keburu kesal sebelum karena wadah tersebut tidak bersih juga. Untuk membersihkannya, Anda memang membutuhkan bahan kimia penghilang minyak.

Perlu diketahui bahwa noda minyak pada wadah plastik akan menguning seiring berjalannya. Oleh sebab itu Anda perlu membersihkannya secepat mungkin sebelum hal itu terjadi.

Sebenarnya Anda tidak memerlukan bahan kimia khusus untuk membersihkannya. Dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita juga sudah bisa membersihkannya.

Bahan Kimia Penghilang Minyak yang Sederhana

Bagi Anda yang kesulitan untuk membersihkan noda berminyak pada permukaan wadah, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah bahan kimia penghilang minyak sederhana yang dapat Anda gunakan.

1. Soda Kue

Soda kue atau baking soda merupakan bahan dapur yang tentu saja sudah dikenal banyak orang karena banyak kegunaannya. Salah satu manfaat dari baking soda ini yaitu untuk membersihkan noda minyak atau lemak pada wadah.

Soda Kue Koepoe Koepoe – SayurOke

Anda bisa mencuci wadah tersebut dengan menggunakan soda kue supaya minyaknya bisa hilang. Caranya yaitu dengan membasahi wadah dengan sedikit air lalu taburkan baking soda. Setelah itu gosok dengan spons atau kain basa, lalu bilas dengan air bersih.

Cara yang lainnya yaitu dengan menambahkan sedikit soda kue ke pencuci piring kita. Sehingga noda yang menempel bisa hilang.

2. Air Hangat

Membersihkan noda berlemak pada wadah tidak perlu menggunakan bahan yang sulit bahan kimia khusus. Dengan menggunakan air hangat juga bisa. Jadi setelah selesai memasak, panci atau wadahnya langsung saja rendam di dalam air hangat.

Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Fisik dan Mental - Cantika.com
Sumber: cantika.com

Rendam wadah di dalam air hangat selama beberapa saat hingga lemaknya terangkat. Setelah itu cuci dengan sabun dan membilasnya dengan air bersih.

3. Soda

Tidak banyak orang yang tahu kalau soda juga termasuk bahan yang sangat efektif untuk menghilangkan noda lemak pada wadah. Cara penggunaannya juga sangat sederhana.

Alasan Soda Diet Tidak Lebih Sehat daripada Soda Biasa - Alodokter
Sumber: alodokter.com

Tuangkan soda pada permukaan panci atau wajan yang masih hangat. Kemudian biarkan beberapa saat. Setelah itu cuci dengan sabun bilas dengan air yang bersih.

4. Garam

Bahan dapur yang satu ini juga kaya akan manfaatnya. Selain bisa digunakan sebagai penyedap rasa masakan, garam juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda lemak pada wadah. Aplikasinya juga sangat sederhana dan mudah dipraktekan.

Mengenal Garam Dapur, Manfaat dan Perbedaanya dengan Garam Laut
Sumber: id.search.yahoo.com

Taburkan garam di wadah lalu gosokkan dengan sabun cuci piring. Setelah itu bilas dan air bersih. Maka wadah akan kembali kinclong dan tidak berminyak.

5. Cuka

Sama seperti garam, cuka juga termasuk bahan dapur yang memiliki banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk membersihkan noda berminyak pada wadah atau wajan.

Dijamin Ampuh, Simak 8 Manfaat Cuka untuk Bersihkan Rumah - Tribunshopping.com
Sumber: shopping.tribunnews.com

Setelah wadah Anda cuci dengan sabun cuci piring dan air hangat, semprotkan sedikit cuka ke wadah yang masih bernoda lemak tersebut. Kemudian gosok kembali wajan tersebut dengan sikat atau spons. Setelah itu bilas kembali dengan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda memerlukan bahan kimia penghilang minyak khusus. Misalnya adalah produk dari Indo Daisun Sakti yang mempunyai produk untuk mengatasi masalah tersebut.

Jual Produk Biji Wijen Termurah dan Terlengkap Januari 2023 (Halaman 3) | Bukalapak

Baca juga: 6 MANFAAT BIJI WIJEN PUTIH UNTUK KECANTIKAN DAN KESEHATAN

Karakteristik bahan kimia ini berbentuk pasta tak berwarna atau bening. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan baku deterjen, shampo, sabun cuci piring, sabun mandi, dan sebagainya.

Itulah beberapa bahan kimia penghilang minyak sederhana yang bisa digunakan untuk membersihkan wadah. Kebutuhan yang lebih kompleks Anda memang memerlukan bahan kimia khusus seperti Texapon yang bisa didapatkan dari Indo Daisun Sakti.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks