Indonetwork, Peralatan Industri – Forklift merupakan kendaraan yang sangat penting untuk mengangkut barang-barang yang berat. Jenis-jenis forklift dan kegunaannya juga beragam yang dapat disesuaikan dengan berat bebannya. Bila Anda bekerja di bagian gudang, tentu tidak akan asing lagi dengan forklift.

Kendaraan ini bisa membantu memindahkan barang yang berat dan banyak dengan lebih mudah. Kendaraan ini dapat melakukan pekerjaan yang tidak dilakukan oleh tenaga manusia. Karena kendaraan ini menggunakan bahan untuk dapat bekerja.

Jenis-Jenis Forklift dan Kegunaannya

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis forklift dan kegunaannya yang biasa Anda temukan di gudang.

1. Warehouse Forklift

Werehouse Forklift
Sumber: www.forkliftnation.com

Warehouse Forklift atau forklift gudang merupakan salah satu jenis forlift yang paling dikenal. Forklift yang satu ini mempunyai penampilan seperti kereta golf kuning dengan garpu kembar yang memanjang di depannya.

Kegunaaan dari forklift gudang ini yaitu untuk memuat dan menurunkan palet atau material dengan seimbang. Namun forklift ini juga dapat Anda gunakan untuk memindahkan maupun mengangkut barang yang baru turun dari kendaraan pengiriman.

Warehouse Forklift dapat mengangkut material dengan beban hingga 2 ton, namun ada juga yang hanya dapat membawa beban hingga 1 ton saja.

2. Side Loader

 side loader forklift
Sumber: baumann-sideloaders.com

Side loader merupakan subtipe dari warehouse forklift yang biasas ditemukan di pusat servis baja. Operatornya akan berdiri dan kompartemen yang menyamping dan pemuat sampingnya akan mengeluarkan benda di sisinya.

Forklift ini dapat dikendarai di samping rak dan bisa membongkarnya tanpa harus berbelok. Forklift ini tentu saja sangat cocok untuk navigasi gang-gang sempit dan menangani muatan panjang seperti pipa.

3. Industrial Forklift

Industrial Forklift
Sumber: welchequipment.com

Jenis forklift yang satu ini mempunyai kapasitas yang sangat besar dan desainnya tidak jauh berbeda dengan warehouse forklift. Karena mempunyai ukuran yang besar, Industrial Forklift sulit untuk mencapai sudut sempit.

Meskipun begitu, Industrial Forklift bisa mengangkat material dengan beban yang lebih berat. Muatan juga bisa disimpan dengan lebih tinggi dari tanah karena forklift ini punya lift maksimum sebesar 30 ribu lbs.

Namun Anda hanya dapat menggunakan industrial forklift hanya untuk pekerjaan khusus saja. Karena utilitas dari forklift ini cakupannya sangat sempit dibandingkan dengan jenis forklift yang lainnya.

4. Telehandler

Telehandler Forklift
Sumber: xcmgtrade.en.made-in-china.com

Jenis forklift yang satu ini juga dikenal dengan istilah forklift teleskopik atau forklift jangkauan. Karena forklift ingin memiliki boom dan lengan yang dapat diperpanjang. Garpu kembar pada bagian lengannya juga dapat digunakan untuk memindahkan palet dari tanah.

Telehandler standar dapat mengangkat beban hingga 5.500 pon dari ketinggian hingga 19 kaki di udara. Jenis forklift ini sangat cocok digunakan untuk menjangkau ruang sempit yang sangat sulit dijangkau.

5. Counterbalance Forklift

Counterbalance Forklift
Sumber: www.clementsplant.co.uk

Forklift ini sering disebut juga sebagai forklift penyeimbang karena punya garpu bagian depan dan belakang yang seimbang. Forklift ini tidak mempunyai lengan yang dapat memanjang, sehingga harus harus mendekat langsung ke material yang akan diangkut.

Counterbalance forklift ada yang mempunyai varian 3 roda yang sangat ideal untuk berbagai situasi. Karena operator bisa berputar dan manuver dalam lingkaran dengan lebih mudah.

Operator juga lebih mudah untuk menaikan dan menurunkan beban meskipun berdekatan dengan beban yang lainnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Forklift Elektrik

Peranan forklift di bagian gudang memang sangat penting karena bisa melakukan pekerjaan berat dengan lebih mudah. Jika tidak ingin membelinya secara langsung, Anda bisa menggunakan jasa sewa.

Sekarang telah banyak perusahaan yang menyediakan sewa forklift Jakarta, salah satunya adalah PT Tunas Ruang Mesin.

Itulah beberapa jenis-jenis forklift dan kegunaannya. Anda harus menyesuaikan forklift ini dengan penggunaannya supaya bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks