Indonetwork, ElektronikSeiring berkembangnya teknologi, banyak perusahaan yang memproduksi berbagai laptop yang bagus untuk pekerja kantoran.

Setidaknya, untuk mengerjakan pekerjaan kantor, Anda memerlukan komputer yang bisa membuat tugas-tugas Anda beres. Beberapa orang memilih untuk menggunakan laptop, tetapi beberapa orang lainnya memilih menggunakan tablet dengan keyboard portabel karena lebih efisien dan fleksibel.

Akan tetapi, saat ini tidak sedikit laptop yang dirancang dengan bobot yang lebih ringan, fleksibel, mudah dioperasikan, dan memiliki daya yang banyak, sehingga bisa lebih panjang masa penggunaannya.

Tips Memilih Laptop yang Bagus untuk Pekerja Kantoran

Laptop yang Bagus untuk Pekerja Kantoran
Sumber: Pinterest

Bagi Anda yang berencana untuk membeli laptop sebagai media penunjang pekerjaan kantor, tentunya menginginkan laptop terbaik dan tidak ingin membuang uang dengan sia-sia.

Oleh karena itu, sebelum membeli laptop, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Seperti melihat spesifikasi, hingga memiliki beberapa referensi laptop yang akan Anda beli.

Berikut tips memilih laptop yang bagus untuk pekerjaan kantor yang bisa Anda jadikan sebagai panduan.

1. Pilih Sistem Operasi yang diinginkan

Setiap merek laptop menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda. Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak.

Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada perangkat komputer atau laptop. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop, Anda harus mengetahui manakah sistem operasi yang cocok dengan Anda.

Terdapat empat sistem operasi yang biasa terdapat dalam perangkat komputer maupun laptop. Beberapa diantaranya adalah Windows, MacOS, Chrome OS, dan Linux.

2. Tentukan Processor (CPU) yang Sesuai

Prosesor merupakan otak komputer yang bertugas untuk memproses dan mengeksekusi semua instruksi yang berasal dari berbagai program dan aplikasi. Oleh karena itu, CPU adalah komponen pertama yang harus Anda lihat sebelum membeli sebuah laptop.

Beberapa CPU yang banyak diaplikasikan pada komputer maupun laptop adalah Intel dan AMD. Setiap tipe Intel dan AMD memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda.

3. Pertimbangkan Intensitas Penggunaan Laptop

Setiap pekerjaan kantor diselesaikan menggunakan beberapa program dan aplikasi yang berbeda-beda. Perbedaan program dan aplikasi ini dapat mempengaruhi kinerja sebuah perangkat.

Apabila Anda akan menggunakan laptop untuk pekerjaan yang berat, maka Anda perlu membeli laptop yang sesuai dengan performa pekerjaan Anda. Ini seperti halnya Anda memilih laptop gaming untuk menunjang aktivitas Anda bermain game.

4. Pilih RAM yang Sesuai

RAM merupakan ruang bagi pengguna menyimpan semua data, program, dan aplikasi yang bekerja dalam sebuah perangkat.

Apabila RAM dalam perangkat Anda penuh, Anda tidak bisa meneruskan pekerjaan Anda menggunakan laptop. Bahkan laptop Anda akan melambat dan membeku, karena terlalu banyak data di dalamnya.

Di pasaran, terdapat beberapa pilihan RAM yang bisa Anda jadikan opsi pilihan. Mulai dari 8 GB hingga 1 terabyte bahkan lebih.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Modal Laptop dan Internet

Merek Laptop yang Bagus untuk Pekerja Kantoran

Berikut beberapa rekomendasi merek laptop yang bagus untuk pekerja kantoran.

1. Huawei MateBook 14s

HUAWEI MateBook 14s – HUAWEI Indonesia
Sumber: HUAWEI Indonesia

Laptop Huawei MateBook 14s memiliki port cukup banyak, sehingga memungkinkan Anda menggunakan flashdisk, earphone, pengisi daya, dan beberapa USB lainnya dalam satu waktu.

Selain itu, laptop ini juga memiliki papan ketik yang bagus dan tipis. Tampilan layar 90 Hz yang luar biasa, memungkinkan pengguna mendapatkan tampilan gambar yang mulus. Laptop ini juga dilengkapi dengan webcam di atas layar, meskipun itu hanya 720 piksel.

2. Apple MacBook Air

MacBook Air (M1) | iBox Online Store
Sumber: iBox

Beberapa pekerja kantor banyak mengandalkan laptop Apple untuk pekerjaan kantor mereka. Hal ini dikarenakan laptop ini memiliki performa yang baik dan masa pakai baterai yang cukup lama.

Meskipun beberapa aplikasi berbeda dengan aplikasi yang ada di OS Windows, perangkat lunak yang ada di dalamnya cukup untuk mendukung pekerjaan kantor mereka.

3. Samsung Galaxy Book 2 Pro

Samsung Galaxy Book2 Pro dan Galaxy Book2 Pro 360
Sumber: Tekno Tempo

Laptop Samsung Galaxy Book 2 Pro dirancang dengan desain tipis dan ringan dan menggunakan CPU Intel generasi ke-12.

Layar laptop Samsung tipe ini juga sudah menggunakan layar OLED 15,6 inci berkualitas tinggi. Keyboard pada laptop ini didesain dengan ukuran penuh dan papan nomor yang terpisah, sehingga dapat meminimalisir kesalahan ketik pengguna.

4. Dell XPS 13 Plus

Dell XPS 13 Plus
Sumber: Tekno Tempo

Laptop Dell tipe ini memiliki papan ketik yang cukup bagus dan tampilan OLED yang luar biasa.

Akan tetapi, beberapa orang menyayangkan masa pakai baterai yang mengecewakan dan minimnya port yang bisa digunakan.

5. Samsung Galaxy Book Pro 360

Samsung Galaxy Book Pro 360
Sumber: suara.com

Laptop Samsung Galaxy Book Pro 360 merupakan laptop 2-in-1 yang bisa menjadi opsi bagi Anda. Perangkat ini memiliki engsel 360 derajat, sehingga sangat mudah untuk disesuaikan.

Selain itu, laptop ini juga menggunakan chip intel generasi ke-11 yang memiliki kinerja luar biasa. Bahkan masa pakainya cukup lama, karena memiliki daya baterai hingga 68 Wh.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Yoga Series Slim 7i Carbon

Apabila Anda berencana untuk membeli laptop bagus, Anda bisa membelinya di PT. Lintas Virtual Global. PT. Lintas Virtual Global bergerak di bidang IT dan menyediakan penjualan komputer suku cadang service. Mereka menyediakan berbagai macam pilihan laptop dengan kualitas terbaik dan harga termurah. Segera kunjungi website PT. Lintas Virtual Global untuk mendapatkan penawaran terbaik mereka hari ini!

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks