Indonetwork, Mesin Alat Berat Salah satu alat berat yang eksistensinya cukup populer di kalangan industri yaitu forklift diesel isuzu. Forklift buatan Jepang yang satu ini cukup banyak digunakan pada berbagai kebutuhan industri di Indonesia sehingga baik dari segi kapasitas dan modelnya juga dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Hampir setiap pelaku logistik industri tentu telah mengenal alat berat yang satu ini, namun bagi Anda yang baru membangun sebuah industri logistik atau pabrik produsen lainnya tentu akan memerlukan informasi tambahan ini. Sebelum Anda membeli produk forklift ada baiknya untuk menyimak informasi lengkap dibawah ini mengenai serba-serbi forklift yang biasa digunakan dalam dunia industri!

Baca juga: 5 TEMPAT SEWA FORKLIFT TERBAIK DI JAKARTA

Apa Itu Forklift?

Apa Itu Forklift

Forklift adalah salah satu jenis kendaraan alat berat yang  sering Anda temukan dalam dunia industri. Alat ini biasanya dapat digunakan untuk mengangkat, menurunkan, serta memindahkan barang yang berat dari tempat satu ke tempat lainnya. Forklift dikembangkan pada awal abad ke-20, dengan bentuk yang dideskripsikan dengan dua batang besi yang dipasang di depan pada bagian bawah kendaraan untuk mengangkat dan menempatkan beban ke posisi yang sulit dijangkau. 

Kendaraan berat ini bisa digunakan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Sehingga jenis forklift sendiri terbagi dua yaitu untuk medan industri dan kasar. Biasanya forklift industri berbentuk lebih kecil dan didukung oleh sebuah motor listrik berjalan dari baterai internal. Sedangkan forklift medan kasar, seperti namanya, dirancang untuk berjalan pada permukaan yang kasar. Forklift juga tersedia dalam berbagai pilihan ukuran sesuai kebutuhan Anda mulai dari 1000 – 2500 pon.

Ketika Anda telah memiliki alat ini penting sekali untuk menjaga keutuhannya supaya awet dan  tidak mudah rusak, karena perawatannya sendiri tentu memerlukan biaya yang cukup mahal. Anda harus sering melakukan pemeriksaan berkala pada bagian spare part yang telah rusak guna memperpanjang usia forklift, karena jika dibiarkan akan berdampak pada bagian-bagian lainnya.

Fungsi Forklift untuk Kegiatan Industri

Forklift diesel isuzu biasanya digerakkan oleh manusia di dalam transportasi ini terdapat berbagai fitur seperti tombol kendali kecepatan, alat penggerak forklift, LCD digital multi fungsi, rem, alarm dan lainnya. Alat berat ini juga menggunakan bahan bakar solar, gas atau baterai tergantung pabrikan. Bahkan alat ini juga terdiri dari berbagai jenis model yang tentunya fungsinya juga akan berbeda-beda. 

Secara garis besar forklift telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peralatan di bidang manufaktur dan pergudangan, fungsinya digunakan untuk kondisi bongkar muat barang di gudang, ekspedisi, pabrik, supermarket, dan pelabuhan. Sehingga alat ini akan berguna untuk menyusun barang-barang berat tersebut ke rak-rak yang telah disediakan sehingga dalam posisi beraturan.

Baca Juga: KENALI MASALAH DAN PERAWATAN PADA KOMPONEN CONVEYOR BELT

Komponen Bagian Forklift

Komponen Forklift

Forklift diesel Isuzu terdiri dari beberapa bagian yang terbagi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sehingga sebelum Anda mengoperasikannya ada baiknya untuk mengetahui bagian forklift secara umum. Berikut komponen penting dari bagian dari forklift, yaitu:

1. Fork

Fork atau garpu merupakan bagian utama dari sebuah truk forklift. Garpu biasanya terbuat dari besi memanjang yang berfungsi untuk menopang barang atau beban saat proses pemindahan. Panjang garpu besi standar adalah 1070 mm dan biasanya tersedia ekstensi untuk memperpanjang garpu tersebut. Sebelum meletakkan beban di atas garpu, Anda perlu menyesuaikan lebar fork dengan dimensi serta kapasitas beban yang akan diangkut. Tujuannya adalah agar beban dapat terangkat dengan baik dan stabil dalam perjalanan.

2. marst

Mart merupakan salah satu bagian yang teramat penting dari forklift. Biasanya diletakkan di atas lift cylinder di bagian depan. Mast terbuat dari dua buah besi yang tebal yang di tengahnya terdapat hidroulik sistem. Fungsi dari mast ini adalah untuk mengangkat, menurunkan dan memiringkan barang sehingga dapat memastikan truk dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Bagian mast terdiri dari dua besi tebal yang dilengkapi dengan sistem hidrolik. Sistem hidrolik tersebut berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan for selama proses pemindahan barang. Dengan kata lain mast memiliki kegunaan untuk tilting dan lifting beban.

3. Carriage

Carriage ini posisinya terletak di atas fork dan tepat di tengah diantara ban dari forklift. Carriage merupakan penghubung antara fork dan mast yang dapat menunjang kinerja forklift dengan baik. Benda ini berfungsi sebagai sandaran serta pengaman bagi barang-barang yang di bawa pada pallet, sehingga memudahkan Anda dalam pengangkatan serta transportasinya. Alat ini juga dapat  dimanfaatkan sebagai tempat meletakkannya benda dapat dibawa dengan sempurna.

4. Overhead Guard/Kanopi

Overhead guard terletak pada bagian yang paling atas yang berfungsi untuk melindungi operator dari kecelakaan kerja dari jatuhnya barang bawaan yang sedang di bawa serta melindungi dari panas matahari dan hujan. Overhead guard biasanya dibuat dari besi yang kokoh sehingga sangat aman untuk melindungi driver.

5. Counterweight

Counterweight terletak di bagian belakang dari forklift. Fungsinya bagian ini sebagai penyeimbang dari beban yang diangkat sehingga kestabilan dari forklift dapat tercipta dan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Counterweight biasanya disesuaikan dengan kapasitas forklift. Semakin besar kapasitas maksimal yang ditawarkan, semakin kuat pula counterweight untuk menyeimbangkan kendaraan. 

Baca juga: 5 JENIS-JENIS FORKLIFT DAN KEGUNAANNYA UNTUK PERGUDANGAN

Jual forklift diesel Isuzu

Setelah membaca informasi di atas secara lengkap, tentu Anda akan lebih paham mengenai informasi serba-serbi sebelum membeli forklift. Jika Anda membutuhkan produk ini silakan hubungi PT. Denko Wahana Sakti yang berlokasi di Jakarta. Perusahaan ini mampu mendistribusikan berbagai merk ternama dan jenis forklift sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir dengan harga dan kualitas yang ditawarkan PT. Denko Wahana Sakti, perusahaan ini memiliki kredibilitas tinggi dan harga bersaing yang sudah terkenal di Indonesia. Jadi tunggu apalagi konsultasikan kebutuhan Anda pada pelayanan kami dan temukan solusi pilihan forklift diesel Isuzu terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks