Salah satu material bangunan yang biasa digunakan adalah wiremesh yang berbentuk seperti anyaman besi. Material ini banyak digunakan sebagai kerangka, cakar ayam, atau dak cor. Tidak heran sekarang banyak perusahaan yang jual besi wiremesh di Indonesia.

Tidak hanya digunakan sebagai material untuk memperkuat struktur bangunan saja. Wiremesh juga kerap digunakan sebagai pagar yang mempunyai ketahanan yang lebih baik.

Jenis wiremesh ini diklasifikasikan ke dalam dua golongan yaitu wiremesh SNI dan Non SNI. Keduanya diklasifikasikan lagi ke dalam beberapa jenis sesuai dengan ukurannya. Selain pola kotak, wiremesh ini juga ada yang berbentuk kawat harmonika.

Daftar Jenis Besi Wiremesh

Wiremesh ini bisa Anda dapatkan di toko-toko material bangunan dan umumnya dijual per lembar dan per rol. Berikut ini adalah beberapa jenis besi wiremesh yang dapat Anda temukan di pasaran.

1. Wiremesh SNI

Proses pembuatan wiremesh SNI sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ketentuannya ditetapkan dalam nomor SNI 07-0663-1995 mengenai jaring kawat baja las untuk tulang beton.

Wiremesh SNI dibuat dari material besi beton dengan kualitas unggulan. Sehingga wiremesh SNI ini akan lebih kokoh ketika digunakan untuk konstruksi bangunan.

Besi Wiremesh SNI ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Namun kami tetap merekomendasikan besi wiremesh ini karena dari sisi kualitasnya sudah terjamin dan aman digunakan.

Besi jenis ini dijual dalam dua pilihan yaitu per lembar dan per rol dengan harga yang bervariasi.

2. Wiremesh Non SNI

Jenis besi Non SNI dijual dengan harga yang relatif lebih murah karena pembuatannya tidak sesuai dengan standar yang ditentukan. Material yang digunakannya juga punya kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan wiremesh SNI.

Wiremesh Non SNI ini masih layak Anda gunakan untuk konstruksi bangunan biasa seperti rumah. Namun jika untuk kebutuhan komersial dengan bangunan tinggi seperti gedung dan hotel sangat tidak kami rekomendasikan.

3. Wiremesh Galvanis

Jenis wiremesh yang satu ini juga dikenal sebagai kawat loket. Jenis wiremesh galvanis punya bentuk seperti kawat dan ukurannya juga relatif lebih kecil dibandingkan jenis wiremesh pada umumnya.

Jenis wiremesh galvanis ini banyak digunakan sebagai material pagar atau sekat. Karena wiremesh ini dalam bentuk kawat, maka dijualnya per rol di toko bangunan.

Fungsi Besi Wiremesh

Dari penjelasan di atas Anda sudah tahu berbagai jenis besi wiremesh yang ada di pasaran. Lalu apa saja fungsi dari wiremesh ini?

1. Konstruksi Bangunan

Wiremesh sangat penting untuk konstruksi bangunan baik untuk rumah maupun gedung bertingkat. Untuk konstruksi rumah biasanya menggunakan wiremesh jenis M4, M5, dan M6. Sementara gedung bertingkat menggunakan jenis M8, M9, dan M10.

2. Partisi Ruangan

Besi wiremesh tidak hanya digunakan sebagai material untuk struktur bangunan. Besi ini juga dapat Anda pakai untuk partisi ruangan seperti di tempat industri atau rumah yang memiliki gaya industrial.

3. Pagar Rumah

Sekarang banyak orang yang menggunakan pagar BRC sebagai pagar rumah. Namun Anda juga dapat memanfaatkan wiremesh sebagai pagar. Namun kami sarankan menggunakan jenis wiremesh galvanis supaya tidak mudah berkarat.

Selain tidak akan mudah mengalami korosi, wiremesh galvanis ini juga punya tampilan yang unik sehingga cocok digunakan untuk pagar rumah.

Baca juga: Fungsi dan Jenis Kawat Bendrat Untuk Konstruksi Bangunan

Itulah beberapa jenis wiremesh yang bisa Anda manfaatkan untuk konstruksi bangunan. Kami sarankan untuk memakai jenis besi wiremesh SNI supaya lebih aman ketika digunakan dan kualitasnya terjamin. Salah satu perusahaan yang jual besi wiremesh yang kami rekomendasikan adalah Distributor Besi Surabaya.


Author

%d bloggers like this: