Indonetwork, Perlengkapan Industri – Jika Anda perhatikan pada bengkel otomotif atau penjual berbagai kebutuhan mesin atau spare part yang terbuat dari logam pasti Anda menemukan pembungkus kertas anti karat biasanya berwarna coklat sebelum dilapisi kardus pembungkusnya, nah hal tersebut merupakan pelapis yang dimaksud untuk mencegah kardus pelindung yang rusak dan logam terpapar kontaminasi suhu luar ruang yang tidak stabil.

Namun bagi sebagian orang yang baru ingin memulai usaha jual spare part terkadang belum mengetahui lebih lengkap mengenai kertas anti karat ini, sehingga tidak jarang mereka membuka pembungkus supaya produk spare part dapat dilihat oleh calon konsumen. Padahal pemakaian pelindung ini sangat berguna dan wajib dilakukan. Nah untuk informasi lengkapnya mengenai material ini silahkan simak artikel dibawah ini ya!

karton single face

Baca juga: MENGENAL JENIS JENIS KARTON UNTUK KEMASAN

Apa itu Kertas Anti Karat / VCI Paper?

Kertas Anti Karat atau VCI PAPER :: Surya Djaya Abadi

Kertas anti karat atau bisa dikenal dengan VCI paper (Volatile Corrosion Inhibitor) adalah produk kertas pembungkus dengan campuran bahan kimia bebas asam tertentu yang digunakan sebagai pelindung anti korosi pada produk sparepart berbahan logam. Durasi proteksi dari pengemasan kertas anti karat memiliki ketahanan 1 hingga 3 tahun bila digunakan dan disimpan dengan benar setelah proses pengiriman.

Eksistensi produk ini digunakan di berbagai negara untuk meningkatkan daya saing perusahaan karena mampu mengurangi risiko akibat terjadinya korosi yang tidak diharapkan akibat terkontaminasi oleh oksigen, air dan suhu ruang lainnya. Penggunaan VCI paper juga biasanya digunakan pada bagian yang polos, sehingga bagian logo kertas umumnya untuk bagian luar pembungkus.

VCI hadir dalam berbagai formula yang bergantung pada jenis sistem yang akan digunakan misalnya, film, minyak, pelapis, pembersih, dll. Biasanya kertas ini juga diproduksi dalam berbagai ukuran, berat, dan jenis inhibitor, bahkan dapat dipesan dalam gulungan, pra-potong, dan dengan pencetakan khusus.

Manfaat Kertas Anti Karat

Manfaat Kertas Anti Karat

Penggunaan kertas ini untuk kebutuhan dagang industri tentunya sangatlah berarti, banyak penjual produk yang terbuat dari logam merasa terbantu setelah ditemukannya teknologi ini. Selain menyajikan pengemasan, pendistribusian dan penyimpanan dengan aman, tentu saja pelaku usaha akan memiliki keunggulan minimnya risiko dan irit biaya untuk penanggulangannya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda lakukan ketika menggunakan kertas anti karat atau VCI paper pada produk, yaitu:

1. Pengemasan

Promosi indonesian, Beli indonesian Produk dan Item Promosi dari indonesian  Pabrikan dan Supplier di alibaba.com
Sumber : indonesian.alibaba.com

Keunggulan utama yang sering digunakan yaitu sebagai pengemasan produk yang terbuat dari logam baik untuk menjaganya selama proses pengiriman atau penyimpanan barang pada suatu tempat. Keunggulan pemakaiannya juga dapat menciptakan penghalang molekul satu dengan lainnya tanpa adanya oli tambahan sehingga produk tetap kering dan nampak seperti baru.

2. Emitor

Vci Kertas Anti Karat Untuk Perangkat Keras,Kertas Kemasan Vci,Kertas  Pembungkus Kraft,Perlindungan Karat - Buy Vci Kemasan Kertas,Kraft Coklat  Kertas,Vci Kraft Kertas Product on Alibaba.com
Sumber : indonesian.alibaba.com

Kertas ini juga bisa ditemukan pada pembungkus komponen listrik karena bahannya yang tidak mempengaruhi listrik, permukaan atau sifat optik membuat kertas anti karat ini aman dan baik digunakan 

3. Pipa casing

Merupakan campuran VCI dan gel yang dapat mengembang disuntikka

Pipa casing bekas, pipa casing dijual
Sumber : machineryline.id

n ke dalam ruang annular antara casing pipa (pipa selubung) untuk memberikan perlindungan korosi pada pipa.

4. Oli

Ganti Oli Mesin Mobil dengan yang Lebih Kental, Apakah Efektif ? | Evalube
Sumber : automotive.evalube.com

 Penggunaan kertas VCI yang paling umum dalam oli adalah untuk melindungi sistem yang mengandung oli seperti mesin atau hidrolik selama penggunaan intermiten atau selama penyimpanan jangka panjang. 

5. Interior Ruang Tertutup yang Besar

Tata Ruang Kantor Tertutup: Definisi, Kelebihan & Contohnya
Sumber : pexio.co.id

Selain itu kertas VCI telah digunakan untuk melindungi interior peralatan seperti tangki, bejana, boiler, perpipaan, penukar panas, dll terutama untuk rongga atau area tersembunyi rongga interior selama penyimpanan dalam transportasi. 

Cara Kerja Kertas Anti Karat pada Logam

Kertas Anti Karat Solusi Cegah Korosi Jangka Tahunan
Sumber : indonesian.alibaba.com

Cara kerja dari kertas anti karat ini sangat mudah diaplikasikan pada semua benda, dengan proses memancarkan molekul yang mengendap di permukaan logam dan membentuk lapisan tidak kasat mata untuk melindungi dari korosi. Proses ini melindungi dengan mengganggu korosi elektrokimia yang disebabkan oleh kelembaban, oksigen dan kontaminan di atmosfer.

Korosi terjadi ketika elektrolit hadir pada permukaan logam. Elektron kemudian mengalir dari daerah energi tinggi dari logam ke daerah energi rendah dalam satu lingkaran melalui elektrolit. Proses korosi mengakibatkan terbentuknya oksidasi pada permukaan logam. 

Cara Kerja Kertas Anti Karat pada Logam

Setelah Anda mengetahui cara kerja dari VCI paper, selanjutnya untuk keamanan produk Anda juga harus mempertimbangkan cara pengemasan yang baik agar konsumen merasa tenang, seperti:

  • Memperhitungkan panjang perlindungan kertas anti karat yang dibutuhkan
  • Jika akan dilakukan pengiriman domestik atau ekspor harus dipertimbangkan ketebalan lapisan kertas supaya tidak mudah terbuka atau rusak
  • Kondisi Iklim yang terlalu ekstrim juga biasanya juga akan mempengaruhi ketebalan kertas pembungkus
  • Ketebalan bungkus  juga dipertimbangkan dari ukuran dan berat produk logam sehingga tidak mudah terbuka
  • Biasanya jika nilai produk lebih mahal maka ketebalan produk dan pengaman pembungkusan akan dibuat lebih

Lakban Fragile untuk Mengirim Paket

Baca juga: LAKBAN FRAGILE UNTUK PENGEMASAN PAKET

Distributor kertas Anti Karat

Ketika akan membeli kertas VCI sangatlah penting untuk mencari tahu apakah kertas VCI aman untuk lingkungan, dapat didaur ulang, biodegradable dan tidak mengandung racun. Beberapa kertas anti karat mengandung logam berkadar tinggi atau kimia lainnya yang dapat mengganggu lingkungan dan pegawai yang menggunakannya.

Mencari produk  ini sangatlah mudah, karena produk cukup banyak diminati oleh pengusaha berbagai distributor logam seperti sparepart otomotif, sparepart mesin kebutuhan rumah tangga, bahkan sparepart alat elektronik lainnya. Percayakan untuk mencari produk packing kertas anti karat pada perusahaan Surya Djaya Abadi yang berlokasi di Bekasi, perusahaan ini mengutamakan kualitas terbaik dan aman untuk pengemasan produk Anda yang akan dikirim ke berbagai kota di Indonesia hingga pengiriman internasional. Anda dapat melakukan konsultasi produk terlebih dahulu pada  Surya Djaya Abadi supaya pengemasan berkualitas namun tetap mendapatkan harga yang terjangkau.

 

Editor: Muhammad Riva Ibnu Safwan 

Author

Enable Notifications OK No thanks