Indonetwork, Bahan Bangunan – Dalam dunia konstruksi, ada banyak sekali jenis besi yang perlu Anda ketahui. Salah satu jenis besi yang umum digunakan oleh seorang kontraktor atau tukang bangunan yaitu  wiremesh. Memiliki nama lain kawat anyam, wiremesh merupakan tulangan besi dengan pola berbentuk kotak ataupun persegi panjang yang dianyam sedemikian rupa. 

Wiremesh juga memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu dengan bentuk lembaran ataupun gulungan (roll) yang standarnya memiliki ukuran 2,1 x 5,4 m. Bagi Anda yang ingin membeli besi wiremesh sebaiknya jangan terburu-buru, karena pada artikel ini kami akan menjelaskan tips untuk memilih besi wiremesh yang bagus dan awet untuk bangunan Anda.

Manfaat Besi Wiremesh

Manfaat Besi Wiremesh
Sumber: rumah.com

Penggunaan wiremesh mungkin tidak terlihat secara langsung dalam pembangunan rumah. Pemasangannya dilakukan sebelum adukan beton dituangkan pada besi wiremesh, sehingga fungsi utamanya sebagai penguat pondasi berfungsi secara maksimal.

Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan sehari-hari jika menggunakan besi wiremesh:

  • Mampu meningkatkan kekuatan dak beton ataupun pelat lantai, umumnya digunakan pada rumah bertingkat ataupun pembuatan gedung
  • Dapat diaplikasikan pada anak tangga sehingga ketahanan lebih kuat dan kokoh
  • Bisa diaplikasikan sebagai besi tulangan yang terdapat pada saluran drainase beton 
  • Cocok dipakai pada plat beton yang disimpan di tanah pada jalan tol ataupun jalan raya. Hal itu bertujuan untuk mengeraskan tanah serta mampu menahan beban kendaraan dan benda-benda lain yang ada di bagian atas
  • Sebagai elemen penting dalam pengerjaan proyek jembatan
  • Sebagai partisi ruangan atau penyekat ruangan, biasanya diterapkan di tempat-tempat industri atau rumah yang mengusung gaya industrial. Bahan ini umumnya lebih awet, tahan lama, anti rayap dll
  • Menambah kekuatan dalam pengecoran trotoar jalan

Salah satu komponen struktur bangunan yang membantu bangunan tetap berdiri dengan kokoh adalah penggunaan wiremesh. Bahan bangunan yang satu ini tentunya memiliki banyak manfaat untuk dunia konstruksi. Penggunaanya juga sudah sangat umum dilakukan untuk berbagai kebutuhan seperti lantai beton, dinding beton dan pondasi beton, sehingga Anda pasti sangat mudah menemukan produk ini.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Wiremesh Dan Fungsinya

Tips Memilih Besi Wiremesh

Tips Memilih Besi Wire Mesh
Sumber: Pinterest

Menggunakan besi wiremesh dengan kualitas tinggi selain mendapatkan manfaat kekuatan bangunan yang lebih tahan lama, selain itu keamanan penghuni dan pengerjaanya oleh kontraktor juga akan lebih terjaga. 

Agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan kerugian seperti pembengkakan biaya operasional, Anda perlu tahu teknik memilih besi wiremesh yang baik dan benar, seperti tips di bawah ini:

1. Pilih Ukuran yang Tepat

Macam Ukuran Besi Wiremesh
Sumber: bursabangunan.com

Sebelum Anda membeli produk, biasanya langkah pertama adalah mengetahui berapa ukuran dari besi wiremesh yang kamu perlukan. Pilihlah ukuran besi ini sesuai dengan peruntukannya. Hindari memakai wiremesh yang berukuran lebih kecil dari standarnya karena hal ini akan rentan akan keselamatan. Biasanya untuk ukuran M4-M6 dipergunakan untuk rumah sederhana dan M8-M10 dipergunakan untuk rumah untuk bangunan bertingkat.

Semakin besar ukuran diameter kawat besi , maka semakin kuat pula struktur yang dimiliki besi tersebut. Wiremesh yang disusun memakai kawat yang ukurannya paling besar mempunyai tingkat kekuatan yang paling baik dalam menahan dan menyangga beban.

2. Pilih dengan Kualitas SNI (Standar Nasional Indonesia)

Berkas:SNI mark.svg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wiremesh memiliki dua variasi yaitu dengan kualitas SNI dan non SNI. Besi dengan sertifikat SNI memiliki standar kekuatan tertentu sehingga bangunan lebih kokoh namun harganya pun akan lebih mahal. Umumnya besi ini terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas yang telah diuji oleh BSN, sehingga besi ini memiliki ketahanan terhadap korosi atau karat yang lebih kuat dibandingkan besi-besi yang berkualitas banci.

Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan ukuran diameter kawat wiremesh yang akan kamu gunakan dengan lebih cermat. Pada bangungan bertingkat seperti gedung, usahakan dalam memilih bahan bangunan menggunakan produk yang memiliki kualitas tinggi.

3. Perhatikan Pola Sambungan

Sambungan Besi Wiremesh
Sumber: rumah.com

Setelah memilih kualitas besi wiremesh yang akan Anda gunakan, jalan lupa untuk perhatikan pola sambungan dan susunan kawat secara teliti. Adapun besi yang bagus tersusun oleh kawat-kawat besi dengan pola yang rapi dan jaraknya seragam sehingga mempunyai daya tahan yang sama rata.

Beberapa oknum menjual besi ini dengan kualitas yang buruk dengan harga murah, hal ini yang akan membahayakan penghuninya. Besi wiremesh yang tersusun dengan sistem las manual oleh kawat besi dengan jarak yang tak beraturan, renggang dan tidak rapih biasanya memiliki daya tahan beban yang tidak stabil sehingga rawan untuk digunakan. Sebaliknya, jika sambungan besi menggunakan sistem las otomatis maka jarak antara kawat akan selalu seragam dan memiliki daya tahan beban yang lebih baik terlihat lebih bersih, kokoh dan menarik dipandang.

Terkadang jika besi dari awal sudah kotor dan warnanya tidak mengkilap, maka bisa saja besi tersebut merupakan besi bekas, banci, atau produk yang defect. Hal ini dikarenakan besi wiremesh yang masih baru dan berkualitas seharusnya memiliki warna yang mengkilap dan bersih.

Baca juga: Kenali Besi Wiremesh Dan Jenis Jenis Nya

4. Pastikan Tidak Ada Karat

Karat Besi Wiremesh
Sumber: rumah.com

Pastikan Anda memakai wiremesh yang kondisinya nampak mulus layaknya kawat besi yang masih baru, bersih, tanpa karat, dan warnanya mengkilap. Besi yang sudah kotor biasanya akan lebih mudah berkarat. Mutu yang tinggi juga ditandai dengan besi yang sulit dibengkokkan.

Jangan pernah menggunakan besi yang sudah karatan walaupun jumlah kadarnya sedikit. Hal ini dikarenakan adanya karat dapat mengurangi kekuatan dari wiremesh dan menandakan besi yang kurang berkualitas. Selain itu besi yang berkarat juga akan mudah rusak dan kurang optimal bila digunakan sebagai pondasi bangunan atau untuk mengecor jalan.

5. Membeli di Toko Terpercaya

CV. Dua Putra Petir
Sumber: duaputrapetir.com

Tahap terakhir, jika Anda telah mengetahui kualitas yang terbaik untuk membantu pondasi bangunan Anda, pastikan transaksi dilakukan pada toko yang terpercaya seperti Dua Putra Petir

Distributor ini menawarkan kualitas besi wiremesh dengan berbagai variasi produk baik yang SNI maupun non SNI. Jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan penawaran harga yang terbaik.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks