Indonetwork, Elektronik – Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar tentang trafo. Trafo listrik merupakan komponen yang cukup penting karena berfungsi sebagai penurun tegangan atau meningkatkan tegangan dan menyalurkannya ke seluruh bagian gedung sesuai dengan kebutuhan. Namun tidak jarang juga beberapa elemen dari produk ini mengalami konsleting, hal ini lah yang mendasari banyak konsumen mencari jual trafo listrik di pinggir jalan untuk mengganti komponennya yang rusak.

Fungsinya yang sangat penting pada berbagai kebutuhan, membuat fungsi trafo harus bekerja secara maksimal. Tentu untuk menjaga keutuhan trafo listrik Anda perlu mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana perawatan trafo listrik. Yuk simak informasi dibawah ini!

Apa Penyebab Trafo Listrik Rusak?

Apa Penyebab Trafo Listrik Rusak?
Sumber: Istockphoto

Tentu alat kelistrikan yang error, ada kemungkinan untuk meledak dan terbakar. Terutama trafo karena produk ini mengandung minyak sebagai pendingin dan isolasi, maka hal ini bisa dianggap sebagai bahan bakar dan bahkan bisa menimbulkan terjadinya kebakaran.

Terdapat beberapa penyebab yang menimbulkan trafo listrik dapat rusak bahkan hingga meledak. Nah, perlu Anda ketahui bahwa trafo listrik yang rusak umumnya dikarenakan adanya konsleting antar lilitan primer atau bisa juga karena konsleting pada beban. Yuk simak penyebab trafo listrik di rumah atau pabrik Anda menjadi rusak:

1. Komponen Inti Pada Trafo Kurang Baik

Material penyusun inti trafo berperan penting untuk mendukung performa. Sehingga pilihlah trafo yang menggunakan material berkualitas baik, material yang baik tidak harus tebal namun harus sesuai dengan beban kerja trafo listrik serta jenis pemakaian fungsinya. Pasalnya, pada beberapa trafo, material yang terlalu tebal justru bisa menurunkan efisiensi kerjanya komponen listrik. Ketika komponen yang tidak memadai terlalu berlebihan dalam menerima beban serta suhu maka komponen tersebut akan cepat aus dan rusak.

2. Masalah pada Ukuran Inti Trafo Listrik

Ukuran inti trafo memainkan peranan penting karena berkaitan dengan efisiensi trafo dan juga kapasitas listriknya. Ukuran yang dibicarakan di sini tidak hanya terkait ukuran kawat trafo besar namun juga daya maksimum yang memang bisa ditampung oleh inti trafo. Pasalnya, trafo harus bekerja ekstra keras setiap waktu dalam menanggung daya listrik besar sehingga berisiko mengalami overheating atau panas berlebih.

Baca juga: PENGERTIAN TRAFO DAN JENISNYA PENJELASAN LENGKAP

3. Pemasangan Bagian Inti Trafo Tidak Tepat

Proses pemasangan inti trafo memang harus dilakukan secara teliti. Pada beberapa kasus, teknisi yang memasang kurang berpengalaman sehingga pemasangan tidak tepat seperti kurang rapat dan sebagainya. Padahal, pemasangan inti yang kurang rapat bisa menyebabkan getaran hebat saat trafo ketika bekerja. Sehingga getaran tersebut bisa menyebabkan trafo bekerja secara tidak maksimal dan mudah rusak.

4. Suhu Ruangan yang Terlalu Tinggi

Suhu ruangan di perusahaan yang terlalu tinggi atau terlalu panas bisa menyebabkan trafo listrik menjadi rusak. Suhu ruangan yang ada di perusahaan tersebut harus diturunkan, jika perlu buat ventilasi di dalam ruangan tersebut agar suhu menurun.

5. Faktor Eksternal Seperti Tersambar Petir atau Cuaca Alam

Kejadian seperti ini biasanya dikarenakan, pemasangan proteksi trafo yang tidak sempurna, atau komponen yang digunakan tidak cukup memadai untuk mencegah terjadinya konsleting listrik akibat sambaran petir.

6. Jarang melakukan pengecheckan Pada Trafo Listrik

Kurangnya intensitas kunjungan teknisi listrik secara teratur pada perawatan trafo sehingga beberapa kerusakan kecil dapat berakibat fatal jika terlalu lama dibiarkan.

Kenapa Trafo Listrik Harus Dirawat?

Kenapa Trafo Listrik Harus Dirawat?
Sumber: Istockphoto

Sebagaimana diketahui bahwa transformer (trafo) adalah suatu peralatan listrik yang berfungsi sebagai alat bantu penyediaan daya listrik yang dapat dikategorikan sebagai alat dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Sehingga trafo harus dalam keadaan baik agar aktivitas dapat berjalan lancar dengan semestinya. 

Berikut beberapa keuntungan jika trafo selalu dirawat dengan baik, yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan trafo

Apabila dilakukan perawatan secara berkala dan pemantauan yang baik, maka trafo akan bekerja dengan keadaan prima. Dengan demikian maka trafo mampu bekerja dengan optimal karena kemampuannya semakin meningkat.

2. Lebih awet dan tahan lama

Beberapa orang juga mengeluhkan trafo yang mudah rusak dan tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama. Biasanya hal tersebut diakibatkan oleh trafo tidak dirawat dengan baik. Padahal apabila mampu merawat rambut dengan baik, masa pakai dari trafo bisa panjang.

3. Lebih hemat biaya

Nah, jika massa pakai dari trafo lebih panjang dan awet, Anda tidak perlu membeli produk barunya atau mengganti komponen yang cukup mahal sehingga biaya untuk penggantian unit trafo bisa lebih hemat. Hal ini tentu sangat menguntungkan apabila bisa melakukan perawatan trafo listrik dengan baik.

Baca juga: KEGUNAAN TRAFO LISTRIK YANG SESUAI DENGAN JENISNYA

Selain ituda baiknya untuk melakukan pemeliharaan setahun sekali, seperti pemeriksaan sambungan kabel, pembersihan isolator, pembersihan tangki, pembersihan radiator trafo hingga pemeriksaan bagian luar trafo seperti kondisi mur baut, las lasan dan memastikan tidak adanya kebocoran.

Jual Trafo Listrik

Itu dia beberapa informasi mengenai penyebab trafo rusak dan alasan perawatannya, sehingga sebelum terjadi kerugian yang begitu besar Anda dapat mengantisipasi lebih lanjut. Lakukanlah perawatan trafo listrik secara rutin oleh teknisi yang handal supaya gangguan baik dari sistem internal maupun eksternal dapat terdeteksi dengan baik.

Selain itu Anda juga bisa mencari komponen trafo listrik yang rusak atau mencari distributor yang jual trafo listrik dengan kualitas bagus dan harga murah. Silakan konsultasikan kebutuhan Anda dengan PT. Maju Jaya Bersama, perusahaan ini menyediakan berbagai bentuk dan fungsi trafo, jasa pemasangan, instalasi, pemeliharaan perijinan dan pelayanan konsultasi yang telah dipercaya di beberapa wilayah Indonesia.


Author

%d bloggers like this: