Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Perkembangan berbagai jenis alat makan saat ini semakin beragam, mulai dari desain, warna, hingga bahan alat makan dapat ditemukan dengan mudah. Tidak hanya itu, alat makan saat ini dirancang untuk digunakan berkali-kali serta mudah dibawa seperti sedotan, sendok, hingga garpu.

Di pasaran Anda bisa mendapatkan kualitas produk alat makan sesuai dengan harga yang bervariasi. Namun sebelum membeli, perlu diketahui jenis bahan pembentuk produk alat makan yang tentunya harus aman bagi kesehatan ketika digunakan. Berikut ini adalah jenis bahan alat makan yang aman digunakan yang perlu Anda ketahui. 

Baca juga: KEMASAN MAKANAN: VARIAN BAHAN DAN CONTOH DESAIN ESTETIK

Bahan Alat Makan yang Aman

Beragamnya bahan pembentuk produk alat makan saat ini membuat Anda perlu lebih cermat dalam memilih. Ada beberapa peralatan makan yang tidak tahan panas dan dingin. Jika tetap digunakan, alat makan ini akan membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu simak informasi berikut mengenai bahan alat makan yang aman digunakan dalam sehari-hari berikut ini.

1. Kaca

kaca

Peralatan makan yang terbuat dari kaca sering digunakan karena tampilannya yang transparan serta mudah dibersihkan. Bahan kaca memiliki kelebihan yaitu lebih tahan panas, sehingga dapat digunakan untuk mengukus makanan. Tampilannya yang transparan membuat makanan yang menggunakan alat makan dari kaca lebih menarik. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan alat makan dari kaca karena mudah pecah jika terjatuh.

2. Keramik

keramik

Bahan lain yang  aman digunakan adalah keramik atau porselen. Jenis bahan ini banyak digunakan pada produk alat makan seperti piring, mangkuk, gelas, dan masih banyak lagi. Alat makan tersebut didesain dengan warna dan motif yang menarik sehingga dapat mempercantik tampilan makanan ketika disajikan. 

Kelebihan dari alat makan berbahan keramik adalah lebih mudah dibersihkan dan tahan terhadap panas. Lalu kekurangan dari alat makan keramik adalah mudah pecah jika terjatuh, sehingga butuh pengawasan ekstra jika digunakan oleh anak-anak. 

3. Kayu

alat makan kayu

Warna dan serat kayu yang alami pada alat makan membuat banyak orang menggunakannya karena tampilan yang estetik. Tidak hanya itu, penggunaan alat makan dari kayu dinilai lebih aman karena tidak menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya. 

Kelebihan kayu sebagai alat makan adalah tidak menghantarkan panas, lebih ampuh membunuh bakteri dan kuman. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya bagi kesehatan. Untuk merawatnya Anda perlu menyimpan alat makan di tempat yang kering agar terhindar dari jamur. 

4. Plastik 

alat makan plastik

Plastik dikenal dengan bahan yang murah namun kuat dan tahan lama. Tidak heran jika plastik juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat makan. Karakteristiknya yang mudah dibentuk membuat alat makan plastik menjadi populer di berbagai kalangan karena desain yang beragam dan menarik. 

Namun sebelum menggunakan alat makan yang terbuat dari plastik, pastikan plastik memiliki label BPA Free, PVC Free, dan food grade. Label-label tersebut menandakan alat makan terbuat dari plastik yang aman dan tidak berbahaya.Mulai dari gelas, sendok, garpu, piring, dan mangkuk terbuat dari jenis plastik polypropylene yang aman untuk peralatan makan. 

5. Stainless Steel

alat makan stainless steel

Penggunaan stainless steel sebagai bahan pembuat alat makan tentu sudah tidak diragukan lagi. Jenis logam ini dikenal dengan kekuatan dan kualitas keamanannya pada alat makan hingga peralatan memasak. Jenis stainless steel 304 adalah yang paling umum digunakan pada alat makan karena memiliki label food grade. 

Stainless steel umumnya dapat ditemukan pada alat makan sendok dan garpu, namun terdapat beberapa wadah seperti mangkuk dan gelas. Hal ini dikarenakan stainless steel lebih tahan pada panas dan tahan lama. Tidak hanya itu, kelebihan stainless steel pada peralatan masak atau makan yang bersifat anti korosi dan tidak mempengaruhi masakan membuatnya aman digunakan. 

Tips Memilih Peralatan Makan yang Tepat

Setelah mengetahui bahan-bahan yang digunakan pada produk alat makan. Anda juga perlu mengetahui cara memilih peralatan makanan yang tepat agar aman digunakan dan tidak berbahaya bagi tubuh. Langsung saja cek informasi berikut ini!

1. Memilih Bahan yang Aman

Tentu poin ini menjadi hal pertama yang sangat penting untuk untuk diketahui sebelum membeli alat makan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahan alat makan yang aman yaitu kaca, keramik, kayu, plastik, dan stainless steel. Perhatikan karakteristik bahan agar sesuai dengan penggunaan dan perawatannya.

2. Desain yang Sesuai Selera

Tampilan alat makan yang estetik tentu memberikan nilai lebih ketika digunakan, terutama pada penataan di meja makan. Anda bisa menggunakan alat makan dengan desain motif, warna, pola, atau bentuk menarik dan cantik yang sesuai dengan selera. Bahak beberapa warna dapat memicu selera makan sehingga cocok untuk digunakan pada anak-anak yang sulit makan. 

3. Sesuaikan dengan Jenis Makanan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setiap bahan dasar pembentuk produk alat makan memiliki karakteristik sendiri. Sehingga Anda perlu menyesuaikan alat makan yang digunakan dengan jenis makanan yang disajikan. Seperti penggunaan mangkuk plastik untuk alat panas pada suhu maksimal tertentu. Selain itu, ketika menyajikan makanan berkuah, mangkuk adalah alat makan yang tepat.

4. Menggunakan Merek Berkualitas

Saat ini alat makan yang dijual di pasaran cukup beragam dari harga hingga merek. Tentu saja ada harga ada barang, dimana alat makan berkualitas dengan merek terkenal memiliki harga yang lebih mahal. Tidak hanya itu, biasanya produk dengan merek bagus telah bersertifikat standar nasional maupun  internasional. Tidak ada salahnya merogoh kocek lebih dalam untuk kesehatan dan keamanan, bukan?

Baca juga: KENALI SIFAT DAN DAFTAR HARGA STAINLESS STEEL 304

Ternyata untuk memilih alat makan tidak bisa sembarangan, mulai dari bahan hingga tampilannya. Salah satu bahan yang seringkali digunakan adalah stainless steel 304 karena lebih tahan lama dan aman digunakan. Stainless steel memang dikenal dengan besi anti korosi yang tahan lama. Tidak heran banyak distributor berkualitas seperti Sinar Djaja LKS yang menyediakan stainless steel untuk industri pembuatan alat makan hingga konstruksi lainnya. Langsung saja cek Indonetwork.co.id untuk mencari berbagai kebutuhan industri hingga peralatan rumah tangga berkualitas!

Author

Enable Notifications OK No thanks