Indonetwork, Peralatan Industri – Air merupakan kebutuhan makhluk hidup seperti mandi, mencuci, membersihkan rumah, dan lain-lain. Peran pompa air dapat Anda rasakan pada ruko, rumah tinggal maupun tempat usaha sebagai alat untuk mengalirkan air secara merata dengan tekanan yang cukup ke seluruh area yang memiliki keran. Salah satu alat yang cukup diminati banyak orang yaitu mesin pompa air celup karena memiliki berbagai keunggulan.

Perlu Anda ketahui, bahwa memilih mesin pompa air tidak bisa sembarangan hal itu dikarenakan pompa air yang digunakan, harus cocok dengan kebutuhan rumah tangga, area rumah, kapasitas listrik dan berbagai pertimbangan lainnya. Jika Anda masih bingung dengan pertimbangan mesin pompa air yang cocok, silakan simak informasi dibawah ini!

Aplikasi Pompa Sentrifugal dalam Industri - Indonetwork

Baca juga: POMPA SENTRIFUGAL: PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJA

Pompa Air Sumur Dangkal

pompa air sumur dangkal

Jenis pompa air pertama untuk kebutuhan rumah tangga yaitu pompa air sumur dangkal. Namun sebelumnya untuk menghitung kedalaman air sumur, Anda harus melakukannya pada saat musim kemarau. Type pompa ini juga paling lazim dipakai untuk kebutuhan rumah tangga yang memiliki ketersediaan daya listrik sekitar 2 hingga 4 Ampere.

Pompa air sumur ini biasanya digunakan untuk daya sedot ringan pada sumur yang lebih dangkal dengan kedalaman 9 meter, selain itu daya dorongnya juga bisa menyemburkan air ke pipa hingga mencapai ketinggian 7 meter dari posisi pompa air. Kelebihan dari pompa air jenis ini adalah penggunaan daya listrik yang rendah dan harga barang yang relatif murah. Sedangkan kekurangannya antara lain daya hisap yang rendah dan pemasangan pipa harus benar-benar rapat. Jika pemasangan pipa hisap terdapat kebocoran, maka dapat dipastikan air tidak akan terpompa ke atas.

Pompa Air Sumur Dalam

pompa air sumur dalam

Pompa air sumur dalam memiliki daya semburan yang cukup kuat, dengan jenis pompa air yang memiliki jenis sistem penyedotan yang berbeda yaitu:

  • Pompa Semi Jet Pump, dapat menyedot air hingga kedalaman 11 meter dan bisa memompa air hingga ketinggian 9 meter.
  • Pompa Jet Pump, dapat menyedot air hingga kedalaman 20 meter.

Perbedaan keduanya terletak pada daya sedot dan daya dorong mesinnya yang disesuaikan dengan kedalaman sumur. Ciri utama dari pompa air sumur dalam ini adalah adanya jet injector yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap.

Mesin pompa jetpump umumnya memiliki beberapa kelas jika dilihat dari daya listriknya, untuk jetpump kelas 250 watt memiliki daya hisap maksimal hingga kedalaman sumur 30 meter. Kelas 375 watt untuk hisap sumur 40 meter dan kelas 500 watt untuk kedalaman sumur 50 meter.

Pompa jenis ini merupakan produk yang paling laku dan sering digunakan oleh konsumen. Umumnya pompa ini digunakan pada rumah penduduk dengan spesifikasi 2 lantai.

Pompa Air Diesel

pompa air diesel

Biasanya jenis pompa air diesel jarang digunakan pada area pemukiman dan kebutuhan rumah tangga, karena pompa ini pada umumnya membutuhkan bahan baku seperti solar. Keunggulan dari mesin pompa air diesel memiliki kapasitas penyedotan air yang cukup besar sehingga mampu menyedot volume air banjir yang masuk ke dalam rumah.

Selain itu gas buangan dari pembakaran nya sendiri tentu sangat mengganggu ketika Anda gunakan pada lingkungan perumahan karena akan menimbulkan polusi udara yang berbahaya jika dihirup oleh manusia. Sehingga pompa jenis ini harus digunakan di ruang terbuka seperti untuk keperluan pertanian atau perkebunan.

Pompa Air Booster

pompa air booster

Pompa booster biasanya dipasang di tengah instalasi pipa air (antara pompa utama dan sumur). Fungsi kinerjanya juga tidak bisa berdiri sendiri, karena mesin pompa air booster tidak memiliki daya hisap dan hanya membantu penunjang pompa utama untuk menyedot air yang lebih kuat.

Pemasangan pompa ini bisa dilakukan pada area rumah yang dirasa kurang maksimal dalam memasok kebutuhan air. Pemasangannya pun harus di dalam sumber air, sehingga biasanya pompa air ini dipasang di tengah instalasi pipa. Selain itu, pompa air booster juga biasa digunakan pada instalasi yang membutuhkan pasokan air stabil seperti pada kran, shower, alat water heater sehingga lebih nyaman digunakan.

Pompa Air Celup

pompa air celup

Pompa air celup atau bisa dikenal dengan pompa air submersible adalah jenis pompa yang dapat mendorong sumber air ke permukaan berkat adanya perangkat impeller yang memutar di dalam casing. Putaran tersebut dihasilkan oleh motor listrik yang berada didalam mesin.  Cara kerjanya hampir sama seperti mesin pompa air pada umumnya yang memanfaatkan daya centrifugal dari kipas.

Jenis pompa air yang satu ini biasanya digunakan pada akuarium karena sesuai dengan namanya, mesin pompa air ini memang digunakan dengan cara dicelupkan ke dalam air selain itu berfungsi untuk menyedot air dan mengalirkannya ke dalam alat penyaring air. Biasanya untuk pompa celup ini digunakan untuk sirkulasi kolam ikan, menguras banjir hingga untuk aplikasi air terjun. Terdapat beberapa jenis mesin pompa air celup sesuai dengan kapasitas yang Anda butuhkan, tidak jarang jenis pompa ini juga dapat mencapai kedalaman lebih dari 5-50 meter, seusia dengan tipe yang Anda pilih.

Pompa Air Tenaga Surya – Solar Surya Indotama

Baca juga: 10 KEUNGGULAN POMPA AIR TENAGA SURYA

Kelebihan dari mesin pompa air celup ini, yaitu:

  • Mempunyai daya listrik yang terbilang lebih rendah
  • Bersifat self priming, artinya tidak perlu pancingan pengisian cairan atau pengeluaran udara 
  • Mampu menghasilkan debit air yang cukup besar.
  • Pompa tidak rentan terhadap kavitasi yang umumnya menjadi masalah pada tipe pompa lain
  • Proses pemasangannya tidak memakan tempat.
  • Pompa celup tidak gampang panas karena memiliki pendingin alami disebabkan letaknya terendam dalam air. 
  • Kegiatan mesin pompa air ini tidak mengeluarkan suara yang bising, sehingga tidak mengganggu aktivitas orang sekitar.

Distributor Pompa Air Celup

Setelah mengenal beberapa jenis mesin pompa air diatas, sebelum membeli produknya Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu mulai dari kapasitas, harga dan fungsi melalui badan pompa atau kardus pengemas.

Mojopahit Mandiri Jaya Sentosa, merupakan perusahaan industri yang menyediakan berbagai jenis pompa air celup atau submersible, sparepart, hingga aksesoris dengan berbagai model kebutuhan tentunya dibandrol dengan harga yang berkompeten. Jadi tunggu apa lagi? Yuk temukan pompa kebutuhan rumah tangga di disini!

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks