Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Stainless Steel adalah bahan yang terbuat dari paduan baja dan logam yang sering digunakan pada peralatan dapur stainless. Bahan ini digunakan untuk peralatan dapur karena tidak mengubah rasa pada makanan ketika digunakan untuk memasak. 

Bahan stainless steel sendiri sudah terkenal dengan kualitas yang baik untuk peralatan dapur. Anda dapat menemukan banyak peralatan dapur tersebut yang dijual di pasaran dengan berbagai kualitas yang ditawarkan. Sebelum Anda menggunakannya, simak informasi berikut untuk mengetahui informasi kelebihan dan kekurangan dari bahan stainless steel.

Baca juga: 7 PERLENGKAPAN STAINLESS STEEL UNTUK DAPUR PROFESIONAL

Stainless Steel Pada Peralatan Dapur

Peralatan dapur adalah alat-alat yang digunakan untuk memasak serta penyajian makanan yang terbuat dari bahan yang aman. Saat ini, perkembangan peralatan dapur semakin pesat, dimana banyaknya kombinasi peralatan dapur dengan teknologi. Peralatan tersebut semakin canggih dan bervariasi, sehingga memudahkan pekerjaan ketika di dapur. 

Namun, peralatan dapur tetap harus memiliki standar yang aman. Menurut Depkes RI, peralatan dapur harus terbuat dari bahan tahan pangan (food grade). Sehingga peralatan tersebut aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.  Oleh karena itu bahan yang sering kali digunakan untuk peralatan dapur dan sudah terkenal akan keamanannya bagi kesehatan adalah stainless steel. 

Stainless steel adalah nama yang sering digunakan untuk menyebut paduan logam yang terdiri dari besi, krom, mangan, silikon, karbon, nikel dan beberapa bahan lainnya. Campuran bahan tersebut yang membuat stainless steel juga terkenal dengan besi baja tahan karat karena jenis bahan ini sangat tahan terhadap noda (berkarat).

Anda bisa menemukan distributor peralatan dapur stainless yang menjual berbagai produk mulai dari wastafel, meja kompor, meja cuci piring, oven dan masih banyak lagi. Apakah Anda salah satu pengguna peralatan dapur berbahan stainless? 

Kelebihan Bahan Stainless Steel Di Peralatan Dapur

1. Perawatan Yang Mudah

Stainless steel adalah bahan yang sudah terkenal dengan perawatannya yang mudah. Tidak heran jika sebagian besar peralatan dapur terbuat dari stainless steel yang terkenal dengan kualitasnya. Perawatannya yang mudah juga didukung dengan material ini yang tidak mudah terkena noda (berkarat). 

Perawatan yang mudah ini yang menjadikan stainless steel banyak digunakan pada peralatan dapur karena noda masakan seperti minyak, lemak, bekas bakaran dan lain sebagainya dapat dibersihkan dengan mudah.

Baca juga: 5 CARA MEMBERSIHKAN STAINLESS STEEL YANG BERKARAT

2. Kuat Dan Tahan Lama

Seperti yang diketahui, bahwa besi merupakan salah satu material yang kuat untuk dijadikan bahan pada peralatan industri, tidak terkecuali peralatan dapur. Kegiatan memasak di dapur  yang berhubungan dengan panas tentu membutuhkan peralatan yang tahan panas dan kuat. Selain itu, peralatan dapur  akan tetap berkilau setelah pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

kuat dan tahan lama untuk memasak

3. Tidak Mempengaruhi Rasa Masakan

Ketika mengolah masakan, banyak hal yang dapat mempengaruhi rasanya. Peralatan masak yang digunakan dalam proses memasak tersebut juga dapat mempengaruhi rasa makanan. Seperti makanan yang dimasak dengan kompor arang lebih sedap rasanya dibandingkan dengan yang dimasak dengan kompor gas. 

Sama halnya dengan makanan yang dimasak dengan peralatan dapur berbahaya yang dapat mengubah rasa masakan. Stainless steel adalah bahan yang dikenal sebagai peralatan dapur karena materialnya yang tidak mempengaruhi rasa makanan yang dimasak.

Tidak mempengaruhi rasa masakan

4. Bersifat Anti Korosi 

Kualitas peralatan dapur  berbahan stainless steel yang tahan lama dan kuat didukung dengan sifat material yang anti korosi atau anti karat. Seperti yang diketahui, salah satu material pembentuk pada stainless steel adalah besi yang terkenal dengan bahan yang mudah berkarat. 

Namun pada stainless steel, kadar krom dan bahan alam lainnya yang bereaksi dengan oksigen, akan mencegah terjadinya karat pada peralatan dapur .

Kekurangan Peralatan Dapur Stainless Steel

1. Penghantar Panas Yang Kurang Baik

Stainless steel merupakan konduktor panas yang buruk. Hal ini menyebabkan peralatan dapur dengan bahan ini tidak dapat menghantarkan panas dengan baik, sehingga seringkali peralatan memiliki noda hitam gosong pada permukaan.

2. Harga Lebih Mahal

Harga menentukan kualitas suatu barang yang dijual. Sama halnya dengan peralatan dapur stainless steel yang cenderung lebih mahal dibandingkan peralatan yang terbuat dari bahan alumunium atau teflon. Tentu hal ini sebanding dengan kelebihan yang dimiliki.

3. Rusak Jika Terkena Air Garam Secara terus-Menerus

Peralatan dapur berbahan stainless steel yang terpapar air garam secara terus-menerus, akan mengakibatkan kerusakan. Hal ini menyebabkan timbulnya bintik-bintik putih yang jika dibiarkan akan membuat permukaan peralatan akan mengelupas.

Seperti yang diketahui, bahan stainless steel  adalah bahan yang sangat cocok dan sering ditemukan pada peralatan dapur profesional. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan yang dimiliki oleh bahan tersebut. Namun, meskipun begitu Anda juga perlu mengetahui kekurangan pada bahan stainless steel, sehingga dapat mengetahui cara perawatan dan penggunaan peralatan dapur agar tetap awet dan tahan lama. 

Saat ini, beragam peralatan dapur dapat dijumpai di setiap dapur. Hal ini didukung dengan banyaknya distributor peralatan dapur stainless steel yang menjual banyak peralatan dapur dengan harga dan kualitas yang beragam. 

PT. Bersama Maju Selaras adalah salah satu distributor peralatan dapur stainless steel berkualitas yang menjual banyak produk kebutuhan dapur. Lengkapi kebutuhan peralatan dapur Anda dengan peralatan dapur yang berkualitas.

 


Author

%d bloggers like this: